Kholilah, Nurul (2014) Manajemen Kepala Sekolah dalam meningkatkan Profesionalisme Guru: Studi Multi Kasus di SMP Negeri 1 Plumpang Tuban dan MTs Negeri Tuban. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
11710020.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Pendidikan sangat berperan dalam membentuk baik atau buruknya pribadi manusia menurut ukuran normatif. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Pendidikan Lanjutan Pertama tentang kompetensi guru yang bekerjasama dengan Pusat Penilaian Pendidikan Tahun 2003, menunjukkan rata-rata nilai kompetensi guru hanya mencapai 42.25%, standar nilai kompetensi minimal yang diharapkan yaitu 75%. Oleh karena itu perlu manajemen yang handal dari kepala sekolah mulai dari membuat perencanaan, melaksanakan kegiatan pengembangan kompetensi guru, dan mengawasi kegiatan guru dalam mengajar untuk meningkatkan profesionalisme guru.
Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan; (1) perencanaan kepala sekolah dalam meningkatkan profesionalisme guru, (2) pelaksanaan kepala sekolah dalam meningkatkan profesionalisme guru, dan (3) pengawasan kepala sekolah dalam meningkatkan profesionalisme guru.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, jenis penelitiannya dengan multi kasus. Sistem pengumpulan data yang digunakan adalah dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisa deskriptif dan interaktif.
Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut: (1) perencanaan dalam meningkatkan profesionalisme guru meliputi; mengikutkan diklat/seminar, membentuk MGMP sekolah, studi lanjut, membuat sistem pembelajaran yang menarik, mengadakan kegiatan keagamaan, membentuk forum pertemuan guru dengan masyarakat sekitar, dan studi tour (2) pelaksanaan pengembangan profesionalisme guru meliputi; memberikan motivasi untuk mengikuti diklat/seminar dengan biaya dari sekolah, memberikan dorongan untuk studi lanjut bagi guru yang berprestasi dengan beasiswa, dan penyediaan fasilitas penunjang untuk pelaksanaan kegiatan, (3) pengawasan peningkatan profesionalisme guru meliputi; sasaran pengawasan, bentuk pengawasan, tujuan pengawasan, dan penilaian.
Kesimpulan yang dapat ditarik dalam tesis ini adalah kepala sekolah mampu menjalankan fungsi manajemen yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan dalam meningkatkan Profesionalisme guru berdasarkan 4 kompetensi (pedagogik, profesional, kepribadian, dan sosial).
Saran yang dapat diberikan dari penelitian ini adalah melakukan penelitian lebih lanjut yang mampu mengungkapkan tentang fungsi manajemen kepala sekolah dalam meningkatkan profesionalisme guru ditinjau dari media fokus yang lain atau menambahi fungsi manajemen yaitu pengorganisasian, sebab penelitian ini mengandung sejumlah keterbatasan.
ABSTRACT
Education have a role in shaping the human personality be a good or bad according to the size of the normative. Based on result of research from Departement of National Education Directorate General of Secondary Education about teacher competency are collaborated with Assessment Center Education on
2003, shows the average value of teacher competence only reaches 42.25%, minimum standard of competence expected value is 75%. Therefore, need a reliable the principals of management ranging from planning, implementing teacher competence development activities, and oversee the activities of teachers in teaching to improve the professionalism of teacher’s.
This study aims to describe is: (1) planning principals in improving the professionalism of teacher’s, (2) implementation of principals in improving the professionalism of teacher’s, and (3) supervision of principals in improving the professionalism of teacher’s
This study used qualitative methods, types of research with multiple cases. Data collection system that is used is by observation, interviews, and documentation. The data analysis technique used is descriptive analysis and interactive.
The results showed the following is: (1) planning in improving the professionalism of teachers include; quote training / seminars, forming MGMPs school, further study, making the system attractive learning, conduct religious activities, form a community forum meetings with teachers around, and study tours, (2) implementation of teacher professional development include; provide motivation to keep training/seminar with the cost of school, provided the impetus for further studies for teachers who excel in scholarship, and the provision of supporting facilities for the implementation of activities, and (3) increased supervision of teacher professional include; targeted surveillance, monitoring forms, goal monitoring, and assessment.
The conclusion that can be drawn in this thesis is able to carry out the principal functions of management include planning, implementation, and oversight in enhancing the professionalism of teachers by 4 competencies (pedagogical, professional, personal, and social).
Advice can be given of this research is to conduct more research that is able to reveal about the principal management functions in improving the professionalism of teachers in terms of media focus to another or adding management functions, namely organizing, because this study contains a number of limitations.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Supervisor: | Suti'ah, Suti'ah and Sahlan, Asmaun |
Keywords: | Manajemen; Kepala Sekolah; Profesionalisme Guru The Management; Head School; the Professionalism Teacher’s |
Departement: | Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Moch. Nanda Indra Lexmana |
Date Deposited: | 01 Jul 2023 05:28 |
Last Modified: | 01 Jul 2023 05:28 |
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/51122 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |