Penggunaan metode menghafal Al-Qur’an pada santri putri tahfidz al-Qur’An di Pondok Pesantren Salafiyah Syafi’Iyah Sukorejo Situbondo

Febriyana, Leny (2015) Penggunaan metode menghafal Al-Qur’an pada santri putri tahfidz al-Qur’An di Pondok Pesantren Salafiyah Syafi’Iyah Sukorejo Situbondo. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
11110107.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB) | Preview

Abstract

INDONESIA:

Menghafal al-Qur’ān adalah sebuah upaya untuk memudahkan seseorang dalam memahami dan mengingat isi-isi al-Qur’ān dan untuk menjaga kemurnian al-Qur’ān. Menghafalkan al-Qur’ān sebanyak 30 juz bukanlah hal yang mudah. Metode merupakan salah satu faktor yang akan menentukan keberhasilan dalam menghafal al-Qur’ān. Terkait hal tersebut, santri tahfidz di lembaga tahfidz al-Qur’ān Pondok Pesantren Salafiyah Syafi’iyah menggunakan metode menghafal al-Qur’ān sesuai dengan kemampuan yang dimiliki para santri. Lembaga tidak mewajibkan santri menggunakan metode yang telah ditetapkan pesantren.

Fokus penelitian yang akan diuji dalam penelitian ini adalah: 1) Penggunaan metode menghafal al-Qur’ān di Pondok Pesantren Salafiyah Syafi’iyah Sukorejo Situbondo, 2) Faktor penghambat dalam penggunaan metode menghafal al-Qur’ān pada santri putri tahfidz al-Qur’ān di Pondok Pesantren Salafiyah Syafi’iyah Sukorejo-Situbondo, 3) Solusi mengatasi faktor penghambat dalam penggunaan metode menghafal al-Qur’ān pada santri putri tahfidz al-Qur’ān di Pondok Pesantren Salafiyah Syafi’iyah Sukorejo-Situbondo. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan ketiga hal tersebut. Metode Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk menganalisis data, penulis menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif, yaitu mendeskripikan dan menginterpretasikan data-data yang ada untuk menggambarkan realitas sesuai dengan fenomena yang sebenarnya.

Hasil penelitian mengungkapkan bahwa penggunaan metode menghafal al-Qur’ān pada santri putri tahfidz al-Qur’ān di Pondok Pesantren Slafiyah Syafi’iyah Sukorejo Situbondo ialah Thariqatu Takriry al-Qira’ati al-Juz’i, Thariqatu al-Tadabburi, dan Thariqatu al-Jumlah. Di Pondok Pesantren ini santri putri dibebaskan dalam menggunakan metoe menghafal al-Qur’ān sesuai dengan kemampuan santri. Mayoritas santri putri tahfidz menggunakan metode Thariqatu Takriry al-Qira’ati al-Juz’i yaitu menghfal al-Qur’ān dengan dimulai membaca satu ayat yang diulang beberapa kali sampai melekat dalam pikiran kemudian dirangkai ayat demi ayat dengan cara yang sama. Faktor penghambat dalam proses penggunaan metode menghafal al-Qur’ān para santri putri yaitu, lupa dengan ayat-ayat yang sudah dihafal, banyaknya ayat-ayat yang serupa tetapi tidak sama, gangguan dari dalam diri sendiri, dan adanya gangguan di lingkungan sekitar saat proses menghafal berlangsung. Solusi dalam mengatasi faktor penghambat tersebut yaitu harus dengan niat yang benar dan ikhlas, dengan selalu mengulang (takrir) hafalan secara teratur, memotivasi diri sendiri, dan adanya lingkungan yang mendukung saat proses menghafal al-Qur’ān berlangsung. karena seorang penghafal al-Qur’ān membutuhkan onsentrasi dalam menghafal.

ENGLISH:

Memorizing Qur’an is one of efforts to make people easier in maintaining the originality, understanding and comprehending Qur’an’s contents. Memorizing Qur’an, a whole, is not something easy to do. Hence, the method is one of factor which determines the success of the students. However, in Salafiyah, Syafi’iyah, Sukorejo boarding school the students use their own method depend on their ability in memorizing Qur’an.

This study focus on: 1) The use of memorizing Qur’an method applied for students who memorize Qur’an in Salafiyah, Syafi’iyah, Sukorejo boarding school, 2) The obstacles of using this method for students who memorize Qur’an in Salafiyah, Syafi’iyah, Sukorejo boarding school, 3) The solution for solve the obstacles faced by for students who memorize Qur’an in Salafiyah, Syafi’iyah, Sukorejo boarding school. This research aimed for descripting three above by using interview, observation and documentation as collecting data method. For analyzing data, the researcher uses analyzing descriptive qualitative technic. It means that the researcher should interpret, describe the data to explain the reality.

In the result of research show that the students who memorize Qur’an in Salafiyah, Syafi’iyah, Sukorejo boarding school use Thariqatu Takriry Al-Qira’ati Al-Juz’i, Thariqatu Al-Tadabburi, dan Thariqatu Al-Jumlah. As researcher said before that this boarding school does not force the students to follow particular method in memorizing Qur’an but they most prefer in Thariqatu Takriry Al-Qira’ati Al-Juz’i. The obstacle that students faced are they usually forget with ayat that already memorized, there are some similar ayats occur, the obstacle from each individual and environment. The solution for those problems are sincere in memorizing Qur’an and have a good plan, always keep repeating the object that already memorize (takrir), motivate herself and supported environment.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Asrori, Muhammad
Keywords: Menghafal Al-Qur’Ān; Metode Menghafal Al-Qur’Ān; Memorizing Qur’An; Memorizing Qur’An Method
Departement: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Indar Erdiana
Date Deposited: 06 Dec 2016 10:17
Last Modified: 06 Dec 2016 10:17
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/5140

Actions (login required)

View Item View Item