Sefriana, Vinastria (2015) Analisis nilai-nilai pendidikan agama Islam pada novel “Negeri 5 Menara” karya Ahmad Fuadi. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
11110039.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (5MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Pendidikan Islam adalah suatu proses pengembangan kepribadian manusia dengan mengasah dan menanamkan nilai-nilai kehidupan yang berlandaskan Al-Qur’an dan Hadist. Tujuan akhir dari pendidikan Islam yaitu mewujudkan nilai-nilai pendidikan Islam pada pribadi manusia sehingga mampu membentuk generasi yang berkarakter dan berakhlak mulia. Kemunculan karya sastra memberikan peranan penting bagi pendidikan di Indonesia, salah satu karya sastra yang populer yaitu Novel Negeri 5 Menara karya Ahmad Fuadi. Novel tersebut mengandung pesan-pesan Islami yang dapat di aplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.
Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Apa nilai-nilai pendidikan Agama Islam dalam novel Negeri 5 Menara? 2) Apa relevansi nilai-nilai pendidikan Agama Islam dalam novel Negeri 5 Menara terhadap materi pendidikan Agama Islam dan budi pekerti di tingkat SMP dan SMA? Sedangkan tujuan penelitian ini untuk mengetahui nilai-nilai Pendidikan Agama Islam dalam novel dan relevansinya terhadap materi pendidikan Agama Islam di tingkat SMP dan SMA.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian kepustakaan (Library research). Teknik pengumpulan data mengunakan Dokumentasi dengan cara mengumpulkan literatur yang ada. Metode Analisis data yang digunakan adalah: Content Analysis, Reduksi data dan Metode Interpretasi.
Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai-nilai pendidikan Agama Islam dalam novel Negeri 5 Menara karya Ahmad Fuadi meliputi: 1) Nilai Aqidah : Mengesahkan Allah. 2) Nilai Syariah/Ibadah : Menuntut Ilmu, Salat jamaah, Salat sunnah tahajud, Membaca Al-Qur’an, Wudhu, dan Menghafal Al-Qur’an. 3) Nilai Akhlak: Amar ma’ruf nahi mungkar, Ikhlas, Jujur, Ikhtiar, Syukur, Sabar, Pemaaf, Tawakal, Persaudaraan, Taat pada orang tua, Husnudhan, Tolong-menolong, Optimis, Kerja keras dan Empati. Relevansi Novel ini terhadap materi Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di tingkat SMP dan SMA meliputi: 1) Nilai Aqidah: a) Iman kepada Allah, b) Asmaul Husna. 2) Nilai Syari’ah/Ibadah: a) Semangat menuntut Ilmu, b) Salat wajib berjamaah, c) Menunaikan salat sunnah, d) Memahami ketentuan bersuci, e) Berpegang teguh kepada Al-Qur’an, Al-Hadits, dan Ijtihad, f) Beriman kepada Al Quran dan menjadikan pedoman hidup. 3) Nilai Akhlak: a) Perilaku kompetisi dalam kebaikan, dan bekerja sama, b) Perilaku ikhlas sabar pemaaf, c) Perilaku jujur amanah dan Istiqomah, d) Sikap optimis ikhtiar tawakal, e) Perilaku hormat dan taat kepada kedua orang tua dan guru, f) Indahnya berempati terhadap sesama, g) Menampilkan perilaku jujur dalam kehidupan sehari-hari, h) Perilaku kontrol diri, prasangka baik (husnuzhon) , dan persaudaraan (ukhuwah).
ENGLISH:
Islamic education is a process of development of the human personality to whet and inculcate the values of of life which is based on the Qur'an and Hadith. The final purpose of Islamic education that objectify the values of Islamic educationin the human person so as to form a generation characterized and virtuous. Occurrences of literature gives an important role for education in Indonesia, one of the popular literature, namely novel Negeri 5 Menara by Ahmad Fuadi. The novel contains messages that can be applied in the Islamic everyday life.
The formulation of the problem in this research are: 1) What are values of Islamic education in the novel Negeri 5 Menara? 2) What is the relevance of values of Islamic education in the novel Negeri 5 Menara against the Islamic educational material and moral in junior and senior high schools? While the purpose of this study to determine the values of Islamic Education in the novel and its relevance with educational materials Islam in junior and senior high schools.
This research used a qualitative approach to the type of library research (library research). Data collection using Documentation techniques by collecting existing literature. Data analysis method used is: Content Analysis, data reduction and interpretation methods.
The results showed that the values of Islamic education in novel Negeri 5 Menara novel by Ahmad Fuadi include: The results showed that the values of Islamic education in Negeri 5 Menara novel by Ahmad Fuadi include: 1) The Aqidah Value: To approve of Allah. 2) The Syariah/Worship Value: Study, Pray together, Sunnah pray tahajud, Reading Qur'an, Wudhu, and memorize the Qur'an. 3) The Moral Value: Amar Ma’ruf Nahi Mungkar, Sincere, Honest, Ikhtiar, Thanksgiving, Patience, Forgiving, Tawakal, Brotherhood, Obedient to parents, Husnudhan, helping each other, Optimistic, hard work and Empathy. The relevance this novel to materialof Islamic Education and moral at junior and senior high school level, include: 1) The Aqidah Value: a) Faith to Allah, b) Asmaul Husna. 2) The Syariah/Worship Value: a) The spirit of study, b) Pray required together, c) Do sunnah pray, d) Understand the provisions of ablutions, e) Keep up the Qur'an, al-Hadith, and Ijtihad, f) Faith in the Quran and make it be guidance of life . 3) The Moral Value: a) The behavior in competitionin goodness, and work together, b) The behavior of patient, sincerely, forgiving, c) The behavior of honest and istiqomah, d) The optimistic ikhtiar tawakal attitude, e) The behavior of respectful and obedience to parents and teachers, f) The beauty of empathy to others, g) Displays the behavior honest in everyday, h) The behavior of control self, good prejudice (husnuzhon), and brotherhood (ukhuwah).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Supriyatno, Triyo | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Nilai Pendidikan Agama Islam; The values of Islamic Education; Novel Negeri 5 Menara | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Indar Erdiana | ||||||
Date Deposited: | 06 Dec 2016 17:17 | ||||||
Last Modified: | 05 Jan 2018 09:31 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/5119 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |