Strategi pembelajaran mata pelajaran Aqidah Akhlak dalam membina karakter religius siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri Donomulyo Malang

Dewi, Ning Indra Kusuma (2015) Strategi pembelajaran mata pelajaran Aqidah Akhlak dalam membina karakter religius siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri Donomulyo Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
11110116.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

INDONESIA:

Proses pembelajaran merupakan suatu proses yang mengandung serangkaian perbuatan guru dan siswa atas dasar hubungan timbal balik yang berlangsung dalam situasi edukatif untuk mencapai tujuan tertentu. Untuk mencapai sebuah tujuan pembelajaran yang diinginkan perlu adanya sebuah metode dan strategi yang tepat agar siswa mampu memahami. Guru harus bisa menjadi uswah hasanah yang nantinya siswa akan mencontoh apa yang guru lakukan dalam kehidupan nyata. Selain itu untuk menciptakan suasana religius, utamanya dalam upaya membina karakter religius siswa, seorang guru harus membiasakan siswa untuk berakhlak mulia dan religius dengan cara memfasilitasi siswa dengan materi, praktek ibadah, membaca Al- Qur’an, saling menghormati dan beraklak terpuji. Disini guru mata pelajaran Aqidah Akhlak memiliki andil yang besar dalam membina karakter bernilai religius kepada siswa karena pada dasarnya mata pelajaran Aqidah Akhlak memiliki kontribusi dalam memberikan motivasi kepada siswa untuk mempelajari dan mempraktikkan akidahnya dalam bentuk pembiasaan untuk melakukan akhlak terpuji dan menghindari akhlak tercela dalam kehidupan sehari-hari.

Tujuan penelitian ini adalah: 1) untuk mengetahui strategi pembelajaran yang digunakan guru mata pelajaran Aqidah Akhlak dalam membina karakter religius siswa di MTs Negeri Donomulyo. 2) untuk mengetahui proses dari pembinaan karakter religius di MTs Negeri Donomulyo.

Untuk mencapai tujuan di atas digunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif, riset yang bersifat deskriptif (menggambarkan) dan cenderung menggunakan analisis dengan pendekatan induktif. Jenis penelitian kualitatif ini merupakan penelitian yang tidak menggunakan menghitung atau statistik tetapi melalui pengumpulan data, analisis, kemudian diinterpretasikan.

Hasil penelitian menunjukkan 1) Bahwa strategi pembelajaran yang digunakan oleh guru mata pelajaran Aqidah Akhlak dalam membina karakter religius siswa adalah siswa harus mampu mengamati fenomena yang ada di sekitarnya kemudian dihubungkan dengan materi selain itu juga dengan uswah hasanah, dari paparan informan dapat ditarik kesimpulan bahwa strategi pembelajaran lebih mengarah pada strategi pembelajaran kontekstual. 2) Proses pembinaan karakter religius siswa tidak hanya dilakukan ketika di dalam kelas dan tidak hanya menjadi tanggung jawab guru mata Pelajaran Agama Islam saja. Dan diharapkan setelah selesai dari satuan pendidikan siswa bisa menjadi seperti yang diharapkan.

ENGLISH:

The learning process is a process that contains a series of actions of teachers and students on the basis of reciprocal relationship that takes place in an educational situation to achieve certain goals. To achieve objectives learning need for an appropriate methods and strategies that students are able to understand. Teachers should be able to be uswah hasanah which students will follow of what teachers do in real life. In addition to creating a religious atmosphere, particularly in an effort to foster religious character of students, a teacher must accustom students to noble and religious by facilitating the students with the matter, the practice of worship, reading the Qur'an, mutual respect and moral commendable. Here, the teachers of Morals beliefs subject has major stakes in developing religious value character to students because basically Morals beliefs subjects have contributed in providing motivation for students to learn and practice the faith in the form of habituation to perform praiseworthy morals and avoid the despicable character in daily life.

The purpose of this study were: 1) to determine the learning strategies used by teachers of Morals beliefs subjects in fostering religious character of students at MTsN Donomulyo. 2) to know the process of formation of religious character in MTsN Donomulyo.

To achieve the objectives above used descriptive qualitative research approach, the research was descriptive (describing) and tended to use inductive analysis approach. This type of qualitative research was not used to calculate or statistics but through data collection, analysis, and then interpreted.

The results showed 1) That the learning strategies used by teachers of Morals beliefs subjects in fostering religious character of the student should be able to observe the phenomenon around him then connected to the material but it was also the uswah hasanah, from exposure of the informant can be concluded that the strategies were learning that lead to contextual learning strategies. 2) The process of students religious character development was not only performed when in the classroom and not only the responsibility of teachers of Islamic Studies course. And it was expected after the completion of the student's educationcould be as expected.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Fanani, Bahruddin
Keywords: Strategi Pembelajaran; Guru Mata Pelajaran Aqidah Akhlak; Karakter Religius; Learning Strategies; Morals Beliefs Subject Teachers; Religious Character
Departement: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Indar Erdiana
Date Deposited: 06 Dec 2016 10:10
Last Modified: 06 Dec 2016 10:10
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/5148

Actions (login required)

View Item View Item