Himmatin, Ulya (2014) Keterampilan Guru dalam Mengimplementasikan Manajemen Kelas untuk menunjang Mutu Pembelajaran di Madrasah Aliyah Negeri 2 Bojonegoro. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
11710015.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Guru dalam peranannya sebagai pengelola kelas, hendaknya mampu mengelola kelas sebagai lingkungan belajar. Lingkungan ini diatur dan diawasi agar kegiatan belajar terarah kepada tujuan pendidikan. Pengawasan terhadap lingkungan belajar ini turut menentukan sejauh mana lingkungan tersebut dapat menjadi lingkungan belajar yang baik. Dalam manajemen kelas, guru bertugas menciptakan dan memelihara kondisi yang optimal untuk belajar-mengajar. Apabila terjadi situasi yang menyimpang sehingga kondisi belajar-mengajar menjadi tidak optimal maka guru berupaya untuk mengembalikan ke kondisi yang optimal agar proses belajar-mengajar yang ada dapat berjalan dengan efektif. MAN 2 Bojonegoro merupakan lembaga pendidikan unggulan dengan peserta didiknya sarat akan prestasi baik dari segi akademik atau non akademiknya.
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan manajemen kelas yang diterapkan di MAN 2 Bojonegoro, dengan sub fokus mencakup: (1) keterampilan guru dalam mengimplementasikan manajemen kelas, (2) kondisi mutu pembelajaran, (3) faktor yang mempengaruhi penerapan manajemen (manajemen) kelas untuk menunjang mutu pembelajaran, yang dilakukan di MAN 2 Bojonegoro.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun untuk menganalisa data menggunakan kualitatif deskriptif, meliputi pengumpulan data, proses pemilihan data, pemeriksaan keabsahan data, dan kesimpulan. Pengecekan keabsahan temuan dilakukan dengan ketekunan pengamatan dan triangulasi dengan menggunakan berbagai sumber, teori, dan metode. Informan penelitian yaitu kepala madrasah, wakil kepala sekolah bidang kurikulum, dan para pendidik.
Hasil penelitian menujukkan bahwa: (1) Keterampilan yang dimiliki guru MAN 2 Bojonegoro dalam mengelola kelas telah menciptakan keteraturan dan kelengkapan fasilitas belajar. Keteraturan yang dimaksudkan adalah mencakup hal-hal yang terkait langsung atau tidak langsung dengan proses pembelajaran; (2) Mutu pembelajaran di MAN 2 Bojonegoro yang peneliti peroleh cukup memuaskan dalam artian telah mencapai predikat pembelajaran yang bermutu, meskipun masih dibutuhkan peningkatan yang berlipat ganda untuk masa yang akan datang; (3) Pada dasarnya manajemen kelas dipengaruhi oleh faktor-faktor sebagai berikut: a. Faktor Gedung dan Sarana, b. Faktor Guru, c. Faktor Siswa, dan d. Faktor Keluarga.
ABSTRACT
Teacher, as the manager of the class, should be able to manage the classroom as a learning environment. The environment is regulated and supervised so that the activities are constantly directed to the educational purposes. The supervision of the learning environment determines the extent to which the environment can be a good learning environment. In classroom management, the teacher has duties i.e. creating and maintaining optimal conditions for teaching and learning. When there are deviate situations, so that the teaching and learning conditions are not optimal, the teacher seeks to restore to the optimal conditions for the sake of the effectiveness of teaching and learning processes. MAN 2 Bojonegoro is a leading educational institution in which the students have various achievements both in terms of academic or non-academic.
This study was aimed to reveal a classroom management applied in MAN 2 Bojonegoro. The sub focus includes: (1) the teacher skills in implementing classroom management, (2) the conditions of learning quality, and (3) the factors that affect the application of classroom management in MAN 2 Bojonegoro to support the learning quality.
This study used a qualitative approach. The data collection techniques cover observation, interview, and documentation. The data analysis used a descriptive qualitative, including data collection, data selection, checking the validity of the data, and conclusions. Checking the validity of the findings was carried out with diligence observations and triangulation using a variety of sources, theories, and methods.
The research informant were principal, vice principal of curriculum area, and educators. The results showed that: (1) the teacher skills in managing classroom have created regularity and completeness of learning facilities. The regularity here includes any things related directly or indirectly to the learning process, (2) the learning quality in MAN 2 Bojonegoro is quite satisfactory, meaning that it has reached the title of quality learning, though it still needs many improvement in the future, (3) the classroom management was basically influenced by the following factors: a) building and facilities, b) teachers, c) students, and d) family.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Supervisor: | Hady, M. Samsul and Baharuddin, Baharuddin |
Keywords: | Keterampilan Mengelola Kelas; Guru; Mutu Pembelajaran Classroom Management Skills; Teacher; Learning Quality |
Departement: | Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Moch. Nanda Indra Lexmana |
Date Deposited: | 01 Jul 2023 05:28 |
Last Modified: | 01 Jul 2023 05:28 |
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/51100 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |