Jalil, Ahad Abdul (2010) Sistem rekrutmen Guru pada Lembaga Pendidikan Islam: Studi kasus di Madrasah Ibtidaiyah Jenderal Sudirman Malang. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
03920002.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Kebutuhan akan sumber daya manusia atau guru dalam suatu lenbaga pendidikan, adalah merupakan bagian terpenting yang harus dilakukan oleh lembaga tersebut. Kebutuhan sumber daya ini bukan sekedar kuantitas atau jumlahnya saja, tetapi juga menyangkut soal kualitas. tanpa memiliki orang – orang yang cakap, kualitas dan semangat yang tinggi, maka lembaga yang bersangkutan akan gagal mencapai tujuan yang diharapkan.Untuk memperoleh tenaga guru yang berkualitas, tentunya tidak mudah seperti membalik telapak tangan, tetapi harus memilki sisitem rekrutmen dan penjaringan yang baik dan tetapat.
Bertolak dari pemikiran di atas, Madrasah Ibtidaiyah Jenderal Sudirman Malang belum pernah diteliti terkait dengan ”Sistem Rekrutmen Guru pada Lembaga Pendidikan Islam”, sehingga sangat representatif untuk dijadikan tempat kajian penelitian.
Penelitian ini menekankan kepada sistem rekrutmen guru pada lembaga pendidikan Islam, sehingga fokus penelitiannya berupa pertanyaan – pertanyaan sebagai berikut: (1) sumber – sumber rekrutmen guru, (2) proses pelaksanaan penyeleksian guru dan (3) proses pelaksanaan orientasi guru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan rancangan penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan: obsevasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan berpedoman pada langkah – langkah penelitian. Berdasarkan hasil temuan penelitian maka dapat diambil kesimpulan
sebagai berikut:
1. Sumber – sumber rekrutmen yang didapatkan di lembaga ini terdiri dari: (a) Sumber interen, yaitu memanfaatkan guru yang telah ada di dalam lembaga untuk mengganti bila salah seorang guru mata pelajaran tertentu mengundurkan diri atau dimutasi. (b) Sumber ekstern, yaitu memperoleh calon guru dari luar berupa: lamaran, baik pelamar datang langsung ke lembaga maupun melalui pos, lewat pengiklanan, dan lewat informasi orang dalam.
2. proses pelaksanaan penyeleksian di lembaga ini melalui beberapa tahap antara lain: (a) menentukan spesifikasi guru yang mencakupi keahlian, umur, jenjang pendidikan, minat dan bakat serta karakteristik. (b) mencari informasi tahap awal yaitu berupa penerimaan pendahuluan agar tidak terjadi salah faham dan pemeriksaan referensi melalui orang yang dapat dipercaya dan terdekat dengan calon guru yang bersangkutan. (c) Mendapatkan informasi tahap kedua yang meliputi tes psikologi, tes praktek dan tes wawancara. (d) keputusan menerima atau menolak. Yaitu setelah keputusan telah diambil, pihak lembaga mengirimkan surat pemberitahuan, dan bagi yang lulus tidak langsung menjadi guru tetap tetapi melalui masa percobaan.
3. Setiap calon guru baru yang masuk di lembaga ini, sebelum melaksanakan aktivitas belajar mengajar, pihak lembaga selalu melakukan orientasi terlebih dahulu. Persoalan – persoalan yang disampaikan dalam orientasi ini mencakupi: sejarah lembaga, sturktur organisasi, tata kerja dalam lembaga dan pedoman – pedoman tentang kesejahteraan guru serta pegawai.
ABSTRACT
Human resource or teacher in an institute is the most important part of needs. This needs is not only measured in quantity of the teacher but also the quality. Without having capability, quantity, and high motivation the teacher as human resource in an institute consequently will fail to reach the goal. To get a qualified teacher is not easy as we think. It’s may need many good and accurate steps or systems of recruitment and verification.
Based on the though above. Madrasah Ibtidaiyah jendral Sudirman (MIJS) Malang never been researched before related to the topic of “ The system of teacher recruitment at Institute of Islamic Education “. So it will be representative to be object of research.
This research is focused on the system of teacher recruitment at Institute of Islamic Education. This research is expected to intent to find out the information how the research of teacher recruitment, the process of teacher selection, and the process of teacher orientation.
This research use quantitative research design by planning the case study. The technique of data collection are from observation, interviewing, and documentation. The data analysis process is oriented on the steps of research.
Based on the data analysis, it could be concluded that :
The source of recruitment found at this institute are consist of intern and extern sources. (a) The intern source; the teacher (applicant) get the information about vacancy in the institute from the teacher who teach in that institute. This vacanc y is usually offered if there was a teacher who retired or mutation. (a) The extern source; the candidate or applicant get the information from advertisement or directly apply to the institute. The process of selection is divided in to many parts:
Determine the specification of the skills, education background, age, and characteristic of the teacher/applicant.
Getting first reference of the applicant biography from application or through reliable information.
Getting second reference of the applicant biography by giving psychology test, practical test, and interview test. Decision of the applicant about accepting or refusing, the institute sends the information to the applicant. The applicant who is accepted in this institute should pass the trial period.
3. Before doing teaching and learning activities, every candidate of new teacher in this institute will get the first orientation from the institution. The material of the orientation consist of the story or background of institute, the structure organization of institute, the rules of institute, and the guidance lines for work.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Supervisor: | Muhaimin, Muhaimin |
Keywords: | Guru; Lembaga Pendidikan Islam; Madrasah Ibtidaiyah Jenderal Sudirman; Teacher; Islamic Education Institutions; Madrasa Ibtidaiyah Jenderal Sudirman |
Departement: | Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Koko Prasetyo |
Date Deposited: | 27 Jun 2023 10:31 |
Last Modified: | 27 Jun 2023 10:31 |
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/51561 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |