Implementasi pembelajaran membaca al-quran dengan metode Ummi di TPQ Al-Ikhlas Pandanwangi, Blimbing, Malang

Afida, Liya (2015) Implementasi pembelajaran membaca al-quran dengan metode Ummi di TPQ Al-Ikhlas Pandanwangi, Blimbing, Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
11110087.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Implementasi merupakan penerapan suatu kegiatan yang didalamnya memuat tentang perencanaan, pelaksanaan serta evaluasi yang dilakukan pihak pengelola organisasi untuk mencapai tujuan bersama dengan memberdayakan sumber daya manusia dan sumber daya lainnya

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Perencanaan pembelajaran metode Ummi. 2) Pelaksanaan Pembelajaran metode Ummi. 3) Evaluasi pembelajaran metode Ummi dalam meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an di TPQ Al-Ikhlash Pandanwangi Blimbing Malang.

Penelitian ini merupakan penelitian lapangan menggunakan pendekatan kualitatif dengan tehnik analisis data yaitu memberikan predikat kepada variabel yang diteliti sesuai dengan kondisi sebenarnya melalui observasi, wawancara, dan
dokumentasi untuk meningkatkan pemahaman hasil penelitian.

Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Perencanaan pembelajaran Ummi di TPQ Al-Ikhlash yaitu: a) Perencanaan pembelajaranya yang sudah tersusun dengan baik mulai dari persiapan ustadz dan ustadzahnya, metode yang digunakan, waktu belajar, target pembelajaran serta alat peraga yang digunakan dalam pembelajaran. b) penyiapan dan pemilihan guru yang tepat dan guru yang sudah bersyahadah maupun masih dalam proses syahadah yang hanya diperbolehkan mengajar. 2) Pelaksanaan Pembelajaran di TPQ Al-Ikhlash diawali dengan membaca do’a bersama-sama, adapun pembelajaranya menggunakan metode individu/privat, klasikal individual, klasikal baca simak, membaca, menulis, dan drill yang setiap kelasnya dipandu oleh guru Ummi. 3) Evaluasi pembelajaran Ummi dilakukan tiga kali tahapan yaitu: Pertama, evaluasi harian yang dilakukan setiap hari yang berfungsi untuk melihat kemajuan santri pada setiap halamannya dan langsung dinilai dalam buku prestasi siswa. Kedua, evaluasi kenaikan jilid yang merupakan penilaian kepada peserta santri yang akan ditashih (naik jilid). Ketiga, evaluasi tahap akhir yaitu wisuda.

Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan referensi untuk mengelola pembelajaran khususnya Ummi dan masukan bagi kepala TPQ AL-Ikhlash untuk selalu bekerja lebih giat dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab, untuk merencanakan kegiatan dengan baik dan terprogram sehingga melahirkan santri atau peserta didik yang berkualitas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Aziz, Abdul
Keywords: Implementasi Pembelajaran; Metode Ummi
Departement: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Dian Anesti
Date Deposited: 06 Dec 2016 10:23
Last Modified: 06 Dec 2016 10:23
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/5117

Actions (login required)

View Item View Item