Raya, Moch. Khafidz Fuad (2014) Pengaruh Segmentasi dan Bauran Pemasaran Pendidikan terhadap Kualitas Layanan Pendidikan di UIN Maliki Malang. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
12710016.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (5MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Universitas Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang merupakan salah satu PTAIN yang diproyeksikan oleh Kementrian Agama RI untuk menjadi World Class University, salah satu lima point yang menjadi penilaiannya adalah kualitas layanan pendidikan. Berbagai persiapan dan strategi tersebut dilakukan, termasuk dengan melakukan kegiatan pemasaran pendidikan dimana pemasaran tersebut terbagi dalam dua kelompok besar, yaitu segmentasi dan bauran pemasaran, yang tujuannya untuk meningkatkan dan mengefektifkan kualitas layanan pendidikan yang diberikan kepada pelanggan pendidikan (mahasiswa, masyarakat).
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan ada atau tidaknya pengaruh segmentasi dan bauran pemasaran pendidikan terhadap kualitas layanan pendidikan, baik secara parsial maupun secara simultan. Dan untuk mengetahui variabel mana yang berpengaruh paling dominan terhadap kualitas layanan pendidikan yang ada di UIN Maliki Malang.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dan berjenis korelasional. Sampel yang digunakan berjumlah 100 mahasiswa yang dibagi dalam berbagai fakultas menurut pembagiannya dengan pertimbangan-pertimbangan tertentu (purposive sampling).Teknik analisis data menggunakan Regresi Linier Berganda (Multiple Regression Linier) yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel-variabel bebas terhadap terikatnya, baik secara parsial maupun secara simultan. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah segmentasi dan bauran pemasaran, sedangkan variabel terikatnya adalah kualitas layanan pendidikan. Prosedur pengumpulan data yang digunakan untuk variabel segmentasi dan bauran serta variabel kualitas layanan adalah menggunakan kuisioner (angket).Sedangkan prosedur pengumpulan data dokumentasi, wawancara, dan observasi untuk melengkapi dan mengkroscek data yang dihasilkan dari angket tersebut.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Tidak ada pengaruh secara parsial segmentasi pemasaran pendidikan terhadap peningkatan kualitas layanan pendidikan di UIN Maliki Malang; (2) Ada pengaruh secara parsial bauran pemasaran pendidikan terhadap peningkatan kualitas layanan pendidikan di UIN Maliki Malang; (3) Ada pengaruh secara simultan segmentasi dan bauran pemasaran pendidikan terhadap peningkatan kualitas layanan pendidikan di UIN Maliki Malang; (4) Pengaruh yang paling dominan dari kedua variabel bebas (segmentasi dan bauran pemasaran) adalah Variabel X2 atau Bauran Pemasaran Pendidikan.
ABSTRACT
State University of Maulana Malik Ibrahim Malang is one PTAIN projected by the Ministry of Religious Affairs to be a World Class University, one of the five points that becomes assessment the quality of educational services. Various preparation and strategy is done, including by conducting marketing activities marketing education which is divided into two major groups, namely segmentation and marketing mix, which aim to improve and streamline the quality of educational services provided to the customers of education (students, community).
This study aims to reveal the presence or absence of segmentation and marketing mix influence of education on the quality of educational services to the World Class University , either partially or simultaneously. And to determine which variables are the most dominant influence on the quality of educational services that exist in the UIN Maliki.
The approach used in this study is quantitative and correlational manifold. The samples used were 100 students , divided into various departments according to their divisions by certain considerations (purposive sampling). Analysis using Multiple Linear Regression which aims to determine the effect of independent variables on the dependent, either partially or simultaneously. The independent variable in this study is the segmentation and marketing mix , while the dependent variable is the quality of educational services. Data collection procedures used for segmentation and mix variables and the variable quality of the service is to use a questionnaire (questionnaire). While the data collection procedures of documentation, interviews, and observations to complement and mengkroscek data generated from the questionnaire.
The results of this study indicate that: (1) There is no influence of the partial segmentation marketing education to improve the quality of educational services at UIN Maliki Malang; (2) There is a partial effect of education marketing mix to improving the quality of education services at UIN Maliki Malang; (3) There is the influence of simultaneous segmentation and marketing mix education to improve the quality of educational services at UIN Maliki; (4) The most dominant influences of the two independent variables (segmentation and marketing mix) is variable X2 or Education Marketing Mix.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Supervisor: | Mulyadi, Mulyadi and Sani, Ahmad |
Keywords: | Segmentasi; Bauran; Pemasaran; Pendidikan; Kualitas Layanan Segmentation; Marketing Mix; Quality Service; Education |
Departement: | Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Moch. Nanda Indra Lexmana |
Date Deposited: | 01 Jul 2023 05:35 |
Last Modified: | 01 Jul 2023 05:35 |
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/51248 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |