Syafi’i, Emilia Khumairo (2015) Nilai-nilai pendidikan akhlak pada dialog Nabi Musa Alaihis Salam dan Nabi Harun Alaihis Salam dalam al-Qur’an surat al-A’raf Ayat 150-154: Kajian Tafsir Al-Mishbah. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
11110082.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Pendidikan Akhlak merupakan pendidikan yang sangat penting, dengan banyaknya kemajuan teknolgi yang dapat mempengaruhi akhlak manusia ke arah yang tidak baik, maka pendidikan akhlak saat ini sangat dibutuhkan. Dalam kehidupan seorang muslim, Allah SWT telah memberikan pegangan dan tuntunan kepada setiap hambanya agar senantiasa dapat menjalankan kehidupannya dengan baik, serta tidak keluar dari tatanan syari’ah yang telah ditentukan. Pegangan yang menjadi pedoman hidup orang Islam tersebut adalah kitab suci Al-Qur’an. Sebagai petunjuk, Al-Qur’an sudah jelas mengandung banyak isyarat pendidikan akhlak bagi manusia.
Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk: (1) mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan akhlak dalam al-Qur’an surat Al-A’raf ayat 150-154, (2) mendeskripsikan metode pendidikan akhlak pada dialaog Nabi Musa Alaihi Salam dan Nabi Harun Alaihi Salam dalam Al-Qur’an surat Al-A’raf ayat 150-154. (3) menghubungkan nilai-nilai pendidikan akhlak dengan materi dalam mata pelajaran Akidah Akhlak Madrasah Aliyah kelas XI.
Penelitian yang dilakukan penulis di sini adalah penelitian kepustakaan (library research), karena data yang diteliti berupa naskah-naskah, buku-buku, jurnal yang bersumber dari khazanah kepustakaan dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Kitab tafsir Al-Mishbah karya M. Quraish Shihab adalah yang menjadi sumber rujukan utama penulis untuk memahami suatu ayat. Sedangkan analisisnya, penulis menggunakan metode analisis isi. Pemahaman dan analisis tersebut dilakukan melalui kegiatan membaca, mengklasifikasikan dan menganalisis data.
Hasil penelitian dalam surat Al-A’raf ayat 150-154 ini terdapat 9 nilai pendidikan akhlak yang sangat menonjol, diantaranya yaitu nilai pendidikan tanggung jawab, ketegasan, bijaksana, pengontrolan diri, berdoa kepada Allah, kepedulian, kejujuran, taubat dan menahan amarah. Sedangkan metode yang penulis temukan terdiri dari tiga metode yaitu metode uswah/tauladan, metode tarhib/hukuman, metode mauidzoh/nasihat.
ENGLISH:
Moral education is a very important education, with many technology advances that can affect human morality is not a good direction, then moral education is needed today. In the life of a Muslim, Allah has given a handle and guidance to each of His servants to always be able to run the life well, and not out of Shari'ah predetermined. Grip that guide the life of Islam is the holy book of the Qur'an. As a guide, the Qur'an has clearly contains many cues moral education of humans.
The purpose of this study was to: (1) describe the values of moral education in the Quran surah Al-A'raf verses 150-154, (2) describe the methods of moral education in the dialogue of the Prophet Moses and Prophet Aaron Alaihi Salam in the Quran surah Al-Araf verse 150-154. (3) connects the values of moral education with the material in Morals beliefs subjects of Madrasa Aliyah of class XI.
The research used the library research, because the data were examined in the form of manuscripts, books, journals sourced from the treasury of literature by using qualitative descriptive approach. Kitab Al-Mishbah commentary by M. Quraish Shihab was the main reference source for understanding the text writer. While the analysis, the author used the method of content analysis. Understanding and analysis were done through reading activities, classifying and analyzing the data.
Results of research in the Al-Araf verse 150-154 there were 9 values of very prominent moral education, including educational value of responsibility, assertiveness, thoughtful, self control, praying to God, caring, honesty, repentance and anger. While the author found that the method consisted of three methods: a method of uswah / role models, methods of tarhib / punishment, methods of mauidzoh / advice.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Supriyatno, Triyo | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Nilai; Metode; Pendidikan Akhlak; Values; Methods; Morals Education | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Dian Anesti | ||||||
Date Deposited: | 06 Dec 2016 17:21 | ||||||
Last Modified: | 06 Dec 2016 17:21 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/5112 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |