Al-Farisi, Yudi (2010) Manajemen pengembangan Madrasah Aliyah berprestasi: Studi kasus pengembangan Madrasah Aliyah Nurul Jadid Paiton Probolinggo. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
07920024.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK
Pengembangan dan perbaikan adalah tujuan dari setiap aktivitas organisasi. Manajemen adalah alat yang tepat untuk untuk mengembangkan sebuah organisasi. Madrasah Aliyah Nurul Jadid Paiton dengan beberapa prestasinya hari ini adalah lembaga yang patut dilihat tatalaksana manajemennya dengan sebuah penelitian, dengan. Subfokus : 1. Bagaimanakah kondisi riil delapan standar pendidikan di Madrasah Aliyah Nurul Jadid (MA NJ) Paiton?, 2. Bagaimanakah upaya strategik pengembangan MA NJ Paiton?. 3. Apa saja faktor pendukung dan penghambat strategi pengembangan MA NJ Paiton?
Jenis pendekatan penelitian ini adalah kualitatif dengan bentuk studi kasus. Metode pengumpulan datanya adalah dokumentasi, wawancara, dan observasi, teknik analisia datanya adalah pengolahan, klasifikasi, penarikan kesimpulan, dan penarikan temuan. Uji validitas datanya adalah cek metode, cek hasil, cek reponden, perpanjangan waktu penelitian, trianggulasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1. Kondisi riil delapan standar pendidikan di Madrasah Aliyah Nurul Jadid Paiton Probolinggo tergolong baik karena delapan standar pendidikan sebagaimana dipersyaratkan dalam standar nasional pendidikan sudah terpenuhi secara lengkap, 2. Upaya strategik yang dilakukan Madrasah Aliyah Nurul Jadid Paiton Probolinggo dalam pengembangan madrasah terangkum dalam manajemen pengembangan sebagai berikut: a. Pengembangan kelembagaan berdasarkan minat masyarakat, b. Mengarahkan peserta didik dalam menentukan jurusan melalui test kemampuan dan minat mereka. c. Peningkatan kualitas pendidikan, d. Pendelegasian tugas dan wewenang, e. Terjalinnya sikap keterbukaan antar semua kompetensi madrasah, f. Melakukan studi banding ke sekolah yang lebih maju. Adapun faktor pendukung dan penghambat strategi pengembangan Madrasah Aliyah Nurul Jadid Paiton Probolinggo pada umumnya terangkum dalam dua faktor yaitu faktor internal yaitu yang berasal dari dalam kehidupan MA Nurul Jadid sendiri dan eksternal yaitu yang berasal dari luar madrasah, seperti faktor tingkat status sosial ekonomi orang tua murid yang tergolong lemah dan masih belum ada donatur tetap dalam pengembangan madrasah ke depan.
ABSTRACT
Development and improvement are the goal of every activity’s organization. To make it happen requires the ability to communicate development and repair itself weel, true and correct. Management is the right tool for developing an organization. Madrasah Aliyah Nurul Jadid Paiton with few achievements today is an institution that should be viewed with a management procedure of the study, with. Subfokus: 1. What is the real condition of the eight standards of education in Madrasah Aliyah Nurul Jadid Paiton Probolinggo?, 2. How is the strategic development of Madrasah Aliyah Nurul Jadid Paiton Probolinggo?. 3. What are the factors supporting and developing strategies Madrasah Aliyah Nurul Jadid Paiton Probolinggo?
This type of research is a qualitative approach with a case study. Method of data collection are documentation, interviews, and observation techniques are analisia data processing, classifying, drawing conclusions, and the withdrawal of the findings. Check the validity of the test data are the method, check results, check the respondents, an extension of time of research, triangulation.
The results of this study indicates that 1. Real condition of the eight standards of education in Madrasah Aliyah Nurul Jadid Paiton Probolinggo is fair because the eight educational standards required under the national standard of education has been fulfilled completely, 2. Strategic efforts by Madrasah Aliyah Nurul Jadid Paiton Probolinggo summarized in the madrasas in the development of management development as follows: a. Institutional deve lopment based on community interest, b. Directed learners in determining the majors through test their abilities and interests. c. Improving education quality, d. Delegating tasks and authority, e. Intertwining attitude of openness among all the competencies madrasas, f. Comparative studies to a more advanced school. The factors supporting and developing strategies Madrasah Aliyah Nurul Jadid Paiton Probolinggo generally summarized in two factors, namely internal factor in the life originated from the Supreme Court itself and external Nurul Jadid ie originating from outside the madrasas, such as socioeconomic status to levels of the parents classified as weak and there is still no permanent donor in the development of madrasas in the future.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Supervisor: | Muhaimin, Muhaimin and Wahidmurni, Wahidmurni |
Keywords: | Manajemen; Pengembangan; Madrasah Aliyah Berprestasi; Management; Achievement; Islamic Senior High School |
Departement: | Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Koko Prasetyo |
Date Deposited: | 27 Jun 2023 10:31 |
Last Modified: | 11 Jul 2023 11:12 |
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/51564 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |