Responsive Banner

Manajemen evaluasi kinerja guru di Sekolah Dasar Islam Sabilillah Full Day School Sidoarjo

Mufarrihah, Nunung (2008) Manajemen evaluasi kinerja guru di Sekolah Dasar Islam Sabilillah Full Day School Sidoarjo. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
05920015.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (536kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh suatu fenomena bahwa SDI Sabilillah merupakan salah satu sekolah dasar yang belum lama berdiri namun lembaga ini mengalami perkembangan yang sangat bagus, baik dari segi peningkatan kuantitas siswa maupun dari kualitas prestasi gurunya. Hal lain yang membuat penulis tertarik untuk mengambil lokasi penelitian di SDI Sabilillah dikarenakan lembaga ini telah melakukan penerapan konsep Multiple intelegences dalam proses belajar mengajar. Selain itu SDI Sabilillah juga melakukan evaluasi kinerja terhadap para guru yang mengabdikan diri di lembaga tersebut. Evaluasi kinerja guru dilakukan pada jangka waktu tertentu dengan tujuan untuk meningkatkan profesionalisme guru. Hal inilah yang membedakan SDI Sabilillah dengan lembaga pendidikan lain khususnya yang ada di Sidoarjo.

Fokus utama penelitian ini adalah bagaimanakah penyelenggaraan evaluasi kinerja guru di SDI Sabilillah Full Day School Sidoarjo? Selanjutnya fokus penelitian tersebut dijabarkan dalam beberapa butir sub fokus yang mencakup kegiatan (1) perencanaan program evaluasi kinerja guru, (2) pengorganisasian evaluasi kinerja guru, (3) pelaksanaan evaluasi kinerja guru, (4) pengawasan pelaksanaan evaluasi kinerja guru di Sekolah Dasar Islam Sabilillah Full Day School Sidoarjo.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, yaitu pendekatan yang menekankan pada keutuhan dan kedalaman subyek yang diteliti. Jenis penelitian ini adalah studi kasus yang merupakan jenis penelitian yang menekankan pada kasus-kasus tertentu secara spesifik, sehingga data yang diperoleh akan komprehensif dan maksimal. Penelitian ini dilakukan di Sidoarjo tepatnya di Sekolah Dasar Islam Sabilillah Full Day School, dengan kegiatan lapangan selama empat bulan, yaitu sejak bulan November hingga Februari. Pengumpulan data dalam penelitian ini, penulis menggunakan wawancara kepada kepala sekolah dan dewan guru. Selain itu penulis juga mengumpulkan data tertulis berupa dokumentasi format penilaian, brosur, serta catatan yang mendukung penelitian penulis.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa program evalusi kinerja guru yang dilaksanakan berpegang pada prinsip manajemen, yang meliputi empat komponen, yaitu perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan program evaluasi kinerja guru. Secara terparinci temuannya adalah: (1) dalam tahap perencanaan, telah disusun tujuan, format dan prosedur pelaksanaan program evaluasi kinerja guru yang dilakukan oleh SDI Sabilillah. Tujuan tersebut adalah untuk mengevaluasi profesi teraplikasi, meningkatkan kinerja secara menyeluruh dan pemetaan guru secara menyeluruh, (2) dalam tahap pengorganisasian, struktur organisasi dalam program evaluasi kinerja guru di Sabilillah merupakan bentuk organisasi lini di mana struktur tersebut terdiri dari Ketua yayasan, kepala sekolah, koordinator bidang kurikulum, koordinator bidang kesiswaaan, dan koordinator bidang sarana dan prasarana, dengan demikian sudah ada pembagian tugas bagi masing-masing koordinator untuk menghindari tumpang tindih tanggung jawab, (3) dalam tahap pelaksanaan evaluasi kinerja guru di SDI Sabilillah dilakukan secara serentak kepada seluruh karyawan baik guru maupun pegawai setiap tahun. Agar pelaksanaan evaluasi kinerja guru di SDI Sabilillah dapat berjalan dengan baik, kepala sekolah mensosialisasikan kepada seluruh guru dan karyawan mengenai waktu, metode, serta prosedur yang digunakan dalam proses evaluasi. (4) dalam tahap pengawasan program kinerja guru setiap satu tahun sekali setelah program evaluasi tersebut dilaksakan guna mengetahui kekurangan untuk perbaikan di masa yang akan datang.

ABSTRACT

The research background is the recent achievement of SDI Sabilillah in terms of quality and quantity. Historically, this school was established only several years ago but it has shown various accomplishments in enhancing the competence of students as well as the teachers. Furthermore, the school has implemented the multiple intelligence concepts in learning-teaching process. It also has introduced evaluation programs for teachers’ achievements in a certain period to measure teacher’s professionalism. This is really the distinctive aspect of the school.

For the writer, the fact that SDI Sabilillah has imposed an evaluation programs for teachers’ achievements is the influential factor behind its success. Therefore, the research on this topic is clearly important. The research problem is how the teachers’ evaluation at Full day School SDI Sabilillah has been carried out. This question is then elaborated into several focuses, (1) the planning aspect of evaluation program, (2) the organizing aspect of aspect of evaluation program, (3) the actuating aspect of evaluation program, and (4) the controlling aspect of evaluation program for teachers’ achievement at Full day School SDI Sabilillah in Sidoarjo.

This research uses qualitative approach to emphasize the complete understanding on the research subject. The type of this research is case study research which focuses on a specific case to reach the comprehensive data. The research was done at Full day School SDI Sabilillah in Sidoarjo in four months, from November 2007 to February 2008. To collect data, the writer interviewed the headmaster and some teachers. Besides, the writer gathered written data, such as document of marking forms, brochures, and other supporting notes.

Finally, the result of research indicates that the evaluation programs for teachers’ achievements were implemented based on four management principles: planning, organizing, actuating and controlling. (1) In the planning step, SDI Sabilillah has arranged the goal, the format and the implementation procedure of evaluation program for teachers’ achievement. It aims at evaluating the applied profession, increasing the achievement totally and mapping the teachers comprehensively. (2) The organization structure in evaluation program for teachers’ achievement at Full day School SDI Sabilillah is in the shape of line organization which contains head of institution, headmaster, coordinator of curriculum division, coordinator of student matters and coordinator of facilities. Hence, there is a clear job description for each to avoid overlapping duties (3) Actuating evaluation program for teachers’ achievement at Full day School SDI Sabilillah has been applied at the same time to all employees each year. To guarantee that the implementation of evaluation program for teachers’ achievement works well, the head master explains time, method and procedure of the evaluation process to all teachers and workers. (4) The control of evaluation program for teachers’ achievement has been carried out once a year, soon after the completion of evaluation program in order to revise the mistakes for the sake of a better management in the following period.

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisor: Wahidmurni, Wahidmurni
Keywords: Evaluasi; Kinerja; Guru; Evaluation; Achievement; Teacher
Departement: Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Koko Prasetyo
Date Deposited: 27 Jun 2023 10:31
Last Modified: 11 Jul 2023 13:55
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/51492

Downloads

Downloads per month over past year

Loading...

Actions (login required)

View Item View Item