Ikrimah, Lailia (2015) Implementasi nilai-nilai akhlak melalui pembelajaran Kurikulum 2013 pada siswa SMP Negeri 5 Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
11110037.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (5MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Akhlak merupakan hal yang sangat penting dalam kehidupan, akhlak juga menentukan kualitas keimanan seseorang. Bangsa yang maju juga dipengaruhi oleh akhlak penduduknya. Semakin bobrok akhlak suatu penduduk bangsa semakin bobrok pula bangsa tersebut dan begitu pula sebaliknya. Oleh karenanya, pendidikan dalam hal ini sangat berperan penting dalam pembentukan akhlak seseorang, dan sumbangsih pendidikan dalam hal pembentukan akhlak ini adalah dengan dibuatnya kurikulum 2013. Kurikulum 2013 merupakan kurikulum terbaru yang menitik beratkan pada pendidikan karakter diharapkan dapat menyempurnakan kurikulum sebelumnya.
Adapun yang menjadi fokus dari studi ini adalah mencari keterangan sedetail-detailnya tentang Implementasi Nilai-Nilai Akhlak Melalui Pembelajaran Kurikulum 2013 Pada siswa SMP Negeri 5 Malang. Dan tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui bagaimana implementasi nilai-nilai akhlak melalui pembelajaran kurikulum 2013 pada siswa SMP Negeri 5 Malang ; (2) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi nilai-nilai akhlak melalui pembelajaran kurikulum 2013 pada siswa SMP Negeri 5 Malang.
Untuk mencapai tujuan diatas, penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik Pengumpulan data dilakukan melalui: (1) interview (wawancara); (2) observasi (pengamatan); (3) dokumentasi. Adapun analisis datanya dilakukan dengan (1) reduksi data; (2) display data atau penyajian data; (3) verivikasi atau menarik kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan (1) teknik triangulasi; (2) meningkatkan ketekunan; (3) diskusi dengan teman sejawat
Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi nilai-nilai akhlak melalui pembelajaran kurikulum 2013 pada siswa SMP Negeri 5 Malang dilakukan dengan (1) terintegrasi melalui mata pelajaran; (2) terintegrasi melalui kegiatan keagamaan. Faktor pendukung dalam implementasi nilai-nilai akhlak melalui pembelajaran Kurikulum 2013 pada siswa SMP Negeri 5 Malang adalah (1) motivasi/tekad siswa (2) dukungan orangtua terhadap kegiatan sekolah (3) kerjasama antar guru (4) sarana prasarana yang memadai dan (5) kurikulum. Sedangkan faktor penghambatnya antara lain (1) siswa yang malas mengikuti kegiatan (2) kondisi orang tua yang kurang menunjang terhadap proses implementasi (3) kurangnya sinergitas antar guru.
ENGLISH:
Morals is a very important thing in life, morality also determine the quality of one's faith. A developed nation is also influenced by the character of the population. The more degenerate morals of a nation's population is also the nation's increasingly dilapidated and vice versa. Therefore, education in this very important role in the formation of a person's character, and the contribution of education in terms of moral formation is made curriculum with Curriculum 2013. 2013 is the latest curriculum focuses on character education is expected to enhance the previous curriculum.
As for the focus of this research is to find as much detail as information on the implementation of morals values through learning curriculum 2013 f or student of Junior High School 5 Malang. The purpose of this study are: (1) To find out how the implementation of moral values through learning curriculum 2013 for students of Junior High School 5 Malang; (2) To know the supporting factors and obstacles in the implementation of moral values through learning curriculum 2013 for students of Junior High School 5 Malang.
To achieve the purpose above, this research used qualitative descriptive method. The method of collecting data by: (1) interview; (2) observation; (3) documentation. The data analysis was conducted by :(1) reduction of data; (2) display data or data presentation; (3) verification or draw conclusions. While checking the validity of the data using :(1) triangulation techniques; (2) increase the persistence; (3) discussions with colleagues
The results showed that the implementation of moral values through learning curriculum 2013 at the students of SMP Negeri 5 Malang conducted by :(1) integrated through subjects; (2) integrated through religious activities. As for the supporting factors in the implementation of moral values are :(1) motivation / determination of students (2) parental support of school (3) cooperation between teachers (4) adequate infrastructure and (5) curriculum. Whereas the inhibiting factors, among others: (1) students who are lazy to follow activities (2) the condition of the parents who do not care with implementation’s process (3) the lack of synergy between the teachers.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Mujtahid, Mujtahid | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Nilai-Nilai Akhlak; Kurikulum 2013; Morals Values; 2013’s Curriculum | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Indar Erdiana | ||||||
Date Deposited: | 06 Dec 2016 17:24 | ||||||
Last Modified: | 06 Dec 2016 17:24 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/5116 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |