Fithriyah, Eviy Aidah (2014) Internalisasi Nilai-Nilai Agama Islam dalam meningkatkan Kecerdasan Spiritual Siswa di SMA Negeri I Gresik. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
10770025.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Berkembangnya dinamika kehidupan di era globalisasi memberikan pengaruh penting terhadap kemajuan sains dan tekhnologi, sehingga kualitas SDM menjadi prioritas utama untuk ditingkatkan. Hal ini menuntut dunia pendidikan untuk mencetak out-putnya memiliki intelektual yang tinggi. Bahkan dalam waktu yang panjang, kemampuan IQ dianggap sebagai primadona. Kosekuensinya, potensi yang lain dianggap sebagai inferior dan bahkan dimarginalkan. Pola pandang demikian, melahirkan manusia cerdas secara akademik tetapi gagal dalam kepribadiannya. Hal ini terlihat dengan munculnya fenomena bahwa para pelajar terlibat tawuran, pencurian, pergaulan bebas, pengguna obat-obatan terlarang dan sebagainya. Oleh karena itu, meningkatkan kecerdasan spiritual menjadi salah satu solusi yang tepat dalam mengimbangi IQ dan EQ siswa guna menciptakan manusia yang beriman dan dapat menghadapi tantangan globalisasi dalam memperoleh kebahagian dunia dan akhirat. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan wujud dari nilai-nilai agama Islam yang diterapkan di sekolah, proses internalisasi nilai-nilai agama Islam dalam meningkatkan kecerdasan spiritual dan pengaruh yang dirasakan oleh siswa SMA Negeri 1 Gresik.
Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif karena bertujuan menggambarkan hasil penelitian yang dilakukan pada kondisi yang alami. Dalam pengumpulan data, peneliti sebagai pemeran serta dan pengamat karena pencarian datanya menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Setelah data terkumpul, peneliti melakukan analisis data dengan mencatat, mengumpulkan dan memilih data yang dilanjutkan dengan pengecekan keabsahan data melalui beberapa tehnik yaitu perpanjangan keikutsertaan, ketekunan peneliti, triangulasi, uraian rinci dan pada tahap auditing untuk menggambarkan hasil keseluruhan dari penetian sesuai dengan tema yang diteliti.
Hasil penelitian yang didapatkan di SMA Negeri 1 Gresik adalah dengan menerapkan 4S; sopan, sapa, salam, dan senyum serta nilai-nilai lainnya seperti religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, semangat kebangsaan, komunikatif, gemar membaca, peduli lingkungan dan sosial serta bertanggung jawab. Sedangkan proses internalisasi nilai-nilai agama Islam dalam meningkatkan kecerdasan spiritual siswa terjadi dengan melalui beberapa tahapan yaitu pemberian pengetahuan yang dilakukan ketika proses pembelajaran, tahap pemahaman yang terjadi melalui interaksi timbal balik antara guru dan siswa, tahap pembiasaan sebagai usaha penghayatan agar menyatu dalam kepribadiannya, dan tahapan yang terakhir adalah transinternalisasi; yang menampilkan sosok kepribadiannya. Selain itu, dibutuhkan pula metode seperti keteladanan, pengalaman, pembiasaan, emosional, nasihat, pengawasan, dan hukuman. Sedangkan pengaruh yang dirasakan siswa dari adanya proses internalisasi adalah memiliki rasa keimanan dan ketaqwaan yang semakin mendalam kepada Allah swt, memiliki kesadaran yang tinggi dalam diri dan juga memiliki pemahaman atau pandangan hidup yang luas dalam menentukan tujuan hidupannya.
ABSTRACT
The growing dynamics of life in the globalization era give influence to the advancement of science and technology, so the quality of human resources is a prime priority for improvement. This matter requires to education for achieve the output has a high intellectual. Even in a long time, the ability of IQ is regarded as excellent. Consequently, the potential of others are considered as inferior and to marginalized. This pattern of view, utter of smart human academically but failed in his personality. This can be seen with the emergence of the phenomena that students involved in brawls, theft, free sex, drugs, and so on. Therefore, increasing the spiritual intelligence is one solution that is appropriate to compensate in IQ and EQ students to create a human confidence and can face the challenges of globalization deep to happiness in the world and hereafter. The purpose of this research is to describe the form of Islamic religious values that applied in schools, the process of internalizing the Islamic religious values in the improving spiritual intelligence and influence that is felt by the students of Senior High School of State one Gresik.
This research use of qualitative deskrtiptif research aims to describe the results of research conducted in natural conditions. In the collects of data, researcher as the participant and observer, because the search of data using the method of observation, interview, and documentation. After the data is collected, the researcher conducted an analysis of data with a note, collect and select of data, followed by checking the validity of the data through a variety of techniques, that is the extension of the participation, perseverance researcher, triangulation, detailed description and the auditing phase to describe the overall results of the study in accordance with the theme under study.
The results of a research in Senior High School of State one Gresik is to implement 4S: polite (Sopan), greetings (Sapa), regards (Salam), and smile (Senyum) as well as other values such as religious, honest, tolerance, discipline, hard work, creativity, spirit of nationality, communicative, fond of reading, caring environmental and social, and responsibility. While the process of internalization of the values of the Islamic religion in improving students spiritual intelligence occurs through several stages, that is the provision of knowledge is done when the learning process, understanding stage occurs through mutual interaction between teachers and students, the stage of refraction as appreciation effort to blend in his personality, and the last stage is transinternalization; that showing the figure of his personality. In addition, it takes on a method such as exemplary, experience, habituation, emotional, advice, supervision and punishment. While the influence of perceived student from the internalization process is to have a sense of faith and devotion deepening to Allah swt, have a high awareness in themselves and also have an understanding or a broad view of life in determining the purpose of life.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Supervisor: | Yasin, Ahmad Fatah and Rasmianto, Rasmianto |
Keywords: | Internalisasi; Nilai-Nilai Agama Islam; Kecerdasan Spiritual Internalization; Islamic Religion Values; Spiritual Intelligence |
Departement: | Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Moch. Nanda Indra Lexmana |
Date Deposited: | 01 Jul 2023 05:45 |
Last Modified: | 01 Jul 2023 05:45 |
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/51356 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |