Responsive Banner

Upaya guru PAI dalam meningkatkan motivasi siswa mengikuti kegiatan ekstrakurikuler keagamaan di MTsN Bangil

Maftukh, Muhammad (2015) Upaya guru PAI dalam meningkatkan motivasi siswa mengikuti kegiatan ekstrakurikuler keagamaan di MTsN Bangil. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
11110120.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

INDONESIA:

Kerja keras seorang guru yang dengan sabar sebagai mentor ketika anak didiknya mengikuti kegiatan ekstrakurikuler yang mengarahkan anak didiknya tersebut menjadi lebih baik dan memiliki life skills dalam dirinya, yang kelak dimasa mendatang akan bermanfaat bagi dirinya, atau bagi keluarga, dan masyarakat sekitar. Bukan saat nya lagi jika pendidikan Agama Islam yang tadinya memiliki visi dan misi strategis untuk membentengi akhlakul karimah siswa, hanya akan memperkaya siswa dalam berbagai khazanah pengetahuan kognitif saja, akan tetapi nilai-nilai agama juga harus mampu diamalkan dalam kehidupan sehari-harinya. Dari sini peneliti mulai mulai tertarik jika sangat penting bagi siswa dan siswi mengikuti kegiatan ekstrakurikuler keagamaan dan memiliki keahlian khusus dibidang keagamaan, karena kelak siswa dan siswiakan terjun langsung kedalam masyarakat yang pastinya pada suatu saat nanti mereka akan dimintai pertolongan untuk memimpin suatu acara keagamaan seperti tahlil, sholawat banjari dan lain-lain.

Dalam setiap penelitian, tentunya memiliki tujuan yang digunakan sebagai pedoman dan tolak ukur dari suatu penelitian. Sehingga dalam penelitian ini juga mempunya tujuan yang berdasarkan dari rumusan masalah yang telah diuraikan di atas. Adapun tujuan penelitianya adalah sebagai berikut : (1) Mendiskripsikan kondisi Ekstrakurikuler keagamaan di MTsN Bangil. (2) Mendiskripsikan cara guru memotivasi siswa agar berminat mengikuti ekstrakurikuler keagamaan di MTsN Bangil. (3) Mendiskripsikan dampak siswa yang mengikuti ekstrakurikuler keagamaan di MTsN Bangil.

Peneliti dalam melakukan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, penelitian kualitatif adalah metode penelitian yang berlandaskan pada filsafat postpositivisme, digunakan untuk meneliti pada kondisi obyek yang alamiah, (sebagai lawanya eksperimen) dimana peneliti adalah sebagai instrument kunci, pengambilan sampel sumberdata dilakukan secara purposive , induktif/kualitaif, dan hasil penelitian kualitatif lebih menekankan makna daripada generalisasi.

Berdasarkan hasil penelitian yang telah dipaparkan pada bab sebelumnya, maka secara garis besar dapat diambil garis besar bahwa upaya guru pendidikan agama islam untuk memotivasi siswa dalam kegiatan ekstrakurikuler keagamaan di MTsN Bangil adalah factor penghgambat dalam kegiatan Ekstrakurikuler keagamaan bersamaan dengan kegiatan ekstrakurikuler yang lainya, tidak adanya ruang khusus untuk kegiatan ekstrakurikuler keagamaan. Partisipasi menurun Karena kegiatan keagamaan sudah ada didesanya masing-masing sehingga kegiatan ini bukanlah kegiatan yang baru. Factor pendukung dalam kegiatan ekstrakurikuler adanya peralatan yang memadai. Adanya dukungan dari segenap guru dan Pembina ekstrakurikuler keagamaan, adanya pertisipasi siswa kegiatan yang didominasi anak pesantren.

ENGLISH:

Hard work of a teacher who patiently as mentor when their students follow extracurricular activities who directs the students become better and having life skills in himself , who will in future will be beneficial for himself , or for a family , and the surrounding community .Not when her again if islamic religious education which are previously having vision and strategic mission to fortify akhlakul karimah students , would only enrich students in a variety of cognitive khazanah knowledge course , however religious values must also be able to be governed in daily life .From here researchers started started interested if very important for other students follow religious extracurricular activities and has special expertise in the fields of religious , because someday students and siswiakan plunge directly into a society that certainly on someday they will be asked for help to lead a religious event as Tahlil , sholawat banjari and Etc.

In any research , of course having the objective of which is used as a guideline and yardstick of a research .So in the research also has an the purpose in virtue of synthesis matter that has been described above .The purpose her research is as follows: ( 1 ) Describe extracurricular the condition of the religious in MTsN Bangil .( 2 ) Describe means teachers motivate students to extracurricular intention to join the religious in MTsN Bangil .( 3 ) Describe the impact of those who joined the religious extracurricular in MTsN Bangil.

Researchers in to do this research using a qualitative approach , the qualitative study research methodology is based on the philosophy of postpositivisme , used to scrutinize in the condition of the physical object , ( as the reverse experiment ) where researchers is as key instrument , the sample collection data provenance conducted in a purposive , inductive / qualitative , and the outcome of the qualitative study focuses more meaning than a generalization.

Based on the results of research has been told in chapter formerly , then as a broad outline can be taken in the outline of that the effort islamic education teachers to motivate students in extracurricular activities the religious MTsN Bangil is of resistor in extracurricular activities at the same time with religious extracurricular activities other that , the absence of special chamber for extracurricular activities religious .Participation fall due to religious activities there are in the village each and hopefully the contest this is not new activities .Of advocates in extracurricular activities the proper equipment .The support of all teachers and extracurricular facilitator religious , the activities participation students dominated the son of boarding.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Marno, Marno
Contributors:
ContributionNameEmail
UNSPECIFIEDMarno, MarnoUNSPECIFIED
Keywords: Upaya Guru; Motivasi; Ekstrakurikuler Keagamaan; Efforts To Teachers; Motivation; Religious Extracurricular
Departement: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Indar Erdiana
Date Deposited: 06 Dec 2016 16:58
Last Modified: 27 Mar 2023 13:10
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/5166

Downloads

Downloads per month over past year

Actions (login required)

View Item View Item