Analisis problematika pembelajaran pendidikan agama Islam di sekolah pinggiran: Studi kasus di SMP Negeri 2 Kalipare

Faudah, Imarotul (2015) Analisis problematika pembelajaran pendidikan agama Islam di sekolah pinggiran: Studi kasus di SMP Negeri 2 Kalipare. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
11110094.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

INDONESIA:

Pendidikan adalah penentu dimana seseorang akan menjalani kehidupannya. Dengan pendidikan diharapkan seseorang mampu menjadi manusia yang dapat menciptakan perbaharuan serta perbaikan-perbaikan. Dalam pembelajaran pendidikan agama Islam banyak sekali ditemukan problematika dalam pembelajaran pendidikan agama. Problem tersebut ditemukan dari beberapa sektor, baik guru, siswa, kurikulum, manajemen, sarana dan prasarana, maupun lingkungan yeng terdapat disekeliling pembelajaran pendidikan agama Islam.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan Bagaimana pembelajaran pendidikan agama Islam di SMPN 2 Kalipare, problematika apa saja yang dihadapi dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di SMPN 2 Kalipare, faktor-faktor apa saja yang mengakibatkan adanya problematika dalam pembelajaran pendidikan agama Islam tersebut, serta langkah-langkah apa saja yang dilakukan oleh SMPN 2 Kalipare dalam mengatasi problematika pembelajaran pendidikan agama Islam tersebut. Penelitian yang dilakukan dalam penulisan ini menggunakan pendekatan kualitatif, sedangkan untuk mengumulkan datanya selain menggunakan data kualitatif juga dilakukan metode observasi (pengamatan), metode intervew (wawancara) dan metode dokumentasi.

Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa,(1) Problematika yang ada dalam pembelajaran pendidikan agama Islam tidak hanya terletak pada lingkungan sekolah saja akan tetapi peran serta keluarga yang kurang maksimal dalam pelaksanaan pembelajaran pendidikan agama Islam juga merupakan kendala dalam pembelajaran pendidikan agama Islam yang ada di SMPN 2 Kalipare; (2) Upaya yang dilakukan selain menciptakan lingkungan belajar yang kondusif dan berupaya untuk melengkapi sarana prasarana yang diperlukan dalam proses pembelajaran, pihak sekolah melakukan kerja sama dengan orang tua peserta didik untuk lebih perhatian dan menjadi teladan yang baik bagi peserta didik.

ENGLISH:

Education was the determinant at person will live their lives. Education expected to become a human person who can create renewal and improvements. Islamic education in learning a lot of the problems found in teaching religious education. The problem was founded from several sectors, both teachers, students, curriculums, management, facilities and infrastructure, and the environment was surrounded the learning Islamic education.

The aim of this study was to describe how learning Islamic education at SMPN 2 Kalipare, what the problems encountered in the teaching of Islamic education at SMPN 2 Kalipare, what are the factors that lead to the problems of the teaching of the Islamic education, and what the steps was done by SMPN 2 Kalipare in addressing the problems of the Islamic education. The research was done to used a qualitative approach, and the data was collected by using qualitative data and the data was conducted observation method (observation), interview method and documentation method.

The result of this research showed that, (1) Problems in Islamic education learning not only in the school environment but the role of the family was came up in the implementation of the teaching of Islamic education is also an obstacle in the learning of Islamic education in SMPN 2 Kalipare.(2) Efforts was done to create the conducive learning environment and was strived to completed the necessary infrastructure at the learning process, the school was done cooperatively with the parents of learners for more attention and be a good role model for students.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Aziz, Abdul
Keywords: Problematika; Pembelajaran Pendidikan Agama Islam; Problems; Education Learning Islam
Departement: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Dian Anesti
Date Deposited: 06 Dec 2016 10:21
Last Modified: 06 Dec 2016 10:21
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/5122

Actions (login required)

View Item View Item