Masyitah, Arie (2015) Peran orang tua dalam membina anak menuju kesuksesan: Studi kasus keluarga di Dusun Pejarakan Selatan Kecamatan Jabon Kabupaten Sidoarjo. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
11110074.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Orang tua adalah guru pertama dan utama bagi anak. Orang tua juga merupakan guru agama, bahasa, dan social pertama bagi anak. Orang tua adalah orang yang mengajarkan anak bersosialisasi dengan lingkungan sekitarnya. Orang tua khususnya ibu bias menjadi guru yang baik bagi anak-anaknya. Jika seseorang ibu mampu mengarahkan, membimbing dan mengembangkan fitrah dan potensi anak secara maksimal. Orang tua merupakan factor penentu kesuksesan bagi anak-anaknya.
Tujuan Penelitian ini adalah untuk: (1) mengetahui peran orang tua dalam membina anak menuju kesuksesan pada keluarga di Dusun Pejarakan Selatan Kecamatan Jabon Kabupaten Sidoarjo, (2) mengetahui faktor-faktor yang mendukung dan menghambat orang tua dalam membina anak menuju kesuksesan.
Untuk mencapai tujuan di atas, digunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus digunakan adalah observasi case studies yaitu studi yang berfokus beberapa aspek organisasi tertentu dengan menggunakan partisipasi observasi sebagai teknik utama untuk mengumpulkan data, serta menggunakan wawancara untuk mendapatkan data secara langsung. Kehadiran peneliti dalam penelitian kualitatif mutlak diperlukan, karena peneliti sendiri merupakan alat (instrumen) pengumpul data yang utama sehingga kehadiran peneliti mutlak diperlukan dalam menguraikan data nantinya
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) peran orang tua dalam membina anak menuju kesuksesan di keluarga, tepatnya di Dusun Pejarakan Selatan berjalan dengan baik yang mana terdapat beberapa fungsi pengasuhan pendidikan anak meliputi pendidikan akal (intelektual anak), pendidikan psikologikal dan emosi anak, pendidikan keimanan anak, pendidikan akhlak anak, dan pendidikan social anak. (2) faktor yang mendukung peran orang tua dalam membina anak menuju kesuksesan pada keluarga adanya rasa kerjasama/ saling mendukung, semangat mendidik serta rasa tanggung jawab yang kuat dan kesadaran diri dalam mencerdaskan anak. Adanya selalu perhatian yang tercurah dan komunikasi yang terjalin dengan baik antara orang tua dengan anak di dalam keluarga. Dan sebaliknya, faktor ekonomi sehingga para orang tua sibuk diluar rumah untuk bekerja keras dalam mencari nafkah untuk membiayai anaknya, terbatasnya pemahaman pengasuhan atau cara mendidik anaknya, kurangnya perhatian orang tua bagi pendidikan anaknya, keadaan anak yang kadang-kadang masih terbelenggu dengan sifat malas dan pergaulan yang kurang mendukung merupakan beberapa faktor yang menghambat orang tua dalam membina anak menuju kesuksesan.
ENGLISH:
Parents are the first and primary teacher for the children. Parents also a first teacher of religion, language, and social for children. Parents are the people who teach the children to socialize with the surrounding environment. Parents, especially mothers could be a good teacher for their children. If someone's mother is able to direct, guide and develop the character and potential of children maximumly. Parents are the determining factor of success for their children.
Purpose of this study was to: (1) determine the role of parents in fostering children for success in the family at South Pejarakan village Jabon subdistrict of Sidoarjo district, (2) determine the factors that support and obstruct parents in fostering the child to success.
To achieve the objective above, the study used a qualitative approach with case study was observational case studies are studies that focus some aspects of certain organizations by using participation observation as the main technique for collecting data, and using interviews to obtain data directly. The presence of researchers in qualitative research is absolutely necessary, because the researcher itself is a tool (instrument) of primary data collectors so that the presence of researchers is absolutely necessary for analyzing the data in the future.
The results showed that, (1) the role of parents in fostering the child to success in family, precisely in South Pejarakan village ran well where there were several functions parenting a child's education includes education of mind (intellectual child), psychological, emotional, faith, moral, and social educations of children. (2) factors that support the r ole of parents in fostering children for success in the family were sense of cooperation / mutual support, educate spirit and strong sense of responsibility and self-awareness in educating children. There are fully attention and well established communication between parents and children in the family. And conversely, the economic factor in order to are parents busy outside to work hard and earn a living to pay for the their children, the limited understanding of parenting or how to educate their children, lack of parental supervision for their children's education, the situation of children who sometimes still fettered by laziness and socially unfavorable are several factors that obstruct parents in fostering the child to success.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Marno, Marno | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Peran Orang Tua; Keluarga Sukses; Role of Parents; Family Success | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Dian Anesti | ||||||
Date Deposited: | 06 Dec 2016 17:21 | ||||||
Last Modified: | 06 Dec 2016 17:21 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/5110 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |