Aplikasi metode Yanbu’a dalam meningkatkan kefasihan dan kelancaran baca siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadist di MTs Al-Hidayah Donowarih Malang

Fatimatuzzahroh, Fika (2015) Aplikasi metode Yanbu’a dalam meningkatkan kefasihan dan kelancaran baca siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadist di MTs Al-Hidayah Donowarih Malang. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Islam Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
11110169.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (12MB) | Preview

Abstract

INDONESIA:

Pembelajaran Al-Qur’an Hadist dalam kelas yang berlangsung di Madrasah, dalam pelaksanaannya masih menunjukkan adanya permasalahan, terutama dalam hal membaca. Kebanyakan metode pembelajaran membaca Al-Qur’an yang digunakan adalah metode konvensional dengan menggunakan metode ceramah dan tanya jawab saja. Dalam pelaksanaan pembelajaran siswa juga cenderung pasif dan merasa jenuh. Berangkat dari permasalahan tersebut perlu adanya inovasi baru untuk membuat desain pembelajaran yang menggunakan metode pembelajaran yang mampu meningkatan kefasihan dan kelancaran baca siswa. Salah satunya adalah dengan menerapkan metode pembelajaran membaca dan menghafal Al-Qur’an Yanbu’a yang didesain untuk meningkatkan kefasihan dan kelancaran baca siswa. Berdasarkan atas permasalahan di atas, maka tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui aplikasi metode Yanbu’a dalam meningkatkan kefasihan dan kelancaran baca siswa di MTs Al-Hidayah Donowarih Malang. 2) Untuk mengetahui peningkatan kefasihan dan kelancaran baca siswa di MTs Al-Hidayah Donowarih Malang setelah aplikasi metode Yanbu’a.

Untuk mencapai tujuan di atas, digunakan jenis penelitian tindakan kelas kolaboratif-partisipan yang dilaksanakan dengan tiga kali siklus penelitian. Instrumen kunci adalah peneliti sendiri, dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes tulis, dan tes lisan. Data dianalisis dengan mereduksi data yang tidak relevan, memaparkan data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, 1) Aplikasi metode Yanbu’a yang dapat meningkatkan kefasihan dan kelancaran baca siswa yaitu dengan menerapkan metode sesuai dengan prosedur, penggunaan modul, pembentukan kelompok belajar, pemberian hadiah, dan menciptakan suasana kelas yang kondusif. 2) Aplikasi metode Yanbu’a dapat meningkatkan kefasihan dan kelancaran baca siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadist. Kemampuan membaca siswa dengan fasih meningkat menjadi 89%. Sedangkan kelancaran baca siswa meningkat menjadi 87%.

ENGLISH:

The implementation of Al-Quran and Hadith learning in the classroom still indicate a problem, especially in reading. Most methods of learning to read the Qur'an uses the conventional method such as lecture and question and answer. In the implementation of student learning also tend to be passive and are saturated. These problems need for new innovation to create learning designs uses learning method that is able to improve students' reading fluency and fluency. One way is to apply the method of learning to read and memorize the Qur'an Yanbu'a designed to improve students' reading fluency and smoothness. Based on the problems above, the objectives of this study are: 1) To determine the application method of Yanbu'a in improving students' reading fluency and smoothness in MTs Al-Hidayah Donowarih Malang. 2) To know the improvement of students' reading fluency and smoothness in MTs Al-Hidayah Donowarih Malang after using methods of Yanbu'a.

To achieve the purposes above, used collaborative classroom action research-participants conducted three cycles of study. Key instrument is the researcher, and data collection techniques are observation, interviews, written tests and oral tests. Data are analyzed by reducing irrelevant data, presenting data and drawing conclusions. The results showed that, 1) Application Yanbu'a method that can improve students' reading fluency and smoothness by applying the method in accordance with procedures, the use of modules, forming study groups, giving gifts, and creating an conducive classroom atmosphere. 2) Application of Yanbu'a method can improve students' reading fluency and smoothness on the subjects of the Qur'an and Hadith. Fluently reading students' ability increased to 89%. While the students reading smoothness increased to 87%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Rossidy, Imron
Keywords: Metode Yanbu’a; Kefasihan Baca; Kelancaran Baca; Methods of Yanbu'a; Fluency Reading; Smoothness Reading
Departement: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Heni Kurnia Ningsih
Date Deposited: 06 Dec 2016 10:03
Last Modified: 06 Dec 2016 10:03
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/5160

Actions (login required)

View Item View Item