Hadi, Samsul (2012) Strategi Pengendalian Mutu Pendidikan Agama Islam di SMP Ar-Rohmah Boarding School Dau Kabupaten Malang. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
![]() |
Text (Fulltext)
10710062.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (5MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Persoalan yang muncul adalah bagaimana relevansi program sekolah dengan kebijakan pendidikan, tantangan masa datang, dan kondisi lingkungan masyarakat, bagaimana ketersediaan dan kesiapan input-input pendidikan yang mendukung keterlaksanaan program sekolah, bagaimana iklim keterbukaan manajemen sekolah tentang program pembelajaran, dana, bagaimana iklim kerjasama antara sesama komunitas sekolah dan antara komunitas sekolah dengan masyarakat, bagaimana membangun kemandirian sekolah, bagaimana ketercapaian sasaran yang telah diprogram sekolah, bagaimana dampak program terhadap sekolah dan apa saja yang menjadi kendala dalam pengimplementasiannya. Permasalahan tersebut diharapkan akan mampu membantu dalam proses pengembangan dan peningkatan kualitas manajemen di SMP Ar-Rohmah “Boarding School” Dau Kabupaten Malang, sehingga secara umum mampu meningkatkan kualitas pendidikan.
Atas dasar itu penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis bagaimana strategi pengendalian mutu pendidikan agama Islam di SMP Ar-Rohmah “Boarding School” Dau Kabupaten Malang,Menjelaskan sistem pengukuran mutu pendidikan Agama Islam di SMP Ar-Rohmah “Boarding School” Dau Kabupaten Malang, serta perbaikan mutu pendidikan agama Islam di SMP Ar-Rohmah “Boarding School” Dau Kabupaten Malang, Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi pemikiran dan referensi untuk pengembangan dan peningkatan kualitas pendidikan agama Islam.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi kasus. Tehnik pengumpulan data dengan menggunakan wawancara atau interview, observasi, dan dokumentasi. Data yang terkumpul tersebut di analisis dengan menggunakan reduksi data, penyajian data dan verifikasi. data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan temuan dilakukan dengan kredibilitas, transferabilitas, dependabilitas dan konfirmabilitas, dengan menggunakan berbagai sumber, teori dan metode untuk memperoleh data yang obyektif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) strategi pengendalian mutu pendidikan agama Islam di SMP Ar-Rohmah “Boardin School” Dau Kabupaten Malang, memiliki aspek penting yang diperhatikan dalam kegiatan pendidikannya yaitu kondisi alamiah total sumber daya yang tersedia dan prioritas untuk melaksanakan program kegiatan pendidikan agama Islam, berbagai pendekatan dilaksanakan untuk membentuk konsep lingkungan sekolah berwawasan iman dan taqwa serta berakhlak mulia mencakup etika, budi pekerti, dan moral, 2) sistem pengukuran mutu pendidikan agama Islam di SMP Ar-Rohmah “Boardin School” Dau Kabupaten Malang dapat dilihat pada proses pengendalian kelas yang dikembangkan untuk meningkatkan mutu pendidikan. Selain itu juga dalam proses meningkatkan iman dan taqwa yang dilakukan oleh seluruh Bapak-Ibu guru pada siswa yaitu melalui pembiasaan, keteladanan, refleksi diri, serta perbaikan mutu pendidikan agama Islam telah dilaksanakan untuk peningkatan potensi spiritual dan membentuk peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa sesuai dengan visi SMP Ar-Rohmah “Boardin School” Dau Kabupaten Malang yaitu Mewujudkan LPI Ar-Rohmah sebagai lembaga pendidikan Islam yang unggul dan kompetitif, sehingga melahirkan generasi yang siap memikul amanah Allah sebagai hamba dan khalifahNya.
Pengembangan potensi dan kepribadian siswa banyak diimplementasikan dalam bentuk kegiatan ekstrakurikuler. Dengan menempatkan nilai-nilai agama dan budaya luhur bangsa sebagai spirit atau kekuatan dalam proses pengelolaan dan kegiatan pendidikan, dengan mengintegrasikan wawasan keagamaan pada kurikulum pendidikan di SMP Ar-Rohmah “Boardin School” Dau Kabupaten Malang.
ABSTRACT
The problem that arises is the relevance of school programs with education policy, future challenges, and the condition of the community, how the availability and readiness of educational inputs that support the implementation of the school program, how the climate of the school management openness about learning programs, funding, how the climate of cooperation between fellow of the school community and between the community and the school with the community, how to build self-reliance school, how achievement of targets that have been programmed school, how the impact of the program on the school and what are the obstacles in its implementation. The problems are expected to be able to assist in the process of development and improvement of quality management in the junior high school Ar-Rohmah “Boarding School” Regency Dau Malang, so in general can improve the quality of education.
On that basis, this study aims to describe and analyze how the quality control strategy of Islamic religious education in junior high school Ar-Rohmah “Boarding School” Regency Dau Malang, explaining quality measurement system of Islamic education in junior high school Ar-Rohmah “Boarding School” Regency Dau Malang, and improving the quality of Islamic education in junior high school Ar-Rohmah “Boarding School” Regency Dau Malang, results of this study are expected to contribute ideas and reference for the development and improvement of the quality of Islamic education.
This study used a qualitative approach with case study design. Techniques of data collection using interviews, observation, and documentation. The collected data is analyzed using data reduction, data presentation and verification. data, and drawing conclusions. Checking the validity of the findings made by the credibility, transferability, dependability and confirmability, using a variety of sources, theories and methods to obtain objective data.
The results showed that: 1) the quality control strategy of Islamic religious education in junior high school Ar-Rohmah “Boarding School” Regency Dau Malang, having an important aspect to consider in the educational activities of the natural conditions of total available resources and priorities to implement the program of religious education Islam, the various approaches undertaken to establish the concept of faith and piety-minded schools and covers ethics morals, manners, and morals, 2) quality measurement system of Islamic religious education in junior high school Ar-Rohmah “Boarding School” Regency Dau Malang can be seen in the control classes was developed to improve the quality of education. It is also in the process of increasing the faith and piety by the whole Father-Mother of teachers to students is through habituation, pattern, reflection, and improvement of the quality of Islamic education have been implemented to increase spiritual potency and forming students to become people of faith and devoted to the vision junior high school Ar-Rohmah “Boarding School” Regency Dau Malang is Brought LPI Ar-Rohmah as Islamic educational institutions are superior and competitive, thus giving birth to a generation ready to assume the mandate of God as a servant and his successor.
Potential and personality development of students widely implemented in the form of extracurricular activities. By placing the religious values and culture of the nation as a noble spirit or force in the process of management and education activities, by integrating insights religious education curriculum in junior high school Ar-Rohmah “Boarding School” Regency Dau Malang.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Supervisor: | Suti'ah, Suti'ah and Prabowo, Sugeng Listyo |
Keywords: | Strategi Pengendalian Mutu; Pendidikan Agama Islam Quality Control Strategies; Islamic Education |
Departement: | Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Moch. Nanda Indra Lexmana |
Date Deposited: | 01 Jul 2023 05:45 |
Last Modified: | 01 Jul 2023 05:45 |
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/51325 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
![]() |
View Item |