Pengaruh media pembelajaran audio-visual terhadap hasil belajar siswa Kelas X pada mata pelajaran PAI di SMA Islam Soerjo Alam Ngajum Malang

Aprilia, Eka Fitri (2015) Pengaruh media pembelajaran audio-visual terhadap hasil belajar siswa Kelas X pada mata pelajaran PAI di SMA Islam Soerjo Alam Ngajum Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
11110112.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB) | Preview

Abstract

INDONESIA:

Peningkatan kualitas proses dan hasil pembelajaran siswa di setiap jenjang pendidikan perlu diwujudkan agar diperoleh kualitas sumber daya manusia yang dapat menunjang pembangunan nasional di negara Indonesia. Salah satu upaya untuk meningkatkan hal tersebut yakni dengan meningkatkan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran. Untuk itu penggunaan media khususnya media audio-visual dalam proses pembelajaran sangat diperlukan demi membantu siswa dalam memahami materi. Metode mengajar tradisional yang menekankan pada guru bercerita dan siswa mendengarkan harus lebih banyak dihindari agar keaktifan siswa meningkat. Media pembelajaran audio-visual adalah media yang dapat memudahkan siswa untuk memahami materi, melatih konsentrasi dan fokus siswa terhadap materi serta membantu mengembangkan pengetahuan siswa dengan menghadirkan contoh konkrit di dalam kelas.

Tujuan dari penelitian adalah : 1) untuk mengetahui penerapan media pembelajaran audio-visual terhadap hasil belajar siswa kelas X pada mata pelajaran PAI di SMA Islam Soerjo Alam Ngajum Malang. 2) untuk mengetahui adanya pengaruh media pembelajaran audio-visual terhadap hasil belajar siswa kelas X pada mata pelajaran PAI di SMA Islam Soerjo Alam Ngajum Malang.

Untuk mencapai tujuan di atas, digunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Instrumen penelitian adalah angket dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi, tes. Data dianalisis dengan perhitungan statistik menggunakan rumus chi kuadrat, mendeskripsikan data dan menarik kesimpulan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa, 1) Penerapan media pembelajaran audio-visual pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam terhadap hasil belajar siswa kelas X di SMA Islam Soerjo Alam Ngajum Malang adalah sedang sebesar 56,52 %. Artinya, dalam proses belajar-mengajar Pendidikan Agama Islam siswa sangat antusias dan dapat menerima proses pembelajaran dengan menerapkan media pembelajaran audio-visual. 2) Hasil belajar siswa kelas X SMA Islam Soerjo Alam Ngajum Malang pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam mengalami peningkatan. Sebelumnya, hasil pre-test siswa kelas X A sebelum penerapan media audio-visual pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, hasil belajarnya sedang, intervalnya 54-67 dengan persentase 39,13 %. Setelah penerapan media audio-visual berubah menjadi berkategori tinggi dengan interval 90-100 dengan persentase 73,91 %. Sedangkan pada kelas X B non audio-visual, yakni berdasarkan hasil pre-test, hasil belajarnya kategori tinggi (59-74) dengan persentase 71,44%. Setelah ujian post-test, hasil belajarnya kategori sedang (65-79) dengan persentase 47,62 %. Pengaruh media pembelajaran audio-visual terhadap hasil belajar siswa kelas X pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dapat dilihat dari hasil perhitungan Koefisien Kontingensi (KK) = 0,3843 dan dari hasil perhitungan Chi Kuadrat pada taraf signifikan 5%, diperoleh X2hit > X25% yaitu 7,626 > 5,9991. Hal ini berarti hipotesis diterima. Dengan demikian, terdapat pengaruh yang signifikan akibat penerapan media pembelajaran audio-visual pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam terhadap hasil belajar siswa.

ENGLISH:

Improved quality processes and student learning outcomes at all levels of education need to be realized in order to obtain the quality of human resources that can support national development in the country of Indonesia. One effort to improve it is by increasing the activity of students in the learning process. For the use of the media, especially audio-visual media in the learning process is very necessary to help students in understanding the material. Traditional teaching methods that emphasize storytelling teachers and students listening more should be avoided in order to increase student activity. Audio-visual learning media is media that can allow students to understand the material, students practice concentration and focus on the material and help develop students' knowledge by presenting concrete examples in the classroom.

The aim of the research are: 1) to determine the application of audio-visual learning media on the results of class X student in PAI subjects at Islamic Soerjo Alam High School of Ngajum Malang. 2) to investigate the influence of audio-visual learning media on the results of class X student on the PAI subjects at Islamic Soerjo Alam High School of Ngajum Malang

To achieve the above objective, quantitative research approach was used with this type of experimental research. The research instrument was a questionnaire and data collection techniques are observation, documentation, test. Data were analyzed by statistical calculations using chi square formula, describing the data and draw conclusions.

The results showed that: 1) Implementation of the learning audio-visual media on the subject of Islamic Education to the result of class X student at Islamic Soerjo Alam High School of Ngajum Malang is currently at 56.52%. That is, in the teaching-learning process of Islamic education students are very enthusiastic and can receive the learning process by applying audio-visual learning media. 2) The results of class X student at Islamic Soerjo Alam High School of Ngajum Malang in subject of Islamic education has increased. Previously, the results of pre-test students before class XA application of audio-visual media on the subject of Islamic education, study results were, interval 54-67 with a percentage of 39.13%. After application of audio-visual media turned into high category with intervals of 90-100 with the percentage of 73.91%. While in class XB non audio-visual, which is based on the results of the pre-test, the results of their study of high category (59-74) with a percentage of 71.44%. After the post-test exam, the results of their study the medium category (65-79) with a percentage of 47.62%. Influence of audio-visual learning media on the results of class X student in the subject of Islamic education can be seen from the calculation coefficient of contingency (KK) = 0.3843 and the results of the calculation of the Chi Square at the significant level of 5%, obtained X2hit> X25% ie 7.626> 5.9991. This means that the hypothesis is accepted. Thus, there is a significant effect due to the application of audio-visual learning media on the subject of Islamic education to the students' learning outcomes.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Padil, Moh
Keywords: Media Audio-Visual; Hasil Belajar; Audio-Visual Media; Learning Outcomes
Departement: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Indar Erdiana
Date Deposited: 06 Dec 2016 10:10
Last Modified: 06 Dec 2016 10:10
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/5143

Actions (login required)

View Item View Item