Al-Amin, Hasby Maulidzana (2015) Pengembangan media pembelajaran berbasis multimedia melalui adobe flash player untuk peningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran Fikih kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Negeri Puncu Kab. Kediri. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Islam Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
11110128.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (7MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Pengembangan media pembelajaran merupakan hal pokok dalam proses pembelajaran yang dilakukan oleh seorang pendidik dan peserta didik dengan cara menggunakan bantuan alat oprasional berupa komputer/laptop dan proyektor atau LCD. Dalam pengembangan media ajar ini, memadukan beberapa komponen berupa gambar, audio visual, video, teks berjalan, animasi (gambar bergerak), sehingga dalam media ajar ini tidak terkesan sangat menjenuhkan baik bagi pengguna ataupun yang melihat. Dalam pembelajaran mata pelajaran fikih lebih membutuhkan pemahaman secara nyata atau praktek secara langsung untuk mengetahui tentang hukum islam, maka dengan menerapkan media penbelajaran ini akan berdampak positif dalam meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran fikih kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Negeri Puncu Kab.Kediri. Berdasarkan pengamatan diatas, maka muncul masalah adalah untuk mengetahui: (1) Bagaimana spesifikasi produk media pembelajaran berbasis multimedia yang akan dikembangkan? (2) Bagaimana efektifitas, efisiensi dan kemenarikan produk pengembangan media pembelajaran berbasis multimedia melalui adobe flash player terhadap guru dan siswa? (3) Bagaimana dampak pengembangan media pembelajaran berbasis multimedia melalui adobe flash player terhadap peningkatan hasil belajar pada mata pelajaran fikih kelas VIII MTs Negeri Puncu Kab.Kediri?
Tujuan dari pengembangan media pembelajaran ini tidak jauh dari masalah diatas, maka untuk mengetahui solusi dari masalah tersebut adalah peneliti mengadakan penelitian untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran fikih. Pada pengembangan ini, peneliti menggunakan software berbasis multimedia yaitu program Adobe Flash Player CS6. Sedangkan hasil dari pengembangan ini akan di extrack menggunakan CD (Compact Disc). Pada pengembangan media pembelajaran interaktif ini, peneliti menggunakan metode pengembangan Dick and Carey. Dalam prosedur pengembangan media ajar ini, terdapat sepuluh langkah akantetapi yang digunakan dalam penelitian hanya 9 langkah yang dilakukan diantaranya: (1) Identifying Intructional Goal (analisis kebutuhan), (2) Conducting Intructional Analysis (analisis pembelajaran), (3) Identifying Entry Behaviors, Characteristics (analisis pembelajar dan konteks), (4) Writing Performance Objectives (tujuan umum khusus), (5) Developing Criterian-Referenced Test (mengembangkan instrument), (6) Developing Intructional Strategy (mengembangkan strategi pembelajaran), (7) Developing and Selecting Intruction (mengembangkan dan memilih bahan pembelajaran), (8) Designing and Conducting Formative Evaluation (merancang dan melakukan evaluasi formatif), dan (9) Revising Intruction (melakukan revisi).
Hasil dari paparan analisis data menunjukkan bahwa, nilai perbandingan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol sangat signifikan. Hal ini ditunjukkan melalui uji coba pengembangan media ajar interaktif mengalami peningkatan pemahaman materi siswa sehingga mampu meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran fikih kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Negeri Puncu Kab.Kediri. Perolehan dari hasil uji coba lapangan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen mendapatkan perbedaan yang signifikan. Rata-rata perolehan dari kelas conrol adalah 80.27 sedangkan hasil pada kelas eksperimen 93.02. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbandingan perolehan hasil rata-rata dari kedua kelas tersebut yang mencapai 12.75 setelah menggunakan hasil prodak pengembangan media ajar interaktif.
ENGLISH:
Learning media development is a basic thing in learning process which is done by a teachers and students using a way of operational tool such as computer/laptop and projector or LCD. In developing this teaching media, the teachers fuse some components such as drawing, audio visual, video, walking text and animation with the result that this teaching media is not look very boring for neither the user nor the viewer. In learning of Fikih, it needs an understanding evidently or practicing immediately for knowing about Islamic law, so that way applying this learning media will have positive effect in increasing the result of study to Fikih lesson of grade VIII Puncu state Islamic boarding school at Kediri. Based on the observation above, therefore appearing some problems to know: (1) How to specify the learning media product based on the media which will be developed? (2) How are the effectiveness, efficiency and conspicuousness of learning media product based on multimedia through adobe flash players to teachers and students? (3) How is the learning media development based on multimedia through adobe flash players to raise study result in Fikih lesson from grade VIII at Puncu Islamic boarding school of Kediri?
The purpose of this learning media development is not far from the problems above, so that to know the solution of those problems, the researcher makes a research to raise the result of Fikih lesson. On this development, the researcher uses software based on multimedia that is Adobe Flash Player CS6 program, whereas, the result of this development will be put in CD (Compact Disc). In this interactive learning media development, the researcher uses Carey and Dick development method. In the procedure of this teaching media development, there are ten steps but the researcher will only use 9 steps of them: (1) Identifying Intructional Goal (2) Conducting Intructional Analysis ((3) Identifying Entry Behaviors, Characteristics (4) Writing Performance Objectives (5) Developing Criterian-Referenced Test (6) Developing Intructional Strategy (7) Developing and Selecting Intruction (8) Designing and Conducting Formative Evaluation and (9) Revising Intruction.
The result of data analysis shows that value comparison between experiment class and control class is very significant. It is shown through some tests of interactive teaching media development that there is increase of comprehension form students’ subject, until the students are able to increase study result of Fikih lesson of Puncu Islamic boarding school grade VIII. The achievement from the result test on the field between experiment classs and control class get difference significantly. The average of control class is 80.27, whereas the result of experiment class is 93.02. This research shows that there is average result comparison from both classes which achieve 12.75, after using the result of interactive teaching media development.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Prabowo, Sugeng Listyo | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Pengembangan; Media pembelajaran, hasil belajar; fikih; Development; Teaching Media; Result of study; Fikih | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Heni Kurnia Ningsih | ||||||
Date Deposited: | 06 Dec 2016 17:19 | ||||||
Last Modified: | 06 Dec 2016 17:19 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/5129 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |