Musa, Musa (2014) Penilaian Kinerja Lembaga Pendidikan Islam dengan Pendekatan Balanced Scorecard di Madrasah Aliyah Negeri Malang I. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
11710075.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Penilaian kinerja merupakan hal yang sangat essensial bagi organisasi dalam mengendalikan dan mengukur kinerjanya sesuai dengan strategi yang telah ditetapkan. MAN Malang I merupakan salah satu lembaga pendidikan yang memiliki peran strategis dalam membangun bangsa. Hal itu terbukti dengan berbagai prestasi yang telah dicapai. Walaupun demikian, kinerja harus tetap ditingkatkan, demi kemajuan di masa yang akan datang. Teori Balanced Scorecard merupakan salah satu pendekatan yang bisa digunakan untuk penilaian kinerja.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan mengkaji kinerja lembaga pendidikan Islam dengan pendekatan Balanced Scorecard di Madrasah Aliyah Negeri Malang I. Jenis penelitian ini adalah penelitian evaluasi.Metode Penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan kuantitaif. Sementara teknik pengumpulan data diperoleh melalui angket, observasi, dokumentasi, dan wawancara.
Hasil penelitian menunjukkan, kinerja MAN Malang I berdasarkan pendekatan Balanced Scorecard adalah sebagai berikut; (1) perspektif stakeholder, kinerja MAN Malang I menunjukkan hasil yang baik.Hal ini dibuktikan dengan kepuasan stakeholder yang mencapai rata-rata 73% terkait penyelenggaraan pendidikan di MAN Malang I; (2) perspektif keuangan, MAN Malang I menunjukkan kinerja yang baik. Hal ini terbukti, 56,39% dari anggaran pendapatan dianggarkan untuk proses pendidikan. Sedangkan 43,61% untuk proses operasional. (3) perspektif proses aktivitas internal, MAN Malang I menunjukkan kinerja yang bagus. Hal ini dibuktikan dengan 72% dari guru setuju terkait adanya upaya MAN Malang I berinovasi dan menjalin kerja sama di bidang akademik, mencukupi sarana dan prasarana, pemberian beasiswa kepada peserta didik, dan memberdayakan alumni. Dan (4) perspektif pembelajaran dan pertumbuhan organisasi, MAN Malang I menunjukkan kinerja yang baik.Hal ini ditunjukkan oleh pernyataan puas para guru dan staf mencapai 74% terkait upaya MAN Malang I dalam memuaskan guru dan staf melalui peningkatan kompetensi pendidik dan kependidikan, penyediaan fasilitas teknologi informasi, iklim kerja yang harmonis serta pelatihan para guru dan staf.
ABSTRACT
Assessment of performance is very essential for the organization in controlling and measuring performance in accordance with a predetermined strategy. MAN Malang I was one institution that has a strategic role in building the nation. This is evident with various achievements. However, the performance should be increased, in order to progress in the future. Balanced Scorecard theory is one approach that is used for performance assessment.
This study aims to describe and assess the performance of Islamic educational institutions with the Balanced Scorecard approach in Madrasah Aliyah Negeri Malang I. This type of research is the study evaluation. This study uses qualitative and quantitative descriptive approach. While data collection techniques obtained through questionnaire, observation, documentation, and interviews.
The results show, the performance of MAN Malang I based on the Balanced Scorecard approach in the four perspectives are as follows; (1) stakeholder perspective, the performance of MAN Malang I have already shown good results. This is evidenced by stakeholder satisfaction reached an average of 73% related to educational services at MAN Malang I,(2) a financial perspective, MAN Malang I have already shown good performance. It is proven, 56.39% of budget revenues budgeted for the education process. While 43.61% for operational processes. (3) internal process perspective activity, MAN Malang I already showed a good performance. This is evidenced by the 72% of teachers agree answers related MAN Malang I attempt to innovate in the areas of academic, inadequate infrastructure, the provision of scholarships to students, establish academic cooperation for development, and empower alumni. And (4) learning and growth perspective of the organization, MAN Malang I already showed a good performance. It is proved to the satisfaction of the teachers and staff reach 74% of MAN Malang I related efforts in satisfying the educators and education by improving the competence of educators and education, provision of information technology facilities, harmonious working climate and the training of teachers and staff.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Supervisor: | Abidin, Munirul and Slamet, Slamet |
Keywords: | Penilaian Kinerja; Lembaga Pendidikan Islam; Balanced Scorecard Performance Assessment; Institute of Islamic Education; Balanced Scorecard |
Departement: | Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Moch. Nanda Indra Lexmana |
Date Deposited: | 01 Jul 2023 05:27 |
Last Modified: | 01 Jul 2023 05:27 |
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/51220 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |