Asrori, Asrori (2015) Problematika guru pendidikan agama Islam dalam menerapkan Kurikulum 2013 di SMP Negeri 13 Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
11110041.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (504kB) | Preview |
Abstract
Kurikulum 2013 telah diimplementasikan mulai Tahun Pelajaran 2013/2014. Meskipun pemerintah telah melakukan berbagai persiapan untuk mendukung pelaksanaan Kurikulum 2013 agar berjalan lancar, akan tetapi di tengah pejalanan masih ditemukan berbagai persoalan terutama bagi guru. Sosialisasi kurikulum 2013 sangatlah penting dilakukan, agar semua pihak yang terlibat paham dengan perubahan kurikulum tersebut. Kurikulum 2013 mengusung tema menghasilkan insan indonesia yang produktif kreatif, inovatif dan efektif (berkarakter), melalui pengetahuan sikap. Dari tema tersebut diperlukan perubahan Mindset guru, terutama dalam peroses dan penilaian pembelajaran.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses penerapan kurikulum 2013 yang dilakukan oleh guru PAI, dan untuk mengetahui masalah-masalah yang di hadapi guru PAI terkait penerapan kurikukulum 2013 dalam pembelajaran, serta untuk mengetahui faktor-faktor yang dapat mendukung keberhasilan penerapan kurikulum 2013 di dalam pembelajaran.
Untuk mencapai tujuan diatas, digunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis pendekatan deskriptif. Instrumen kunci adalah peneliti sendiri sekaligus sebagai pengamat partisipan, adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Setelah itu, data dianalisis dengan cara triangulasi, pengecekan anggota dan perpanjangan kehadiran, kemudian memaparkan data dan menarik kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Proses penerapan kurikulum 2013 yang dilakukan guru PAI terdiri dari persiapan guru PAI yang meliputi: mengikuti pelatihan kurikulum 2013 dan menyusun perangkat pembelajran (prota, promes, analisis silabus dan menyusun RPP) sesuai format kurikulum 2013. Pelaksanaan pembelajaran kurikulum 2013 meliputi: Kegiatan awal, kegiatan inti dengan pendekatan saintifik (lima Em), kegiatan penutup serta evaluasi dengan menggunakan penilaian autentik sebagaimana standar penilaian kurikulum 2013. (2) Problem guru PAI dalam menerapkan kurkulum 2013 terdiri dari dua kategori yaitu problem teoritik meliputi: sulitnya guru PAI mengubah mindset kebiasaan lama dalam mengajar, rendahnya pemahaman guru PAI terhadap pendekatan saintifik, dan rendahnya pemahaman guru PAI terhadap penilaian autentik. Kemudian Problem teknis meliputi: kurang maksimalnya pelatihan kurikulum 2013, tidak tersedianya buku pegangan guru maupun siswa, kondisi siswa kurang mendukung dan waktu yang kurang memadai untuk melaksanakan pendekatan saintifik. (3) Faktor yang mendukung Guru PAI dalam menerapkan kurikulum 2013 meliputi: Sarana-prasarana (adanya LCD, Lab PAI, Musollah, dan perpustakaan sekolah). Semangat guru-guru tinggi dalam menerapkan kurikulum 2013 (antusias dalam mengikuti pelatihan). Serta akitfnya pihak sekolah dalam mengadakan kegiatan pendukung kurikulum 2013 (mengadakan pelatihan secara mandiri).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Mujtahid, Mujtahid | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Problem Guru PAI; Kurikulum 2013 | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Indar Erdiana | ||||||
Date Deposited: | 06 Dec 2016 17:18 | ||||||
Last Modified: | 06 Dec 2016 17:18 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/5124 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |