Fatimatuzzohrah, BQ (2010) Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam mengembangkan kegiatan ekstrakurikuler Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Atas Muhammadiyah Mataram. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
08710031.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Kepala Sekolah sebagai seorang Pemimpin dituntut memiliki kualitas dan daya saing, serta mampu menciptakan sikap-sikap dan tingkah laku sesuai dengah ajaran Islam yang dipraktekkan dalam kehidupan sehari-hari baik di lingkungan sekolah maupun lingkungan keluarga dan masyarakat.
Kepala sekolah merupakan motor penggerak bagi sumber daya sekolah terutama guru-guru dan karyawan sekolah. Sehingga dapat dikatakan bahwa sukses tidaknya kegiatan di sekolah di tentukan oleh kepala sekolah itu sendiri.
Keberhasilan suatu lembaga pendidikan sangat tergantung pada kepemimpinan kepala sekolah karena merupakan pemimpin di lembaganya, maka ia harus mampu melakukan perubahan dan inovasi, pengembangan, Iptek, Kualitas, dan Kompetensi lembaga kearah tercapainya tujuan yang ditetapkan, ia harus mampu melihat adanya perubahan serta mampu melihat masa depan dalam kehidupan global yang lebih baik.
Penelitian ini dilakukan di Sekolah Menengah Atas Muhammadiyah Mataram, dengan tujuan; 1. Mendeskripsikan Pelaksanaan Kegiatan Ekstrakurikuler Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Atas Muhammadiyah Mataram, 2. Mendiskripsikan Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Mengembangkan Kegiatan Ekstrakurikuler Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Atas Muhammadiyah Mataram, 3.Untuk mengetahui Strategi Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam mengatasi hambatan-hambatan Kegiatan Ekstrakurikuler Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Atas Muhammadiyah Mataram.
Metode yang digunakan untuk mengungkapkan data-data dalam penelitian ini yaitu wawancara mendalam dengansejumlah informan yang dijadikan subjek penelitian, untuk mendapatkan data-data Primer, observasi dan dokumentasi digunakan untuk menggali data-data skunder mengenai kegiatan ekstrakurikuler pendidikan agama Islam secara tertulis yang terdapat dalam dokumentasi. Selanjutnya data-data tersebut dideskripsikan oleh peneliti dalam bentuk narasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler pendidikan agama Islam yang dilaksanakan di Sekolah Menengah Atas Muhammadiyah Mataram telah dikelola dengan pengaplikasian fungsi- fungsi manajemen, mulai dari perencanaan, pengorganisasian, penggerakan serta pengawasan, namun pengaflikasian fungsi-fungsi tersebut belum sesuai dengan apa yang diharapkan siswa terutama dalam perencanaan kegiatan ekstra pendidikan agama Islam yang dilaksanakan di sekolah tidak sesuai dengan apa yang diminati siswa. Dalam pengorganisasian belum terorganisir secara baik dan sistematis terutama dalam pembagian tugas-tugas dalam kegiatan ekstrakurikuler pendidikan agama Islam yang tidak didasarkan atas profesionalitas, latar belakang, dan visi misi yang jelas, dalam penggerakan sudah cukup baik terutama ketika kepala sekolah memberikan motivasi, komunikasi, dan peningkatan pengembangan kegiatan ekstrakurikuler baik pada guru dan siswa, dan dalam pengawasan belum dilakukan secara maksimal terutama dalam menentukan siapa yang mengawasi, sehingga terkesan guru yang membina kegiatan ekstrakurikuler itulah yang mengawasi dirinya sendiri dalam kegiatan ekstrakurikuler yang dilaksanakan di sekolah.
Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam mengembangkan kegiatan ekstrakurikuler Pendidikan agama Islam di Sekolah Menengah Atas Muhammadiyah Mataram, dilaksanakan dengan cara : a. mengartikulasikan visi dan misi sekolah sebagai suatu acuan dalam melaksanakan dan mengembangkan berbagai kegiatan di sekolah menyangkut kegiatan ekstarakurikuler, b. Memahami dan menginplementasikan nilai-nilai kepemimpinan di Sekolah Menengah Atas Muhammadiyah Mataram, yang meliputi : disiplin tinggi, kebersamaan, independensi, amanah, tanggung jawab pada tugas, dan pengabdian tinggi, dan c. Memiliki hubungan sosial dan emosional dengan guru, staf dan siswa seperti hubungan ketauladanan, kesejawatan, dan emosional keagamaan, d. pengembangan kegiatan ekstrakurikuler pendidikan agama Islam dalam bentuk dirosah al-Qur’an, praktek Ibadah sholat berjamaah, kajian Islam, kemah ilmiah remaja dan pengkaderan da’i muda.
Strategi Kepala Sekolah dalam mengatasi hambatan-hambatan kegiatan ekstarakurikuler pendidikan agama Islam di sekolah dilakukan dengan melakukan perencanaan yang lebih matang, pendekatan kepada guru-guru agama, meningkatkan kerja sama dengan orang tua murid, serta dengan menambah bentuk-bentuk kegiatan yang lebih variatif yang bersifat pilihan kepada para siswa selaku peserta. Adapun hambatan yang dihadapi dalam pengembangan kegiatan ekstrakurikuler, yaitu, a. sumber daya manusianya masih kurang. Untuk mengatasi hambatan pengembangan kegiatan ekstrakurikuler pendidikan agama Islam di Sekolah Menegah Atas Muhammadiyah Mataram, kepala sekolah memberikan solusi dengan cara mendatangkan guru atau pembina dari tempat lain semisal dari pondok pesantren, atau dari ustaz-ustaz yang sudah mempunyai kemampuan yang memadai, b. fasilitas tempat Ibadah masih belum memadai. Dalam hal ini kepala sekolah menjalin kerjasama dengan dengan pengurus masjid dalam pelaksanaan kegiatan-kegiatan praktik, seperti sholat berjamaah, c. Pendanaan. Solusi yang diterapkan kepala sekolah dalam pendanaan ini adalah dengan cara melakukan kerjasama dengan orang tua siswa, d. Inovasi dalam kegiatan. Solusinya adalah dengan cara melakukan studi banding ke Sekolah-sekolah yang telah maju kemudian di inovasi sesuai dengan kebutuhan siswa dan lingkungannya.
ABSTRACT
The research is conducted at SMA Muhammadiyah Mataram, and the objects: 1. to describe the implementation of extracurricular activity for education religious of Islam at SMA Muhammadiyah Mataram, 2. to describe the leadership of headmaster in developing the extracurricular activity of education religious of Islam at SMA Muhammadiyah Mataram, 3. to know the strategy of headmaster leadership in developing the extracurricular activity of education religious of Islam and the effort of obstacles solving for the development in SMA Muhammdiyah Mataram.
The used method to describe the data in this research is deep interview and some information that formed as the subject of research, to obtaining the primer data, the observation and documentation are used to finding the secondary data concerning the extracurricular activity of written education religious of Islam that are in documentation. Then these data is described in narration form.
The result of research is shows that the implementation of extracurricular activity of education religious of Islam in SMA Muhammadiyah Mataram is well-managed. It known that there was an application of well-managed functions, from the planning, organizing, implementation and controlling, so that these implemented activities could be done effectively and efficient. Although there is something cannot be avoided that the education personnel or educational has not understood yet about the management theoretically, but in the implementation they are able to apply it despite there something must be completed.
The leadership of headmaster in developing the extracurricular activity of education religious of Islam at SMA Muhammadiyah Mataram has conducted by the ways: a. articulate the vision and mission of school as a reference in implementation and development of some activities at school concerning the extra and intra curricular, b. to understand and implement the values of leadership at SMA Muhammadiyah Mataram, included high discipline, togetherness, independence, keep the madate and responsible for the duties and high dedication, and c. have a relation of social and emotional with the teacher, staff and students such as relation of good behavioral, intimation and religion emotional.
The strategy of headmaster leadership in developing the extracurricular activity of education religious of Islam and the effort of obstacle solving for development is implemented by making a complete planning, approaches for the religion teacher, enhance a cooperation with the parents of students and additional of activities forms that more varieties that the students can choose it as the participant. Some obstacles are in developing of extracurricular activities areas.
Human resources are little. To solve the obstacles of developing the extracurricular activity of education religious of Islam at SMA Muhammadiyah Mataram, the headmaster give solution by inviting the teacher and advisor from others such as Islamic college or some Islam teachers who has sufficient capability, b. the facility of praying place is not sufficient. In this case the headmaster is make cooperation with the mosque management in implementation of activities practice, such as praying together, c. donation. The implemented solution in this donation is making cooperation with the parents, d. innovation in activity. The solution is make the comparative study toward some advanced schools and the innovated concerning the need of students and environments.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Supervisor: | Baharuddin, Baharuddin |
Keywords: | Kepemimpinan; Kepala Sekolah; ekstrakurikuler; pendidikan agama Islam; leadership; headmaster; extracurricular; education religious of Islam |
Departement: | Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Koko Prasetyo |
Date Deposited: | 27 Jun 2023 10:32 |
Last Modified: | 27 Jun 2023 10:32 |
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/51578 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |