Oktavia, Belgies (2015) Implementasi metode pembelajaran Al-Qur’an dalam meningkatkan kemampuan baca tulis Al-Qur’an di Madrasah Diniyah Sang Surya dan TPQ Al-Mubarok Kota Malang. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Islam Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
11110129.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Kita sebagai umat Islam dituntut untuk selalu membaca dan mempelajari Al-Qur’an sesuai dengan SK yang telah dikeluarkan oleh mentri Agama RI yang mengharuskan setiap orang Islam untuk selalu meningkatkan kemampuan baca tulis Al-Qur’annya. Untuk mencapai tujuan tersebut, maka pada saat ini banyak lembaga-lembaga pengkaji Al-Qur’an mencetuskan atau membuat metode pembelajaran Al-Qur’an yang bermacam-macam. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka rumusan masalah penelitian ini yaitu (1) Bagaimana implementasi metode Ummi dan metode Tartiila dalam meningkatkan kemampuan baca tulis Al-Qur’an, (2) Apa sajakah kelebihan dan kekurangan dari metode Ummi dan metode Tartiila dalam meningkatkan kemampuan baca tulis Al-Qur’an, (3) Apa saja faktor pendukung dan penghambat pada penggunaan metode Ummi dan metode Tartiila dalam meningkatkan kemampuan baca tulis Al-Qur’an. Sedangkan tujuan penelitian ini yaitu (1) Mendeskripsikan dan menganalisis implementasi metode Ummi dan metode Tartiila dalam meningkatkan kemampuan baca tulis Al-Qur’an, (2) Mendeskripsikan dan menganalisis kelebihan dan kekurangan dari metode Ummi dan metode Tartiila dalam meningkatkan kemampuan baca tulis Al-Qur’an, (3) Mendeskripsikan dan menganalisis faktor pendukung dan penghambat pada penggunaan metode Ummi dan metode Tartiila dalam meningkatkan kemampuan baca tulis Al-Qur’an.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Pengumpulan data yang dilakukan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis data deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) Implementasi metode Ummi di Madrasah Diniyah Sang Surya menggunakan pendekatan Student Center, sedangkan implementasi metode Tartiila di TPQ Al-Mubarok menggunakan pendekatan Teacher Center (2) Metode Ummi memiliki kelebihan pada strategi dan manajemen, sedangkan metode Tartiila memiliki kelebihan pada materi, strategi, dan manajemen. (3) faktor pendukung dan penghambat yang terjadi pada penerapan kedua metode berasal dari dalam (intern) dan juga dari luar (ekstern).
ENGLISH:
As Muslim, we required to read and study the Qur’an in accordance with decree that has issued by ministry of religion. The decree said that every Muslims need to improve their Qur’an literacy. To achieve that goal, so many Qur’anic studies Institution creates various methods. Based on the background, the questions of this research are: 1) how is the implementation of Ummi method and Tartiila method in improving Qur’an Literacy competence, 2) what are the advantages and disadvantages from those methods, 3) what are supporting and barrier factors in implementation of those methods. According to those questions, this research aims to, 1) describe and analyze the implementation of Ummi method and Tartiila method in improving Qur’an literacy, 2) describe and analyze the advantages and disadvantages of those methods, 3) describe and analyze the supporting and barrier factors in implementation of those methods.
This research is a qualitative approach with qualitative descriptive type. The collection of data use observation, interview, and documentation. The data analysis used is a qualitative descriptive data analysis. The results show, 1) the implementation of Ummi method in Madrasah Diniyah Sang Surya use a student centre approach, whereas the implementation of Tartiila method in TPQ Al-Mubarok use teacher centre approach, 2) Ummi method has a good strategy and management, so that it is described as its advantage, while the advantage of Tartiila method is in its material, strategy, and management, 3) the supporting and barrier factors from those methods came from inside and from outside.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Nur, Muhamad Amin | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Metode Ummi; Metode Tartiila; Kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an; Ummi Method; Tartiila Method; Qur’anic learning method | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Heni Kurnia Ningsih | ||||||
Date Deposited: | 06 Dec 2016 17:15 | ||||||
Last Modified: | 06 Dec 2016 17:15 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/5130 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |