Integrasi proses pembelajaran tradisional dan modern dalam PAI di SMK el-Hayat Malang

Chilmi, Nauva (2015) Integrasi proses pembelajaran tradisional dan modern dalam PAI di SMK el-Hayat Malang. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Islam Maulana Malik Ibrahim.

[img] Text (Fulltext)
11110137.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB)

Abstract

INDONESIA:

Pembelajaran tradisional sangat khas dengan proses pembelajaran menghafal dan guru sebagai pusat pembelajaran, yang mana diharapkan siswa mampu menguasai semua materi pelajaran. Begitu pula dengan pembelajaran modern yang dikenal banyak inovasi-inovasi baru dalam pembelajaran, sehingga menjadikan pembelajaran yang menyenangkan dan tidak membosankan. Dengan adanya kedua proses pembelajaran ini maka akan lebih baik jika dipadukan keduanya diharapkan akan menjadikan pembelajaran yang lebih baik. Pada saat ini pengintegrasian pembelajaran sudah tidak asing lagi kita dengar, pembelajaran yang terintegrasi yaitu adanya penggabungan antara dua hal yang berbeda di dalam proses pembelajaran. Baik penggabungan materi, metode, ilmu, dan lain sebagainya. Diharapkan dengan adanya pembelajaran yang terintegrasi dapat meningkatkan kualitas murid serta out put yang bermanfaat bagi masyarakat. Berdasarkan permasalahan di atas, maka penulis melakukan penelitian di SMK el-Hayat Malang dengan rumusan masalahnya (1) Bagaimana bentuk integrasi antara pembelajaran tradisional dan modern dalam PAI dari segi metode di SMK el-Hayat Malang? (2) Bagaimana terjadinya integrasi antara pembelajaran tradisional dan modern dalam PAI dari segi metode di SMK el-Hayat Malang?. Adapun tujuan dari pembahasan di atas adalah (1) Untuk mengetahui bentuk integrasi antara pembelajaran tradisional dan modern dalam PAI dari segi metode di SMK el-Hayat Malang (2) Untuk mengetahui terjadinya integrasi antara pembelajaran tradisional dan modern dalam PAI dari segi metode di SMK el-Hayat Malang.

Metode yang dipakai adalah deskriptif kualitatis, sedangkan yang menjadi sumber data adalah Kepala Sekolah, Guru BBQ, Guru PAI, dan Waka Kurikulum. Dalam mengumpulkan data yang dibutuhkan penulis menggunakan metode observasi, interview, dan dokumentasi. Sedangkan data mentah yang diperoleh, dianalisis kemudian dilakukan pengecekan keabsahan data. Penulis melakukan pengcekan dengan membandingkan data yang diperoleh dari informan yang berbeda, juga dengan penelitian berbeda. Dari perbandingan tersebut akan didapatkan data yang valid. Adapun hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah pengintegrasian antara metode tradisional dan modern dalam pembelajaran merupakan hal penting pada saat ini. Karena semakin majunya zaman dan mengikuti kebutuhan pendidikan pada saat ini. Upaya pengintegrasian ini diharapkan pendidikan di sekolah bisa menjadi lebih baik terutama dalam pelajaran BBQ. Karena sekolah mengharapkan out put SMK selain mempunyai skill juga memiliki kemampuan agama yang bagus. Dengan itu bentuk pengintegrasian metode di sini yaitu dengan adanya metode jibril dengan harapan murid tetap mempelajari materi agama dengan menyenangkan tanpa rasa bosan menghampirinya.

ENGLISH:

Traditional learning which is very exclusive by memorization of the learning process and the teacher as a point of learning, students which are expected to expert all learning materials. Likewise, the modern learning that is known many new innovations in learning, furthermore, capable to have fun learning and not boring. By both the learning process, it would be better if combined both expected to make learning better. At this time the integration of learning is familiar to hear, integrated learning that the merger between two different things in the learning process. Good combination of materials, methods, knowledge, and so forth. The first goal of an integrated learning can improve the quality of students and put out for the benefit of the society. Based on the above problems, the authors conducted research in SMK el-Hayat Malang with the formulation of problem (1) What kind of integration between traditional and modern learning in PAI in terms of methods in SMK el-Hayat Malang? (2) How is the integration between traditional and modern learning PAI in terms of methods in SMK el-Hayat Malang?. For the goal of the discussion in above is (1) To know the form of integration between traditional and modern learning PAI in terms of methods in SMK el-Hayat Malang (2) To know the occurrence of integration between traditional and modern learning PAI in terms of methods at SMK el -Hayat Malang.

The method which is used is descriptive qualitative, whereas the source which became of data are the principal, BBQ Teacher, PAI teacher, and deputy chief of curriculum. In submitting, the data which is needed to writer uses the method of observation, interviewing, and documentation. Whereas the raw data taken, having analysed and then conducted to check the validity of the data. The author conducted to check it by comparing data which is obtained from different informants, also with different studies. From this comparison, it will get valid data. As for as the results which is obtained from this research, the integration between traditional and modern methods of learning are the important thing at this time. Because the rapid advancement of the times and the following of educational needs at the moment. This integration effort is expected for the education in school could be better, especially in the BBQ lesson. It because the schools expect the graduation in SMK has skill and also has an education about religion. Furthermore, the form of integration methods here that the present of Methode jibril hopefully the student would keep learning the religion subject with happily without feeling boring.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Asrori, Muhammad
Keywords: Integrasi; Pembelajaran Tradisional; Pembelajaran Modern; integration; traditional learning; modern learning
Departement: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Heni Kurnia Ningsih
Date Deposited: 06 Dec 2016 10:15
Last Modified: 06 Dec 2016 10:15
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/5132

Actions (login required)

View Item View Item