Wildan, Wildan (2014) Kepemimpinan TGH. Hasanain Juaini dalam mengembangkan Lembaga Pendidikan: Studi kasus di Pondok Pesantren Nurul Haramain Narmada Lombok. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
11710027.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Seorang pemimpin dalam sebuah lembaga pendidikan sangat dibutuhkan untuk mengembangkan lembaga pendidikan kepada tujuan yang telah ditetapkan. Pemimpin dalam lembaga pendidikan harus mampu menjalankan fungsinya dalam menentukan kinerja lembaga, karena yang menentukan mati hidup atau pasang surutnya suatu lembaga ialah pemimpin itu sendiri. Oleh karena itu, fungsi TGH. Hasanain sebagai pemimpin dituntut untuk mampu mempengaruhi anggotanya, dan menyesuaikan diri dengan perubahan zaman. Pondok Pesantren sebagai lembaga pendidikan, dalam perjalanannya tidak bisa mengelak dari pengaruh perkembangan zaman yang diiringi oleh kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi. Untuk itu, TGH. Hasanain melakukan antisipasi yang diperkirakan mampu mengembangkan Pondok Pesantren dalam menghadapi perubahan zaman. Tipe kepemimpinan yang dijalankan mampu membawa perubahan yang sangat signifikan bagi Pondok Pesantren Nurul Haramain Narmada.
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap kepemimpinan yang dijalankan TGH. Hasanain Juaini dalam menegembangkan lembaga yang dipimpin, dengan sub fokus mencakup: (1) bagaimana fungsi kepemimpinan TGH. Hasanain Juaini, (2) bagaimana upaya TGH. Hasanain Juaini dalam mengembangkan lembaga pendidikan, (3) bagaimana tipologi kepemimpinan TGH. Hasanain Juaini.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan bentuk studi kasus. Sumber data dalam penelitian ini meliputi; Ketua Yayasan, Kepala Sekolah, dan Guru-Guru yang dianggap tahu pengalaman secara konseptual. sedangkan pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, (1) TGH. Hasanain Juaini menjalankan fungsi kepemimpinan manajerial dalam menjalankan kepemimpinannya, yaitu dengan mempengaruhi, merencanakan, mengorganisasi, mengarahkan, dan mengawasi seluruh aktifitas atapun SDM Pondok Pesantren yang dipimpinnya, (2) dalam mengembangkan Pondok Pesantren, TGH. Hasanain Juaini melakukan upaya modernisasi Pondok Pesantren, yaitu dengan menerapkan ICT sebagai alat pembelajaran dan pengajaran, dan menerapkan pembelajaran dan penggunaan bahasa asing (inggris dan arab) sebagai bahasa utama di Pondok Pesantren Nurul Haramain Narmada, (3) tipe kepemimpinan yang ada pada TGH. Hasanain Juaini adalah tipe kepemimpinan visioner, yaitu adanya karaktristik-karaktristik utama kepemimpinan visioner yang dijalankan.
ABSTRACT
The leader in an educational institution is highly required to develop an educational institution to its intended purpose. The leader in an educational institution must be able to do his job in determining the performance of institutions, because he determines the existence and performance of an institution. TGH.Hasanain as a leader should be able to affect its members and required to respond the changes of the times. Pondok pesantren as educational institutions, on their way cannot swerve from the influence of time progress accompanied by the advancement of science and technology. Therefore, TGH.Hasanain anticipating to be able to develop pondok pesantren in to face the change of the times. The type of leadership is able to bring a very significant change for pondok pesantren nurul haramain narmada.
This research aims to uncover the type of leadership used by TGH. Hasanain Juaini in developing the institution, led by sub focus includes: (1) how leadership function of TGH. Hasanain Juaini, (2) how the efforts of TGH. Hasanain Juaini in developing educational institutions, and (3) how leadership typology of TGH. Hasanain Juaini.
This research was carried out using qualitative research with case study as design of research. Data collection is done with the interview, observation, and study of the documentation. Meanwhile, the data are analyzed by interactive analysis model that are containing three steps; data reduction, data display, and conclusion. To examine the validity of the data, the researcher use triangulation of methods and triangulation of source of data.
The result of this research indicates that, (1) TGH.Hasanain juaini does the function of managerial leadership in running his leadership, namely by affecting, planning, organizing, directing, and monitoring all activities or human resources of pondok pesantren that he leads, (2) TGH.Hasanain juaini make efforts to modernize its pondok pesantren, namely by implementing ICT as a tool of learning and teaching, and use foreign languages (english and arabic) as the major language of pondok pesantren nurul haramain narmada, (3) the leadership type of TGH.Hasanain juaini is visionary leadership, it means that he has the main characteristics of visionary leadership.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Supervisor: | Baharuddin, Baharuddin and Hady, M. Samsul |
Keywords: | Kepemimpinan; Pengembangan Lembaga Pendidikan Leadership; Develop Educational Institution |
Departement: | Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Moch. Nanda Indra Lexmana |
Date Deposited: | 01 Jul 2023 05:27 |
Last Modified: | 01 Jul 2023 05:27 |
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/51139 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |