Istianah, Siti (2013) Manajemen Pendidikan Karakter dalam membentuk Budaya Religius: Studi kasus di Madrasah Ibtida’iyah Nahdlatul Ulama (MI NU) Tegalsari Banyuwangi. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
11710003.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Adanya degradasi moral yang semakin meningkat di Indonesia menimbulkan keprihatinan yang mendalam terutama bagi lembaga pendidikan tidak terkecuali dengan MI NU Tegalsari Banyuwangi. Banyaknya kasus yang terjadi di Indonesia menggerakkan pemerintah untuk menata kembali pola pendidikan Indonesia dengan menghadirkan program pendidikan karakter. Di latar belakangi oleh keprihatinan tersebut MI NU Tegalsari ingin menanamkan nilai-nilai karakter pada peserta didik sejak dini dengan melakukan beberapa program dan kegiatan pendidikan karakteragar dapat menjadi suatu budaya religius di sekolah. Fokus dari penelitian ini, yaitu: 1) Bagaimanakah perencanaan pendidikan karakter dalam membentuk budaya religius di MI NU Tegalsari, 2) Bagaimanakah pelaksanaan pendidikan karakter dalam membentuk budaya religius di MI NU Tegalsari, dan 3) Bagaimanakah monitoring dan evaluasi pendidikan karakter dalam membentuk budaya religius di MI NU Tegalsari. Tujuan penelitian ini antara lain: 1) Mendeskripsikan perencanaan pendidikan karakter dalam membentuk budaya religius di MI NU Tegalsari, 2) Mendeskripsikan pelaksanaan pendidikan karakter di MI NU Tegalsari dan 3) Mendeskripsikan monitoring dan evaluasi pendidikan karakter dalam membentuk budaya religius di MI NU Tegalsari.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus tunggal. Pengumpulan data dilakukan dengan mengguanakan metode observasi partisipasi, metode dokumentasi dan metode interview (wawancara). Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyederhanaan data, penyajian data dan penarikan kesimpulan (verifikasi). Pengecekan keabsahan temuan dilakukan dengan cara kredibilitas, kebergantungan dan kepastian.
Temuan penelitian menunjukkan bahwa: 1) Aspek perencanaan pendidikan karakter dalam membentuk budaya religius di MI NU Tegalsari antara lain meliputi: membentuk karakter peserta didik, menentukan strategi dan metode, dukung dengan fasilitas dan sumber belajar yang memadai, menciptakan lingkungan yang kondusif dan menciptakan suasana religius. 2) Dalam pelaksanaanya berupa program pengembangan diri dan pembiasaan yang terbagi dalam kegiatan kepramukaan, upacara bendera, bakat dan minat, pembiasaan sholat jama’ah, pembiasaan senyum, salam dan sapa serta pembiasaan menabung.3) Dan dalam Monitoring dan evaluasi adalah dengan cara kerja sama dengan orang tua peserta didik dan menerbitkan buku bina ibadah
ABSTRACT
The existence of moral degradation which is becoming more and more in Indonesia causes the deep thoughfulness especially for educational institution, even with MI NU Tegalsari Banyuwangi. The number of cases happen in Indonesia incourage the government to deregulate indonesian educational pattern by establish character education program. Based on that thoughfulness, MI NU Tegalsari want to inculcat character value for the student earlier by conducting some character education program and activities in order to create a religious culture in the school. The focuses area of this research are: 1) How is the character educational planning in the form of religious culture in MI NU Tegalsari Banyuwangi, 2) how is the implementation of educational character in the form of religious culture in MI NU TegalsariBanyuwangi, and how is the monitoting and evaluationin the form of religious culture in MI NU Tegalsari.The aims of this research are: 1) to describe the educational education planning in the form of religious culturein MI NU TegalsariBanyuwangi, 2) to describe the implementation of educational character in the form of religious culture in MI NU Tegalsari Banyuwangi, and 3) to describe the monitoring and evaluation of educational character in the form of religious culture in MI NU Tegalsari Banyuwangi.
This research uses the kualitative aproach with single case study research type. The data collection is conducted by using participation observation method, documetation method and interview method. The data analisys technic includs data reduction, simplification data, data presentation and veryfication. Checking the finding credibility is conducted by credibility, dependebility, and certainty.
The finding research shows that: 1) the planning aspect of educational character in the form of religious culture in MI NU Tegalsari includs: character shaping for student, determining the strategy and the method, supporting with facilitation and available learning resourch, creating condusive environment and religious culture; 2) In the implementation is using developmental personality program and accustoming which is divided into Boy Scouts activity, ceremony, tallent and interest, accustoming Jum’at praying, accustoming the fasting, accustoming the greeting, and accustoming saving money; 3) In the monitoring and evaluation is coorperation parenting and making worship books.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Supervisor: | Muhaimin, Muhaimin and Ali, Nur |
Keywords: | Manajemen; Pendidikan Karakter; Budaya Religius Management; Character Education; Religious Culture |
Departement: | Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Moch. Nanda Indra Lexmana |
Date Deposited: | 01 Jul 2023 05:28 |
Last Modified: | 01 Jul 2023 05:28 |
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/51093 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |