Hidayatussaliki, Hidayatussaliki (2014) Strategi Pengembangan Tenaga Pendidik dalam rangka peningkatan Kompetensi Profesional: Studi kasus di SMP Islam Bani Hasyim Singosari Malang. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
12710020.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Guru sebagai tenaga pendidik bukan satu-satunya faktor penentu keberhasilan pendidikan, tetapi pengajaran merupakan titik sentral pendidikan dan kualifikasi sebagai cermin kualitas tenaga pengajar yang memberikan andil sangat besar pada kualitas pendidikan yang menjadi tanggung jawabnya. Dari keseluruhan komponen pendidikan yang ada, tenaga pendidiklah merupakan komponen utama. Perbaikan proses pendidikan agar lebih bermutu, yaitu diawali dengan perbaikan tenaga pendidikan karena ini merupakan hal yang sangat mendasar. Betapun baiknya visi, misi, kurikulum yang telah di susun oleh para ahli, ketersediaan peralatan dan biaya yang cukup untuk kebutuhan pendidikan, namun pada akhirnya keberhasilan tergantung pada kinerja dan cara mengimplementasikan dalam proses dan situasi pendidikan.
Adapun tujuan penelitian ini adalah: Untuk memahami dan mendeskripsikan bagaimana strategi pengembangan tenaga pendidik dalam rangka peningkatan kompetensi professional. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis studi kasus dan rancangan studi kasus tunggal. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah 1) Wawancara mendalam (in-dept interview); 2) Observasi (Pengamatan); dan 3) Analisis Dokumen. Untuk pengecekan keabsahan data menggunakan uji credibility (validitas internal), transferability (validitas eksternal), dependability (reliabilitas) dan confirmability (obyektivitas). Setelah itu data dianalisa dengan melakukan reduksi data (data reduction), pengkajian data (display data), dan kesimpulan data (conclusion/verifying data).
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pengembangan tenaga pendidik yang diterapkan pihak sekolah dalam rangka peningkatan kompetensi profesional antara lain dengan beberapa cara: 1) Melalui Pendidikan, dan 2) Pelatihan. Operasionalisasi kedua strategi tersebut adalah melalui penanaman dan penyadaran tanggung jawab yang diarahkan pada meningkatnya kreatifitas pendidik, kreatifitas pendidik merupakan wujud dari kompetensi profesional. Sementara itu, tipologi strategi yang diterapkan termasuk dalam strategi tipe Academiy dan pendekatan yang digunakan termasuk kategori pendekatan “make approach”. Adapun kategorisasi kompetensi professional pendidik di SMP Islam Bani Hasyim singosari menempati kategori Tinggi yang berada pada kuadran IV (profesional).
ABSTRACT
Teachers as educators are not the only determinants of educational success, but teaching is the central point of education and qualification as reflecting the quality of teachers who contributed greatly to the quality of education is a big responsibility. The entire existing educational component, teaching is a major component. Improvement process to better quality education, which begins with the improvement of the teaching workforce because it is very basic. No matter how good the vision, mission, curriculum that has been collated by experts, availability of equipment and considerable expense to the needs of education, but in the end the success depends on the performance and how to implement the process and educational situations.
The purpose of this study is understanding and describe how the strategy of development of educators in order to improve professional competence. This study used a qualitative research approach with a case study type and design of a single case study. Data collection techniques used are: 1) In-depth interviews; 2) Observation; and 3) Document Analysis. The validity checked of the data using a test of credibility (internal validity), transferability (external validity), dependability (reliability) and objectivity. The data was analyzed by data reduction (data reduction), assessment of data (display data), the data and conclusions (conclusion/verifying the data).
The results of this study indicate that the development strategy adopted by a teaching staff of the school in order to improve the professional competence among others in several ways: 1) Through education, and 2) training. Operationalization of both strategies is through planting and awareness of responsibility aimed at increasing creativity of educators, teacher creativity is a form of professional competence. Meanwhile, the strategy adopted typologies included in the academy type strategies and approaches used approach category “make the approach”. The categorization of professional competence in middle school educators Islam Bani Hashim Singosari occupy the High category is in quadrant IV (professional).
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Supervisor: | Mujab, Muhammad and Wahidmurni, Wahidmurni |
Keywords: | Tenaga Pendidik; Kompetensi Profesional; Strategi Pengembangan Teachers; Professional Competence; Strategy Development |
Departement: | Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Moch. Nanda Indra Lexmana |
Date Deposited: | 01 Jul 2023 05:35 |
Last Modified: | 01 Jul 2023 05:35 |
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/51297 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |