Responsive Banner

Implementasi pendidikan karakter pada mata pelajaran PAI di Madrasah Tsanawiyah Negeri Kediri 2

Latifah, Ismi (2015) Implementasi pendidikan karakter pada mata pelajaran PAI di Madrasah Tsanawiyah Negeri Kediri 2. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img] Text (Fulltext)
111101131.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK

Pendidikan karakter merupakan sebuah proses transformasi nilai-nilai kehidupan untuk ditumbuhkembangkan dalam kepribadian seseorang atau peserta didik sehingga menjadi satu dalam perilaku kehidupan orang tersebut. Pendidikan karakter tidak hanya sekedar mengajarkan mana yang benar dan mana yang salah, lebih dari itu pendidikan karakter menanamkan kebiasaan tentang yang baik sehingga siswa menjadi paham mana yang benar dan mana yang salah, dan mampu merasakan nilai yang baik sehingga siswa akan mampu dalam hal melakukan hal baik tersebut.

Ruang lingkup masalah pada penelitian ini berfokus pada 1) mendeskripsikan implementasi pendidikan karakter pada mata pelajaran PAI di Madrasah Tsanawiyah Negeri Kediri 2, 2) pengembangan implementasi pendidikan karakter pada mata pelajaran PAI di Madrasah Tsanawiyah Negeri Kediri 2, 3) faktor pendukung dan faktor penghambat implementasi pendidikan karakter pada mata pelajaran PAI di Madrasah Tsanawiyah Negeri Kediri 2.

Jenis metode penelitian ini yakni penelitian deskriptif kualitatif, dimana riset yang bersifat deskriptif (menggambarkan) dan menggunakan analisis, dengan metode pengumpulan data melalui observasi (pengamatan), wawancara dan dokumentasi yang kemudian dianalisis dengan cara mereduksi data yang tidak relevan, memaparkan data dan menarik kesimpulan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa, 1) implementasi pendidikan karakter pada mata pelajaran PAI di Madrasah Tsanawiyah Negeri Kediri 2 yakni terlaksananya pendidikan karakter yang baik, perencanaan pembelajaran PAI yang inovatif dan evaluasi pembelajaran yang baik. 2) Pengembangan implementasi pendidikan karakter pada mata pelajaran PAI di MTsN Kediri 2 pula dilakukan beberapa upaya pengembangan madrasah yang terdiri dari The Real Curriculum dan The Hidden Curriculum serta pengembangan karakter melalui berbagai kegiatan keseharian positif peserta didik di luar kegiatan belajar mengajar. 3) Faktor pendukung dan faktor penghambat implementasi pendidikan karakter pada mata pelajaran PAI di MTsN Kediri 2 adalah tersedianya sarana-prasarana kelas yang baik, minat belajar siswa yang bagus, suasana kelas yang nyaman, lingkungan kelas yang bersih, perhatian guru pada siswa, contoh keteladanan guru dan beberapa kegiatan positif di madrasah dan faktor penghambatnya masih adanya beberapa guru yang kurang perhatian pada siswa, peran orang tua yang kurang bijak serta lingkungan pergaulan peserta didik di luar madrasah.

ABSTRACT

Character education is a process of transformation of the values of life to be cultivated in a person's personality or learners to become one in the behavior of the person's life. Character education is not just to teach what is right and wrong, more than that of the character education instill good habits so that students come to understand what is right and what is wrong, and can feel good grades so that students will be able in terms of doing things such good.

The scope of the problem in this research focuses on 1) to describe the implementation of character education on the subjects of PAI in Kediri MTsN 2, 2) development of implementation of character education on the subjects of PAI in Kediri MTsN 2, 3) supporting factors and the factors inhibiting the implementation character education on the subjects PAI of MTsN I in Kediri.

This kind of research method that is descriptive qualitative research, where research is descriptive (describing) and using the analysis, the method of collecting data through observation (observation), interviews and documentation which is then analyzed by reducing irrelevant data, presented data and draw conclusions of The Implementation of the Character Education on The Subject.

The results showed that, 1) the implementation of character education on the subjects of PAI in Kediri 2 MTs Negeri the implementation of good character education, lesson planning and evaluation of innovative PAI good learning. 2) Development of the implementation of character education on the subjects of PAI in Kediri MTsN 2 also made several attempts madrasah development consisting of The Real Curriculum and The Hidden Curriculum and the development of character through the positive daily activities of learners outside the teaching and learning activities. 3) supporting factors and the factors inhibiting the implementation of character education on the subjects of PAI in Kediri MTsN 2 is the availability of good-class infrastructure, a great interest in student learning, classroom atmosphere that is comfortable, clean classroom environment, teachers' attention on students, exemplary examples teachers and some positive activities in madrassas and the inhibiting factor is the presence of several teachers who are less attentive to the students, the role of parents who are less wise and milieu learners outside.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Fannani, Bakhruddin
Contributors:
ContributionNameEmail
UNSPECIFIEDFannani, BakhruddinUNSPECIFIED
Keywords: Pendidikan Karakter; Mata Pelajaran PAI; Character Education; Subjects PAI
Departement: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Indar Erdiana
Date Deposited: 06 Dec 2016 17:10
Last Modified: 17 Apr 2023 13:26
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/5145

Downloads

Downloads per month over past year

Actions (login required)

View Item View Item