Yohamintin, Yohamintin (2014) Manajemen Pengembangan Kompetensi Profesional Guru: Studi Multi Kasus di MTs Negeri Batu dan SMP Plus Al Kautsar Malang. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
12710040.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Guru berperan sebagai motor penggerak (change agent), dan menduduki posisi utama sebagai upaya meningkatkan kualitas sebagai madrasah unggulan, teladan dan berprestasi. Kompetensi guru sangat mempengaruhi hasil dari pembelajaran, sehingga pengembangan kompetensi guru harus selalu dikembangkan, dalam hal ini kompetensi profesional guru. MTs Negeri Batu dan SMP Plus Al Kautsar Malang merupakan lembaga pendidikan yang memiliki orientasi pendidikan masa depan. Lembaga tersebut merupakan lembaga unggulan dengan peserta didiknya yang sarat prestasi baik dalam segi akademik maupun nonakademik. Pendidiknya merupakan pendidik yang terpilih secara ketat baik itu oleh Kemenag maupun seleksi ketat oleh pihak sekolah.
Penelitian bertujuan untuk mengungkapkan standar kompetensi profesional yang diinginkan kepala MTs Negeri Batu dan SMP Plus Al Kautsar Malang, serta upaya kepala sekolah dalam memanaj pengembangan kompetensi profesional, dan respon guru terhadap kebijakan-kebijakan yang diambil kepala MTs Negeri Batu dan SMP Plus Al Kautsar Malang dalam pengembangan kompetensi profesional guru.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif analisis dengan rancangan studi multikasus. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, pengecekan keabsahan temuan dilakukan dengan cara perpanjangan keikutsertaan peneliti; teknik triangulasi dengan menggunakan berbagai sumber, teori, dan metode; dan ketekunan pengamatan. Informan penelitian yaitu kepala lembaga pendidikan, waka, dan pendidik.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) MTs Negeri Batu dan SMP Plus Al Kautsar Malang mengharapkan standart kompetensi profesional yakni: a) menguasai materi, struktur, konsep,dan pola pikir keilmuan b) menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar; c) mampu mengembangkan materi pembelajaran secara kreatif; d) mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjutan dengan melakukan tindakan reflektif; serta memanfaatkan TIK; 2) Adapun upaya-upaya yang dilakukan MTs Negeri Batu maupun SMP Plus Al Kautsar dalam memanaje pengembangan kompetensi profesional guru, yaitu: a) melakukan rekrutmen dengan comprehensive selection; b) mengadakan dan mengikutsertakan guru dalam pendidikan dan pelatihan, c) melakukan supervisi pendidikan, d) menugasbelajarkan guru, e) meningkatkan motivasi kerja guru dengan menanamkan komitmen dan memberikan penghargaan (reward) yang layak; 3) Kebijakan-kebijakan yang diambil Kepala MTs Negeri Batu dan SMP Plus Al Kautsar Malang menimbulkan respon positif dari guru-guru, dimana guru merasakan adanya kesamaan kesempatan yang diberikan kepala madrasah dalam mengembangkan kompetensi profesional masing-masing guru.
ABSTRACT
The teacher acts as a driving force (change agent), and occupying a prime position in an effort to improve the quality as the superior madrasah, exemplary and outstanding. Teacher competence influences the outcome of learning, so that the development of teacher competence should always be developed, in this case the professional competence of teachers. MTs Negeri Batu dan SMP Plus Al Kautsar Malang is an educational institution that has a future education orientation. The Institute is a leading institute laden with learners both in terms of academic achievement and nonacademic. The Educators is strictly selected either by Ministry of Religious Affairs and strict selection by the school.
The study aims to reveal the desired standards of professional competence principal of MTs Negeri Batu dan SMP Plus Al Kautsar Malang, as well as efforts in management development of professional competence, and teacher responses to the policies taken by the principal of MTs Negeri Batu dan SMP Plus Al Kautsar Malang to development the teachers professional competence.
This study used a qualitative approach with descriptive methods of analysis with multicase study design. The data collection was done by using in-depth interviews, participant observation, and documentation. Data analysis techniques include data reduction, data display, and conclusion, checking the validity of the findings made by way of extension of the participation of researchers; triangulation techniques using a variety of sources, theories, and methods; observation and perseverance. The informant is the principals, vice principals, and educators.
The results of this study indicate that: 1) MTs Negeri Batu dan SMP Plus Al Kautsar Malang expected standards of professional competence: a) capable on material,structure, concepts, and scientific mindset b) capable standard controls and basic competencies; c) inovative; d) develop professionalism in a sustainable manner by taking action reflective; as well as the use of ICT; 2) The efforts undertaken MTs Negeri Batu dan SMP Plus Al Kautsar to manage the development of professional competence of teachers is: a) comprehensive recruitment by selection; b)education and training, c) educational supervision, d) learning task, e) increase the motivation of teachers to instill commitment and reward; 3) The policies taken MTs Negeri Batu dan SMP Plus Al Kautsar cause a positive response from teachers, where teachers feel the equal opportunities given principal in developing the professional competence of individual teachers.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Supervisor: | Muhaimin, Muhaimin and Aziz, Rahmat |
Keywords: | Manajemen Pengembangan; Kompetensi Profesional; Respon Kebijakan; Pendidik Management Development; Professional Competence; Policy Responses; Educators |
Departement: | Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Moch. Nanda Indra Lexmana |
Date Deposited: | 01 Jul 2023 05:45 |
Last Modified: | 01 Jul 2023 05:45 |
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/51305 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |