Sartika, Didi (2014) Membangun Strategi keunggulan bersaing di Perguruan Tinggi: Studi kasus di Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
11710073.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang memiliki urgensi yang sangat besar dalam kancah pendidikan nasional, utamanya sebagai pilar bagi pembangunan pendidikan Islam secara keseluruhan. Dalam mewujudkan tujuan tersebut perguruan tinggi Islam merumuskan visi, misi, strategi, dan program kerja yang terencana, terfokus, dan berkesinambungan yang dipergunakan civitas akademika sebagai pedoman untuk mencapai tujuan. Mengingat Perguruan Tinggi Islam sebagai lembaga yang core business-nya adalah jasa pendidikan, maka sangat krusial di mata masyarakat memiliki pegaruh kuat dalam merubah masyarakat dan memiliki kewajiban pula dalam mencerdaskan bangsa.
Perguruan Tinggi saat ini dihadapkan pada persaingan yang semakin kompleks, apalagi dengan semakin bertambahnya secara signifikan jumlah Perguruan Tinggi Swasta dari tahun ke tahun, tentunya dapat disepakati bahwa, perguruan tinggi yang mempunyai keunggulan bersaing akan semakin diminati oleh masyarakat, sebaliknya yang tidak mempunyai keunggulan bersaing akan semakin ditinggalkan. Perguruan tinggi yang mempunyai keunggulan bersaing adalah perguruan tinggi yang mampu menciptakan loyalitas bagi stakeholders- nya serta mampu menciptakan stigma kepuasan atau loyalitas bagi stakeholders dalam jangka panjang (in the long run).
Melihat fenomena tersebut, maka peneliti sangat tertarik untuk mengkaji lebih dalam tentang membangun strategi competitive advantage di UIN Maliki Malang melalui pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan penjelasan tentang bagaimana UIN Maliki Malang membangun strategi keunggulan bersaing dalam kontek jasa pendidikan.
Hasil dari penelitiaan ini ditemukan bahwa UIN Maliki memiliki produk keunggulan bersaing yang menjadi diferensiasi terhadap perguruan tinggi lain yaitu tarbiyah uli al-albab: dzikir, fikir, dan amal shaleh, integrasi ilmu yang komprehensif sebagai implementasi dari pohon ilmu, serta Mah`ad Ali dan PPBA&PPBI. Hal ini merupakan bagian dari diferensiasi yang dimiliki oleh UIN Maliki Malang. Ada beberapa strategi yang diterapkan oleh UIN Maliki Malang, yaitu meningkatkan kemampuan dan kesadaran akan ciptaan Allah melalui pemahaman Al-Qur’an dan Hadits melalui riset-riset yang berkaitan dengan ilmu-ilmu dasar, terapan dan seni yang berdampak pada manfaat bagi masyarakat luas dan pengembangan kesadaran akan keagungan ciptaan Allah, melaksanakan pengajaran Bahasa Inggris dan Arab di setiap jurusan sebagai wujud implementasi bilingual akademik, mengoptimalkan fungsi ma`had sebagai tempat pendidikan karakter Islam melalui operasionalisasi karakter Ulul Albab, serta meningkatkan standar playanan yang efektif dan efisien.
ABSTRACT
Maulana Malik Ibrahim Islamic State University of Malang (UIN Maliki) has an important role in the national education, especially as the pillars for the development of Islamic education in Indonesia. To realize these goals UIN Maliki formulated the vision, mission, strategy, and work programs that planned, focused, and continuously used by all member of university as guidelines to achieve the goal. UIN Maliki as an educational institution has a core business of educational service. It has a strong influence in changing society and responsibilities to educate nations. Currently, the university is facing an increasingly complex competition, especially with the increasing number of private university significantly from year to year. Surely it can be agreed that the University which has a competitive advantage will be increasingly demanded by the public, and the opposite, the university does not have a competitive advantage will be increasingly left behind. The University has a competitive advantage is a university that is able to create loyalty to its stakeholders as well as capable of creating satisfaction stigma or loyalty for the stakeholders in the long term (in the long run).
Based on the phenomenon, the researcher interest to examine more deeply about build competitive advantage strategy in UIN Maliki through qualitative approach with case study. Data collected through observation, interviews, and documentation study. This research aims to provide an explanation of how UIN Maliki builds a competitive advantage strategy in the context of educational services.
The results of this research namely: 1) UIN Maliki have a competitive advantage as differentiation products against other universities namely tarbiyah uli al-albab: dzikir, fikir, good behavior, the integration of comprehensive science as an implementation of the tree of science, as well as Dormitory (Mah'ad Ali) and language program PPBA and PPBI. Those are part of the differentiation that is owned by UIN Maliki; 2) There are strategies implemented by UIN Maliki, namely improve the capabilities and awareness of the creation of god through understanding Al qur’an, hadith and through research relating to the sciences base, applied sciences and art that give benefits for the peoples, development of awareness the creation of god, carry out teaching english and arabic as a form of the implementation of bilingual academic, using dormitory (Ma' had) as a place to internalize Islamic character through many programs that based on ulul albab character, and increase service standard effective and efficient.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Supervisor: | Prabowo, Sugeng Listyo and Muliadi, Muliadi |
Keywords: | Strategi; Keungguan Bersaing Strategy; Competitive Advantage; University |
Departement: | Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Moch. Nanda Indra Lexmana |
Date Deposited: | 01 Jul 2023 05:27 |
Last Modified: | 01 Jul 2023 05:27 |
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/51194 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |