Makniyah, Jauharotul (2014) Strategi peningkatan Profesionalisme Guru melalui Pembinaan Moral Kerja: Studi kasus di Tarbiyatul Mu’allimun al-Islamiyah (TMI) Al-Amien Prenduan Sumenep Madura. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
1171039.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (829kB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Guru merupakan komponen paling penting di antara komponen-komponen pendidikan yang lainnya dalam pelaksanaan pendidikan. Dengan begitu, guru mempunyai peran yang sangat signifikan dalam pencapaian tujun pendidikan. Oleh karena perannya yang sangat menentukan pada keberhasilan pendidikan, maka hendaknya profesionalisme guru selalu ditingkatkan. Peningkatkan profesionalisme guru tidaklah sempurna dengan hanya meningkatkan kemampuan guru dalam mengajar tanpa diimbangi dengan kepemilikan moral kerja yang tinggi.
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui secara mendalam mengenai pembinaan moral kerja guru dalam meningkatkan profesionalisme guru di Tarbiyatul Mu’allimin al-Islamiyah (TMI) al-Amien Prenduan dengan focus penelitian berikut: 1) strategi pembinaan moral kerja, 2) bentuk-bentuk kegiatan pembinaan mora kerja guru, 3) faktor-faktor yang mempengaruhi moral kerja guru.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan datanya menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Setelah data terkumpul, dilakukan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Adapun pengecekan keabsahan datanya menggunakan triangulasi.
Temuan penelitian yang diperoleh adalah: 1) strategi pembinaan moral kerja guru di TMI al-AMien dengan berbagai strategi berikut: a) menciptakan lingkungan kerja yang kondusif dan menyenangkan, b) memperhatikan hal-hal yang berhubungan dengan kebutuhan spiritual guru, c) deskripsi tugas dan tanggungjawab yang jelas, d) memberikan kebeasan akademik dan jiwa, e) penempatan tenaga kerja pada posisi yang tepat, f) memberikan kompensasi yang layak, g) memperhatikan masa depan guru, h) pematangan kemampuan guru. 2) bentuk-bentuk kegiatan pembinaan moral kerja: a) pendidikan guru pada masa prajabatan dan masa jabatan, b) bimbingan keagamaan, c) shalat jamaah, d) mengadakan KGBE, e) pemberian tabsyier, f) team work g) pemberian beasiswa dan hak anak kos. 3) faktor-faktor yang mempengaruhi moral kerja guru TMI al- Amien Prenduan: a) kesadaran akan tujuan almamater, b) hubungan antar manusia berjalan harmonis, c) kepemimpinan yang menyenangkan, d) tugas dan tanggung jawab yang jelas, e) dinamika lingkungan, f) perasaan diterima dalam kelompok, kebutuhan-kebutuhan yang terpenuhi.
ABSTRACT
Teacher is the most important component among other components of education in education implementation. Therefore, teacher has an important role in educational purpose achievement. Because he has an important role to establish the success of education, so the teacher professionalism should be increased. Upgrading the Teacher Professionalism is not perfect if just increase the teacher skill in teaching without ownership of the high morale.
This study is conducted to know the building of teacher’s morale deeply in upgrading the teacher Professionalism in Tarbiyatul Mu’allimin al-Islamiyah (TMI) al-Amien Prenduan focused on: first, the forms of activity in building teacher’s morale; second, factors affecting the teacher’s morale; third, the strategy of building morale; and fourth, design of building morale.
This study uses qualitative method by the case study approach. The collective techniques of data are interview, observation and documentation. After the data is collected, researcher then does reducing the data, displaying, and making conclusion. Checking the data validity is using triangulation and an extension of the study period.
The result of the study are: (1) The strategies of building teacher’s morale of TMI al-Amien Prenduan are: a) creating a conducive working environment and harmonious, b) keeping the needs of teacher’s spiritual, c) d) giving a freedom of academy, e) Settling the right position, f) giving the compensation, g) attention of teachers future. (2) The forms of activity in building teacher’s morale of Tarbiyatul Mu’allimin al-Islamiyah (TMI) al-Amien Prenduan are: a) education of teacher before becoming the teacher and after, b) conselling, c) praying together, d) the groups of education field teachers, e) giving tabsyier, f) team work, g) giving scholarship, (3) The factors affecting the teacher’s morale of TMI al-Amien Prenduan are: a) Awareness about organization purpose, b) Relationship among co-workers, c) Leadership pleasuring, d) The obvious duty and responsibility, f) dinamica of environment, g) good feeling in the team work, g) needs fulfilled.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Supervisor: | Wahidmurni, Wahidmurni and Rasmianto, Rasmianto |
Keywords: | Peningkatan Profesionalisme; Guru; Pembinaan Moral Kerja Upgrading Professionalism; Teacher; Building Morale |
Departement: | Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Moch. Nanda Indra Lexmana |
Date Deposited: | 01 Jul 2023 05:27 |
Last Modified: | 01 Jul 2023 05:27 |
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/51184 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |