Badruddin, M. Fuad (2007) Problematika manajemen pendidikan: Studi kasus di Min Karanganyar Paiton Probolinggo. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
![]() |
Text (Fulltext)
04920003.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (782kB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Lembaga pendidikan khususnya lembaga pendidikan Islam dalam hal ini madrasah banyak mengalami keterlambatan dalam proses pengembangannya. Problem yang dihadapi sangat kompleks, mulai dari sarana dan prasarana yang bersifat fisik hingga non fisik. Hal tersebut sebagaimana yang terjadi di MIN Karanganyar Paiton Probolinggo.
Adapun tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi, menganalisis dan mendeskripsikan penyebab utama kemunduran MIN Karanganyar Paiton Probolinggo, problem yang dihadapi dan upaya yang dilakukan untuk mengatasi problemnya. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan
kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Pengumpulan datanya melalui wawancara, observasi peran serta, dan dokumentasi. Interpretasi data menggunakan perspektif fenomenologis. Sedangkan untuk mendapatkan kevalitan data digunakan teknik observasi terus menerus,memanfaatkan data yang dianalisis, mencari kasus yang bertentangan, melibatkan informan untuk merevieu data (member check), mendiskusikan data dengan pihak tertentu, memeriksakan kembali dengan catatan lapangan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebab kemunduran MIN Karanganyar Paiton Probolinggo adalah karena kebijakan kepala sekolah yang betentangan dengan keadaan yang ada baikpa mempertimbangkan faktor internal dan eksternalnya, letak MIN tersebut jauh dari tempat tinggal masyarakat, serta banyaknya lembaga pendidikan yang ada di Desa Karanganyar Paiton Probolinggo.
Problem yang dihadapi MIN Karanganyar Paiton Probolinggo adalah problematika kurikulum, sumberdaya manusia, dana, sarana dan prasarana, dan hubungan masyarakat dengan sekolah (HUMAS). Dari problem tersebut yang paling utama penyebab kemunduran MIN adalah lemahnya kompetensi sumber daya manusia dalam hal ini kepala sekolah sebagai penggerak dan penentu arah kebijakan lembaga pendidikan tersebut.
Adapun upaya yang dilakukan dalam mengatasi problem tersebut adalah memaksimalkan sunber daya menusia dengan mengadakan bimbingan dan pelatihan dalam semua aspek, merumuskan rancangan pengembangan madrasah, fokus pada perbaikan mutu pendidikan dan pelayanan, menjalin kerja sama dengan pihak swasta yang mempunyai komitmen tinggi terhadap pendidikan. Dari hasil diskusi penelitian diperoleh hasil bahwa sumber daya menusia mempunyai peranan sangat vital suatu organisasi terlebih pada dunia pendidikan, maju dan berkembangnya suatu organisasi sangat tergantung pada faktor sumber daya menusianya. Dari hasil tersebut dapat diajukan bahwa tesis dari hasil penelitian ini adalah: pertama, seorang pemimpin organisasi manapun tidak dapat menentukan aturan-aturan atau kebijakannya tanpa memperhatikan situasi dan kondisi internal dan eksternalnya. Kedua, semua (pemimpin) organisasi akan menghadapi persaingan dengan organisasi lainnya baik yang sejenis maupun yang tidak, pada masa yang akan datang persaingan semakin kompetitif yang akan diakui keberadaannya. Organisaasi yang lemah pengembangannya, meskipun mempunyai sejarah yang panjang maka cepat atau lambat ia akan tersingkir dari persaingan global lembaga pendidikan.
ABSTRACT
Educational institution especially Islamic educational institution, madrasah in this case, has much indolence in its development process. The problems are very complex, they come from physical to unphysical instruments, and this problem is similarly happened to MIN Karanganyar Paiton Probolinggo.
In line with the problems above, the objectives of this study are to identify, analyze and describe the main problems of the cause of the decline of MIN Karanganyar Paiton Probolinggo, therefore the cause of the decline of MIN Karanganyar Paiton, the problems that faced by MIN Karanganyar Paiton, and the efforts of MIN Karanganyar Paiton to solve their problems could be known.
To answer the research problems stated above, the qualitative approach is used as design of this study, it is case study. The data of this study were taken from the interview, observation and documentation about MIN Karanganyar Paiton Probolinggo. The descriptive-phenomenology is used to interpret the data. However, to have a valid data the researcher was using continual observation, advantaging the data being analyzed, finding the contrary problem, joining the informant to review the data (member check), discussing the data with a certain people, and recheck the data with the data in the field (empirical data).
The result of the research shows that the causes of decline of MIN Karanganyar Paiton Probolinggo are as follows: the first, the contradiction of the headmasters’ policy without considering the internal and external factors. The second, the location of MIN Karanganyar Paiton Probolinggo is far from the settlement. He third, there are numerous educational institution in Karanganyar village Paiton.
The problems that faced by MIN Karanganyar Paiton are curriculum problems, human resources, fund, materials and instruments, and social relationship with school. From the all problems above, one of the major problems that caused a decline of MIN Karanganyar is the powerless of human resources’ competence, in this case, the headmaster as the movement activator of its educational institution.
To solve these problems there are many efforts that can be done, they are maximilize the human resources by having such guiding and training program in all aspects, planning and designing the development of madrasah, giving the major focus on the improvement of service and educational quality, having a good commitment on education.
From the research discussion, the researcher has a result that the human
resources has an important roles in a certain organization, moreover in education, the development of a certain organization is depend on the factor of its human resources.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Supervisor: | Muhaimin, Muhaimin |
Keywords: | prolematika; manajemen; pendidikan; problems; management; education |
Departement: | Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Koko Prasetyo |
Date Deposited: | 27 Jun 2023 10:46 |
Last Modified: | 27 Jun 2023 10:46 |
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/51307 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
![]() |
View Item |