Jannah, Nur (2007) Inovasi pendidikan di Sekolah Dasar: Studi tentang Kepemimpinan Kepala SD Muhammadiyah 4 Malang. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
05920016.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Pendidikan Dasar merupakan salah satu jenjang pendidikan yang paling urgen keberadaannya karena termasuk dalam investasi jangka panjang pengembangan sumber daya manusia yang berkualitas karena itu, harus dipersiapkan dengan sebaik-baiknya. Pentingnya eksistensi pendidikan dasar maka menuntut adanya peningkatan mutu pada sekolah dasar, salah satu upaya peningkatan mutu tersebut dapat dilakukan melalui inovasi pendidikan di Sekolah Dasar. Pelaksanaan inovasi di Sekolah Dasar membutuhkan figur kepala sekolah yang profesional, karena kepemimpinan kepala sekolah merupakan salah satu faktor utama yang dapat menentukan perkembangan lembaga pendidikan. Hal tersebut dikarenakan gaya kepemimpinan kepala sekolah dapat menjadi faktor pendorong bagi semangat kerja guru dalam melaksanakan tugasnya di sekolah.
Penelitian ini dilakukan untuk memahami bagaimana kepemimpinan kepala sekolah dalam melakukan inovasi di SD Muhammadiyah 4 Malang yang barlangsung dalam waktu yang relatif singkat, sehingga terjadi perkembangan yang pesat terhadap sekolah tersebut. Perubahan pesat yang terjadi di SD Muhammadiyah 4 Malang tentunya tak lepas dari figur kepemimpinan kepala sekolah, hal itu dikarenakan keberhasilan sebuah lembaga pendidikan berada di tangan seorang pemimpin. Oleh karena itu dalam penelitian ini memilih judul “Inovasi Pendidikan di Sekolah Dasar (Studi Tentang Kepemimpinan Kepala SD Muhammadiyah 4 Malang)”. Fokus penelitian ini ditekankan pada bagaimana kepemimpinan kepala sekolah dalam melakukan inovasi pendidikan di SD Muhammadiyah 4 Malang, berdasarkan fokus tersebut maka terdapat rumusan masalah sebagai berikut: (1) bagaimana gaya kepemimpinan kepala sekolah dalam proses inovasi pendidikan di SD Muhammadiyah 4 Malang? (2) bagaimana respon bawahan terhadap inovasi yang dilakukan oleh kepala SD Muhammadiyah 4 Malang? (3) apa saja kendala-kendala yang dihadapi kepemimpinan kepala sekolah dalam inovasi di SD Muhammadiyah 4 Malang? dan bagaimana penyelesaiannya?
Berdasarkan dari fokus penelitian di atas, maka tujuan dari penelitian ini adalah: (1) untuk mendeskripsikan dan memahami gaya kepemimpinan kepala sekolah dalam proses inovasi pendidikan di SD Muhammadiyah 4 Malang; (2) untuk mendeskripsikan dan memahami respon bawahan terhadap inovasi yang dilakukan oleh kepala sekolah di SD Muhammadiyah 4 Malang; dan (3) untuk mendeskripsikan dan memahami kendala-kendala yang dihadapi kepala sekolah dalam inovasi di SD Muhammadiyah 4 Malang sekaligus penyelesaiannya.
Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi kasus. Sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling kemudian berlanjut snowball sampling. Sementara teknik pemeriksaan keabsahan datanya dilakukan melalui ketekunan pengamatan dan triangulasi. Untuk menganalisis data peneliti menggunakan cara (1) reduksi data; (2) penyajian data; dan (3) penarikan kesimpulan, untuk lebih jelasnya proses itu digambarkan dalam bentuk diagram Miles dan Huberman di bawah ini:
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) dengan gaya kepemimpinan transformasional inovatif kepala sekolah dapat melakukan inovasi pendidikan di SD Muhammadiyah 4 Malang melalui fungsi manajemen dan pendekatan Manajemen Berbasis Sekolah (MBS); (2) adanya komitmen bawahan atas dasar motivasi spiritual; dan (3) kendala pelibatan masyarakat dapat diselesaikan melalui pendekatan komunikasi persuasif dan kendala dana dapat diatasi dengan mengedepankan nilai-nilai efisiensi, efektivitas dan optimalisasi sumberdaya. Sehingga dalam penelitian ini dapat dihasilkan sebuah tesis yaitu “Gaya kepemimpinan transformasional-inovatif kepala sekolah dan motivasi spiritual bawahan m erupak an determinan keberhasilan inovasi pendidikan di Sekolah Dasar”
ABSTRACT
Education of elementary is one of education ladder which the most urgent because included in long term investment development of human resource which quality, because of that, it must be prepared as well. The important of existence elementary education hence claiming the existence of quality at elementary school, one of effort to make-up the quality can be done through the innovation of education in elementary school. The innovating process in elementary school require professional principal figure, because his leadership is represent one of the primary factor that able to determine the developing of education institute. That is caused of the leadership style of principal become impeller factor to the teacher working spirit in doing their duty in school.
This research is used to comprehend how leadership of principal in doing innovating at Elementary School of Muhammadiyah 4 Malang that is happening on relative short time, so it was happened fast growth the school of it. The fast changing that happened in Elementary School of Muhammadiyah 4 Malang of course not far from the figure of principal leadership. The success of education institute reside in hand a leader. Therefore in this research chosen title “The Innovation of Education in Elementary School (A Study About Leadership of Principal at Elementary School of Muhammadiyah 4 Malang). The focus of this research is emphasized at how the leadership of principal innovates education in Elementary School of Muhammadiyah 4 Malang. Based on it, there are formulas problems as follow: (1) How the principal leadership in innovating education process at Elementary School of Muhammadiyah 4 Malang? (2) How the subordinate response to the innovating that done by the leader of Elementary School of Muhammadiyah 4 Malang? (3) What kinds the hindrance that faced the leadership of principal in doing innovation at Elementary School of Muhammadiyah 4 Malang? and how the finishing?.
Based on the focus research above, so the purpose of this research are: (1) To describe and comprehend the leadership style of principal in education innovating process at Elementary School of Muhammadiyah Malang; (2) To describe comprehend subordinate response to innovation that done by principal at Elementary School of Muhammadiyah 4 Malang; and (3) To describe and comprehend the hindered that paced by the principal in doing innovation at Elementary School of Muhammadiyah 4 Malang and how the finishing?
This research is done by qualitative approach toward case study. The informants is taken by purposive sampling and combined by snowball sampling. Whereas the audit technique authenticity of data is done by assiduity perception and triangulation. To analyze the data, the researcher using the way of (1) Reduction of the data, (2) Presentation of the data and (3) Drawing conclusion, for more clear the process is depicted in the form of diagram Miles and Huberman bellow :
The result of this research shows that: (1) By the innovation transformation style of leadership, principal can innovate education at Elementary School of Muhammadiyah 4 Malang through management function and School Based Management approach (SBM). (2) The subordinate commitment based on spiritual motivation and (3) Society entangling hindrance can be finished through persuasive communication approach and the hindrance of fund can overcame to place forward values of efficiency, effectiveness and optimally of resources. So in this research can be result a thesis, that “the transformational innovative style of principal leadership and spiritual motivation of subordinate is more determinant efficacy of innovation of the education in elementary school”.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Supervisor: | Mujab, Muhammad |
Keywords: | Inovasi Pendidikan; Sekolah Dasar; Kepemimpinan; Inovation of Education; Elementary School; Leadership |
Departement: | Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Koko Prasetyo |
Date Deposited: | 27 Jun 2023 10:46 |
Last Modified: | 27 Jun 2023 10:46 |
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/51334 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |