Zarkasyi, Ahmad (2014) Pengaruh Lingkungan Kerja dan Kompetensi Sosial terhadap Kinerja Kepala Sekolah Tingkat Menengah Atas Se-Kota Lumajang. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
12710030.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Kualitas pendidikan dalam organisasi sekolah sangat ditentukan oleh ketrampilan kepala sekolah dalam mengelola sumber daya pendidikan yang tersedia. Eksistensi kinerja kepala sekolah dapat dilihat dari kemampuannya menjalankan tugas pokok dan fungsi (tupoksi). Hasil kerja kepala sekolah dalam menjalankan tugasnya akan optimal jika didukung oleh lingkungan kerja serta kompetensi sosial yang dimiliki dalam berinteraksi dengan guru-guru dan lingkungan sekitar. Fokus penelitian dan rumusan masalah dalam penelitian ini adalah untuk membuktikan hipotesis ; (1) Apakah ada pengaruh lingkungan kerja terhadap kinerja kepala sekolah tingkat menengah atas. (2) Apakah ada pengaruh kompetensi sosial terhadap kinerja kepala sekolah. (3) Apakah ada pengaruh lingkungan kerja dan kompetensi sosial secara simultan terhadap kinerja kepala sekolah tingkat menengah atas Se-Kota Lumajang.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan berjenis korelasional. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket dengan skala likert. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah 115 yang kesemuan ya adalah guru. Sampel penelitian diambil dengan teknik proportional random sampling dengan jumlah responden 64. Pengujian hipotesis menggunakan teknik uji regresi secara parsial (uji-t) dan uji simultan (uji-F).
Dari hasil analisis data uji-T membuktikan bahwa (1) Ada pengaruh lingkungan kerja terhadap kinerja kepala sekolah di tingkat menengah atas se-Kota Lumajang yang dijelaskan dengan hasil nilai signifikansi sebesar 0,045, (2) Ada pengaruh kompetensi sosial terhadap kinerja kepala sekolah di tingkat menengah atas se-Kota Lumajang yang dijelaskan dengan hasil nilai signifikansi sebesar 0,035, (3) Ada pengaruh secara simultan lingkungan kerja dan kompetensi sosial terhadap kinerja kepala sekolah di tingkat menengah atas se-Kota Lumajang yang dijelaskan dengan hasil uji F yang mempunyai besaran nilai signifikansi 0,005.
Dengan demikian dapat disimpulkan, jika lingkungan kerja dan kompetensi sosial baik maka akan mempengaruhi kualitas kinerja kepala sekolah tingkat menengah atas se-Kota Lumajang. Sehingga menjadi keharusan bagi seluruh komponen sekolah untuk memperhatikan kondisi lingkungan kerja dan kompetensi sosial, karena kedua faktor tersebut akan mempengaruhi kualitas kinerja kepala sekolah.
ABSTRACT
The quality of knowledge in the school very include by head of school to manage the power of educator in the school. the existence and role of the principal actually be seen from the skills and abilities as well as how the ability to interact with teachers and interact with their environment . A principal who has a good social relationship with the environment, then it can work with community leaders to implement various programs his school. Therefore, in addition to standards of professional competence, managerial competence that must be owned by a head of school, social competence play a significant role in shaping the performance characteristics of a school principal. Similarly, the work environment of the school. This study aimed to clarify the effect of the work environment and social competence on the performance level of Secondary School Principals at Lumajang city
The design used in this research is to use a quantitative approach and correlational manifold. Collecting data in this study using a questionnaire. Analize by using correlation product moment and simultan test.
The results of data analysis proves that (1) There is the influence of the work environment on the performance of school principals at the secondary level as Lumajang described with the results of the significant value that has magnitude
0.0045, (2) There is an effect on the performance of social competence principals at the secondary level se-Lumajang described the results significance values that have a magnitude of 0.035, (3) There is a simultaneous influence of the work environment and social competence, the performance of principals at the secondary level as Lumajang described by F test results that have a magnit ude significance value of 0.005.
The working environment and social competence have a big influence on the performance level of Secondary School Principal. so it has become imperative for educational personnel to always keep the working conditions and increase social competence without principals are other factors that are also related to the performance of the principal.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Supervisor: | Mulyadi, Mulyadi and Suti’ah, Suti’ah |
Keywords: | Lingkungan Kerja; Kompetensi Sosial; Kinerja Kepala Sekolah Work Environment; Social Competence; Performance Principal |
Departement: | Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Moch. Nanda Indra Lexmana |
Date Deposited: | 01 Jul 2023 05:45 |
Last Modified: | 01 Jul 2023 05:45 |
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/51302 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |