Hasbi, Muhammad (2010) Manajemen mutu dalam peningkatan kompetensi profesional pendidik di Madrasah Aliyah Muallimat “Nahdhatul Wathan” Pancor – Lombok Timur. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
08710059.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Dalam rangka peningkatan kompetensi profesional pendidik seperti diamanahkan oleh undang-undang dan peraturan pemerintah, di Madrasah Aliyah Muallimat Nahdhatul Wathan Pancor, maka diperlukan manajemen mutu untuk mewujudkan sumber daya pendidik yang bermutu, profesional, produktif dan memiliki komitmen yang tinggi. Hal ini untuk menanggulangi kemorosotan dan penurunan kompetensi profesional pendidik yang selama ini menjadi salah satu problema pendidikan khususnya di madrasah.
Penelitian ini bertujuan untuk menggali dan menggambarkan praktik manajemen yang berkaitan dengan peningkatan kompetensi profesional pendidik di Madrasah Aliyah Muallimat Nahdhatul Wathan Pancor dengan fokus penelitian sebagai berikut: (1). Bagaimana bentuk pembinaan dalam meningkatkan kompetensi profesional pendidik Madrasah Aliyah Muallimat Nahdhatul Wathan Pancor (2). Bagaimana manajemen mutu dalam peningkatan kualitas kompetensi professional pendidik madrasah Aliyah Nahdhatul Wathan Pancor, Lombok Timur.
Untuk mencapai tujuan tersebut diatas, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dalam setting alami. pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara tak terstruktur , observasi partisipan dan dokume ntasi. Adapun sampel penelitiannya adalah para tenaga pendidik dan tenaga kependidikan serta siswa kelas X dan Kelas XI Madrasah Aliyah Muallimat Nahdhatul Wathan Pancor, Lombok Timur.
Penelitian ini menghasilkan temuan tesis, yaitu peningkatan kompetensi profesional pendidik telah berjalan dengan baik di Madrasah Aliyah Muallimat Nahdhatul Wathan Pancor. Hal ini dapat dibuktikan melalui pembinaan pendidik seperti: pendidikan dan latihan, workshop, seminar, MGMP, mengikutsertakan pendidik dalam program sertifikasi, kesejahteraannya dipenuhi, penyediaan fasilitas yang memadai, supervisi dan penilaian, perencanaan dan pengendalian mutu pendidik. Bentuk-bentuk pembinaan tersebut dapat menjadi faktor determinan meningkatnya kompetensi profesional pendidik.
ABSTRACT
in order to make up of professional interest of educator like entrusted by laws and regulation of government, in Madrasah Aliyah Maillimat Nahdatul Wathan Pancor, hence needed by management to realize certifiable educator resource, professional, productive and have high commitment. this matter to overcome decline and degradation of professional interest of educator which during the time become one of the problem of education specially in Madrasah.
The aim of this study is to describe management practiced in relation to the increasing educator professional-competence in Madrasah Aliyah Muallimat Nahdhatul Wathan, Pancor, by research's focuses on: (1) . How does guidance form improve educator's professionalisme of Madrasah Aliyah Muallimat Nahdhatul Wathan Pancor. (2). How does quality management application increase educator's professionalisme competence quality of Madrasah Aliyah Nahdhatul Wathan Pancor, East Lombok.
The researcher used qualitative approacah in natural setting. The methods of collecting data are, participant observation, unorganized interview, and documentation. The samples of the research are educators, education workers and students of X and XI classesin in madrasah Aliyah Muallimat Nahdhatul Wathan Pancor, East Lombok.
The result of this study is that the increasing of educator professional- competence had run well in Madrasah Aliyah Muallimat Nahdhatul Wathan, Pancor.
This can be proven by guiding educators, like: education and training, workshop, MGMP, sertification program, well-facilitied, supervision and evaluation, planning, educators qualification. Those activities imply determinant factor in increasing educator professional-competence.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Supervisor: | Hady, M. Samsul |
Keywords: | Manajemen Kompetensi Profesional Pendidik; Management; Competence; Professional educator |
Departement: | Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Koko Prasetyo |
Date Deposited: | 27 Jun 2023 10:32 |
Last Modified: | 27 Jun 2023 10:32 |
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/51651 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |