Responsive Banner

Pengembangan multimedia interaktif berbasis autoplay pada materi SKI dengan pendekatan saintifik untuk meningkatkan hasil belajar kelas VII SMPN 4 Malang

Sabit, Yayang Mega Bulan (2015) Pengembangan multimedia interaktif berbasis autoplay pada materi SKI dengan pendekatan saintifik untuk meningkatkan hasil belajar kelas VII SMPN 4 Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
11110146.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB) | Preview

Abstract

INDONESIA:

Penyelenggaraan Pendidikan Agama Islam pada materi Sejarah Kebudayaan Islam di sekolah masih penuh dengan tantangan dan kendala. Dalam penyampaiannya sering kali seorang pendidik hanya menggunakan metode-metode konvensional yang membosankan, serta tidak ada alat atau media pembelajaran yang dapat menunjang peserta didik untuk memahami materi pelajaran. Untuk mengatasi kendala tersebut seorang guru dapat menggunakan media pembelajaran yang memiliki kualitas yang baik dan telah teruji kevalidannya, sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) menjelaskan proses pengembangan multimedia interaktif berbasis Autoplay pada materi SKI dengan pendekatan saintifik untuk meningkatkan hasil belajar kelas VII, (2) menjelaskan tingkat kevalidan multimedia interaktif berbasis Autoplay pada materi SKI dengan pendekatan saintifik, (3) menjelaskan pengaruh penggunaan multimedia interaktif berbasis Autoplay pada materi SKI dengan pendekatan saintifik untuk meningkatkan hasil belajar pada materi SKI kelas VII SMPN 4 Malang,

Untuk mencapai tujuan di atas, digunakan pendekatan penelitian dan pengembangan (R & D) dengan model ADDIE yang memiliki lima langkah dalam prosedur pengembangannya. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 4 Malang dengan mengambil kelas VII F yang berjumlah 26 siswa. Subyek penilaian validasi produk terbatas pada tiga ahli, yakni ahli materi, ahli desain media, dan ahli pembelajaran. Teknik untuk menganalisis data dengan cara sampel diberi tes awal dan tes akhir disamping perlakuan.

Hasil penelitian menunjukan bahwa, (1) proses pengembangan dan hasil penilaian terhadap multimedia interaktif berbasis Autoplay pada materi SKI dengan pendekatan saintifik terdiri dari halaman awal, menu utama, petunjuk pemakaian media, KI/ KD dan Indikator, materi pembahasan dan profil penyusun media; (2) tingkat kevalidan multimedia interaktif berbasis Autoplay pada materi SKI dengan pendekatan saintifik mendapat penilaian kualifikasi yang baik, karena berdasarkan hasil validasi diperoleh nilai dari ahli pembelajaran guru bidang studi sebesar 87,5%, dari ahli materi mendapat nilai 80% dan dari ahli desain media mendapat nilai 95% yang berarti multimedia interaktif berbasis Autoplay pada materi SKI valid dan tidak revisi; (3) Multimedia interaktif berbasis Autoplay pada materi SKI dengan pendekatan saintifik kelas VII SMPN 4 Malang terbukti memiliki pengaruh dalam meningkatkan hasil belajar siswa.

ENGLISH:

Implementation of Islamic Education in Cultural History Islamic material in school is still full of challenges and constraints. In its delivery often an educator using only conventional methods are boring, and no tool or media that can support learners to understand the subject matter. To overcome these obstacles can teachers use instructional media that have good quality and have been tested kevalidannya, so as to improve student learning outcomes.

The purpose of this study was to: (1) describes the process of developing an interactive multimedia based Autoplay on SKI material with scientific approaches to improve learning outcomes of class VII, (2) explain the level of validity of interactive multimedia based Autoplay on SKI material with scientific approach, (3) explain the effect of the use of interactive multimedia based Autoplay on SKI material with scientific approaches to improving learning outcomes in SKI material class VII SMPN 4 Malang,

To achieve the above objectives, the approach used research and development (R & D) with ADDIE model which has five steps in the procedure development. This study was conducted in SMPN 4 Malang by taking a class VII F totaling 26 students. Subjects assessment product validation limited to three experts, namely materials experts, media design experts and learning experts. Techniques to analyze the data by means of samples given initial test and final test in addition to treatment.

The results showed that, (1) the process of development and an assessment of interactive multimedia based Autoplay on SKI material with scientific approach consists of the start page, the main menu, user guide media, KI / KD and indicators, discussion materials and constituent profile media; (2) the level of validity interactive multimedia based Autoplay on SKI material with scientific approach to get a good assessment of qualification, because based on the results of the validation study values obtained from expert teachers of 87.5%, of the expert material gets 80% and the value of design experts media gets the value of 95%, which means interactive multimedia based Autoplay on SKI material with scientific approach valid and no revision; (3) Interactive Multimedia based Autoplay on SKI material with scientific approach to class VII SMPN 4 Malang shown to have an effect in improving student learning outcomes.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Wahidmurni, Wahidmurni
Contributors:
ContributionNameEmail
UNSPECIFIEDWahidmurni, WahidmurniUNSPECIFIED
Keywords: Multimedia interaktif; Autoplay; Sejarah Kebudayaan Islam; Pendekatan Saintifik; Hasil Belajar; Interactive multimedia; Autoplay; History of Islamic Culture; Scientific Approach; Results Learning
Departement: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Dian Anesti
Date Deposited: 06 Dec 2016 17:10
Last Modified: 06 Dec 2016 17:10
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/5141

Downloads

Downloads per month over past year

Loading...

Actions (login required)

View Item View Item