Pendidikan karakter siswa melalui kegiatan ekstrakurikuler keagamaan kerohanian Islam di SMPN 1 Probolinggo

Effendi, M. Syahid (2015) Pendidikan karakter siswa melalui kegiatan ekstrakurikuler keagamaan kerohanian Islam di SMPN 1 Probolinggo. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
11110149.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

INDONESIA:

Pendidikan di Indonesia saat ini mengalami permasalahan-permasalahan yang serius. Salah satu masalah itu adalah merosotnya karakter bangsa karena adanya pelanggaran etika sosial dan susila serta kekerasan dalam berbagai bentuknya sering terjadi dalam dunia pendidikan seperti: perkelahian antar pelajar, seks bebas, tindak pidana, sikap tidak etis terhadap guru, berbagai bentuk pelanggaran tata tertib sekolah, siswa menyontek, masih minimnya prestasi yang dicapai para pelajar, sampai pada masalah komersialisasi pendidikan.

Kegiatan ekstrakurikuler keagamaan merupakan salah satu solusi untuk mengatasi masalah yang dihadapi oleh siswa. Kegiatan ekstrakurikuler keagamaan ini merupakan realisasi dari proses belajar mengajar yang menuntut adanya keaktifan siswa dalam kegiatan belajar mengajar di luar jam pelajaran sekolah, mereka diharapkan dapat meraih prestasi belajar setinggi-tingginya serta membantu untuk mengembangkan wawasan siswa dalam bidang agama Islam. Berdasarkan hal ini, maka skripsi ini membahas tentang “Pendidikan Karakter Siswa Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Keagamaan Kerohanian Islam (Rohis) di SMPN 1 Probolinggo” untuk mengetahui bagaimana program, pelaksanaan, dan evaluasi kegiatan ekstrakurikuler keagamaan kerohanian Islam (Rohis) dalam pendidikan karakter di SMPN 1 Probolinggo

Dalam penelitian ini digunakan metodologi dengan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif, yakni penelitian yang berusaha mengambarkan, menginterprestasikan dan mendeskripsikan atau menjelaskan objek, peristiwa maupun kejadian yang sedang berlangsung pada saat penelitian sesuai apa adanya. Kehadiran peneliti bertindak sebagai observer sedangkan pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi yang kemudian menganalisis data dengan cara mereduksi data, display data dan mengambil kesimpulan. Kemudian pengecekan keabsahan data menggunakan perpanjangan keikutsertaan dan triangulasi.

Berdasarkan hasil wawancara dan observasi yang peneliti lakukan dapat disimpulkan bahwa (1) Terdapat dua program kegiatan yaitu program yang dibuat oleh pembina dilaksanakan pada kegiatan rutin mingguan dan program yang dibuat oleh pengurus untuk dilaksanakan pada kegiatan-kegiatan keseharian di sekolah. (2) Pelaksanaan pendidikan karakter melalui kegiatan ini bisa dikatakan dapat berjalan dengan baik sesuai dengan program kegiatan yang dibuat oleh pembina. (3) Evaluasi yang dilakukan dalam kegiatan ekstrakurikuler kerohanian Islam di SMPN 1 Probolinggo hanya bersifat observatif, dengan mengamati tingkah laku, sikap, perbuatan, keseharian siswa dalam berinteraksi dengan guru, sesama siswa, dan seluruh warga sekolah.

Dari hasil penelitian di sarankan untuk sekolah pembina, dalam mengevaluasi suatu kegiatan tidak hanya memperhatikan salah satu aspek saja atau aspek afektif saja, namun juga harus memperhatikan aspek kognitif dan psikomotorik karena dalam pendidikan ke tiga faktor ini sangat berpengaruh dalam keberhasilan pendidikan. Dan sebaiknya struktur kepengurusan kerohanian Islam di SMPN 1 Probolinggo dipisah dengan pembina OSIS sehingga dapat menjalankan setiap program yang sudah dibuat dengan maksimal.

ENGLISH:

Education in Indonesia is currently experiencing serious problems. One of them is the decline of the nation's character because of the violation of social ethics and morality. There are often the case in education such as: fights between students, promiscuity, crime, unethical attitude towards teachers, various forms of violations of school rules, students cheat, they still lack the achievements of the students, and the problem of education’s commercialization.

Religious extracurricular activities is one of solution to overcome the problems faced by students. Religious extracurricular activities is the realization of a learning process that required the involvement of the student in learning activities outside time school, they are expected to achieve the highest learning achievements as well as helping to develop the students' horizons in the field of Islamic religion. So, this research discusses about “The Education of Students character with Extracurricular Activities of Chaplaincy Religious Islamic in Junior High School (SMPN) 1 Probolinggo". The aims are to know how to program, implementation, and evaluation of extracurricular activities religious Islamic spirituality (Rohis) in character education in Junior High School (SMPN) 1 Probolinggo.

Research methodology using a qualitative approach (a qualitative descriptive research), that are to find a portrait, to interpret and to describe the object, the events which is taking place at the time of the study. The presence of researchers is act as an observer while collecting data through observation, interviews and documentation. and then analyzed the data by reducing data, display data and draw conclusions. Then check the validity of the data using the extension of participation and triangulation.

Based on the result of interviews and observations, the conclusions are: (1) There are two program activities, that are a program created by the builder carried out on a weekly routine activities and programs created by the board to be held on daily activities at school. (2) The implementation of character education through this activity can be said to run well in accordance with the program of activities created by the builder. (3) Evaluation conducted in extracurricular activities of Islamic spirituality in Junior High School (SMPN) 1 Probolinggo merely observational, by observing behavior, attitudes, actions, and daily students to interact with teachers, fellow students, and the entire of school community.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Maimun, Agus
Keywords: Pendidikan Karakter; Ekstrakurikuler Keagamaan; Education of Character; Extracurricular Religious
Departement: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Dian Anesti
Date Deposited: 06 Dec 2016 10:10
Last Modified: 06 Dec 2016 10:10
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/5147

Actions (login required)

View Item View Item