Fadillah, M. Kharis (2013) Pengaruh Supervisi Kepala Madrasah dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Guru di Madrasah Aliyah Negeri Se-Kabupaten Malang. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
11710009.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (886kB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Kepala madrasah berperan dan bertanggung jawab memantau, membina dan memperbaiki proses belajar mengajar di kelas. Sebagaimana unsur pimpinan dalam sistem organisasi sekolah, kepala sekolah berhadapan langsung dengan unsur pelaksana proses belajar mengajar yaitu guru. Dari konsep supervisi sebagai proses membantu guru guna memperbaiki dan meningkatkan pembelajaran dan kurikulum terkandung makna bahwa kepala sekolah adalah supervisor yang membantu guru untuk memperbaiki kualitas pengajaran. Oleh karena itu, dalam pendidikan modern supervisi kepala madrasah perlu mendapatkan perhatian yang serius. Hal ini penting untuk diperhatikan agar kepala madrasah dapat berperan dengan baik dalam mencapai tujuan madrasah yang direncanakan. Selain kepala madrasah guru sebagai sumber daya manusia (human resources) merupakan aset investasi besar yang mana jika dimanfaatkan akan menjadi modal yang sangat berharga dalam mencapai tujuan-tujuan dari lembaga pendidikan disamping sumber modal lainnya. Tenaga pendidik sebagai komponen utama dan pemegang tampuk pendidikan memainkan peranan yang sangat signifikan terhadap keberhasilan pendidikan. Selain standar kompetensi yang harus dimiliki oleh seorang guru motivasi kerja memainkan peranan yang cukup signifikan dalam membentuk kinerja seorang guru. Dengan motivasi kerja yang baik bisa membentuk karakteristik psikologis yang bisa memberikan kontribusi pada tingkat kinerja seseorang.
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan (1) gambaran tentang supervisi kepala madrasah, motivasi kerja guru dan kinerja guru pada MAN se-Kabupaten Malang, (2) menjelaskan pengaruh supervisi kepala madrasah terhadap kinerja guru pada MAN se-Kabupaten Malang, (3) menjelaskan pengaruh motivasi kerja guru terhadap kinerja guru pada MAN se-Kabupaten Malang, (4) menjelaskan pengaruh supervisi kepala madrasah dan motivasi kerja guru terhadap kinerja guru pada MAN se-Kabupaten Malang.
Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket yang terdiri dari variabel supervisi kepala madrasah, motivasi kerja, dan kinerja guru. Sementara untuk uji hipotesis digunakan teknik analisis jalur (path analysis) dengan menggunakan tekhnik analisis regresi linier berganda (multiple regression).
Hasil analisis data membuktikan bahwa (1) supervisi kepala madrasah tergolong tinggi, motivasi kerja juga tergolong tinggi dan kinerja guru cenderung tinggi (2) ada pengaruh supervisi kepala madrasah terhadap kinerja guru yang dijelaskan dengan hasil nilai signifikansi t-test yang mempunyai besaran 0,02, (3) tidak ada pengaruh motivasi kerja terhadap kinerja guru yang dijelaskan dengan hasil nilai signifikansi t-test yang mempunyai besaran 0,406, (4) ada pengaruh supervisi kepala madrasah dan motivasi kerja terhadap kinerja guru yang dijelaskan dengan hasil uji F yang mempunyai besaran nilai signifikansi 0,003. Adapun besaran pengaruh supervisi kepala madrasah dan motivasi kerja terhadap kinerja guru hanya sebesar 18% dan 82% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain selain kedua variabel tersebut sebagaimana yang ditunjukkan oleh hasil Uji Anova yang mempunyai besaran R Square sebesar 0,182.
Dengan demikian, supervisi kepala madrasah dan motivasi kerja mempunyai andil yang cukup besar terhadap peningkatan kinerja guru sehingga sudah menjadi keharusan bagi kepala madrasah dan guru untuk selalu memperhatikan dan meningkatkan supervisi kepala madrasah dan motivasi kerja guna meningkatkan kinerja guru tanpa melupakakan factor-faktor lain yang juga mempengaruhi kinerja guru.
ABSTRACT
Headmaster supervision as role and responsibility for monitoring, managing and improving the teaching and learning process at class is headmaster responsibilities to do. In the same manner as leader substances in school organization system, headmaster immediately faced with the teacher as an agent of teaching process. Supervision concept as a process to help the teacher to correct and improve teaching and curriculum, means the headmaster is a supervisor who help the teacher for improving the teaching quality. Therefore, supervision concept in a modern education is seriously needs an special attention. This attention is important in order headmaster to play his role full well for achieving the school objectives which have been planned. Besides headmaster, teacher is as human resource is a major asset which if used well would be very valuable capital in achieving the goals of educational institutions as compared to the other capital sources. Teacher as a main component and the holder of the reins of education performs a very significant effect on educational success. Be sides standard of competence must be possessed by a teacher, employee motivation performs the significant role in shaping characteristics of teacher performance, because of the employee motivation could be formed the character of human beings and it can contribute for increasing the level individual performance.
The purposes of the study were (1) to explain the headmaster supervision, employee motivation and teacher’s performance of All Islamic Senior High School in Malang regency, (2) explain the influence headmaster supervision on teachers performance, (3) explain the influence employee motivation to teachers performance, (4) explain the influence headmaster supervision and employee motivation on teachers performance of All Islamic Senior High School in Malang regency.
The design used in this research is uses quantitative approach. The collecting data in this research use a questionnaire which consisting of variables; headmaster supervision, employee motivation and teachers performance. Certainly, hypothesis test was used path analysis technique of multiple regression analysis technique.
The results of data analysis proves that (1) headmaster supervision is high, employee motivation is high, and teachers performance is high, (2) there is no influence of headmaster supervision on performance which described by the result values of t-test significance which have quantity 0,02, (3) there is influence of employee motivation on teachers performance which described by the result values of t-test significance which have quantity 0,406, (4) there is influence of headmaster supervision and employee motivation on teachers performance simultaneously described by the result of F-test who has 0,003 significant values. It so the quantity influence of headmaster supervision and employee motivation on teachers performance only reached 18% and 82% of residue influenced by other variables besides these two variables as indicated by ANOVA test results that have a quantity 0,182 R Square.
Thus, headmaster supervision, employee motivation, and teacher performance has a big influence on teachers performance, that has become necessity for personnel of education to always pay attention and improve the headmaster supervision and employee motivation to improve the teachers performance without forgetting the other factors that influences on teachers performance.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Supervisor: | Muhaimin, Muhaimin and Wahidmurni, Wahidmurni |
Keywords: | Supervisi Kepala Madrasah; Motivasi Kerja; Kinerja Guru Headmaster Supervision and Employee Motivation; Teacher Performance |
Departement: | Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Moch. Nanda Indra Lexmana |
Date Deposited: | 01 Jul 2023 05:28 |
Last Modified: | 01 Jul 2023 05:28 |
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/51097 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |