Munir, Miftahul (2013) Pengaruh Implementasi SMM ISO 9001:2008, Kepemimpinan Transformasional dan Disiplin Kerja terhadap Kinerja Guru SMK Negeri Bersertifikat ISO di Kabupaten Malang. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
10710037.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (939kB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Keberhasilan penyelenggaraan pendidikan di sekolah sangat ditentukan oleh kinerja para pelaku pendidikan, khususnya guru selaku ujung tombak pengelola pendidikan dan pengajaran.
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh Implementasi SMM ISO 9001:2008, Kepemimpinan Transformasional dan Disiplin Kerja terhadap Kinerja Guru SMK yang bersertifikat ISO di Kabupaten Malang.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif berjenis korelasional. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik penyebaran angket kepada responden. Teknik analisis data meliputi uji asumsi klasik, yaitu uji multikolinieritas, uji heteroskedastitas, uji normalitas dan uji korelasi, serta analisis regresi. Respondennya adalah pimpinan sekolah dan para guru SMK Negeri yang bersertifikat ISO di Kabupaten Malang.
Temuan penelitian menunjukkan bahwa: Implementasi SMM ISO 9001:2008 berpengaruh positif terhadap kinerja guru dengan nilai korelasi sebesar 0,649 dan besar pengaruhnya ditunjukkan dengan nilai koefisien determinan sebesar 52,316. Kepemimpinan transformasional berpengaruh positif terhadap kinerja guru dengan nilai korelasi sebesar 0,694 dan besar pengaruhnya ditunjukkan dengan nilai koefisien determinan sebesar 55,794. Disiplin kerja berpengaruh pula terhadap kinerja guru. Nilai korelasi antara disiplin kerja dengan kinerja guru sebesar 0,637 dan pengaruh disiplin kerja terhadap kinerja guru ditunjukkan oleh nilai koefisien determinan sebesar 54,540. Secara bersama-sama Implementasi SMM ISO 9001:2008, Kepemimpinan Transformasional dan Disiplin Kerja berpengaruh positif terhadap Kinerja Guru dengan nilai korelasi sebesar 0,551 dan besar pengaruhnya ditunjukkan dengan nilai koefisien determinan sebesar 31,643 yang berarti kinerja guru ditentukan oleh Implementasi SMM ISO 9001:2008, Kepemimpinan Transformasional dan Disiplin Kerja sebesar 55,10%.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut, disarankan kepada kepala sekolah pada umumnya, dan Kepala SMK di Kabupaten Malang pada khusunya untuk berkomitmen dalam mengimplementasikan SMM ISO 9001:2008. Kepala sekolah juga disarankan memperhatikan dan meningkatkan perilaku kepemimpinan transformasional, disiplin kerja guru dan juga memperhatikan faktor-faktor lain yang mempengaruhi kinerja guru. Bagi para guru disarankan untuk lebih mengoptimalkan kinerja sesuai dengan tugas dan tanggungjawabnya.
ABSTRACT
The success of education in schools is largely determined by the performance of the actors of education, especially teachers as managers spearheading education and teaching. This study aimed to clarify the effect of ISO 9001:2008 QMS Implementation, Transformational Leadership and Work Discipline to Performance ISO certified vocational teachers in Kabupaten Malang. This study uses a quantitative approach correlational manifold. The data was collected by distributing questionnaires to the respondents techniques. Data analysis techniques include the classical assumption, ie multicolinearity, heteroskedastitas test, normality test and test correlation, and regression analysis. Respondent is the head of the school and the teachers are certified ISO SMK Negeri Kabupaten Malang.
The research findings showed that: ISO 9001:2008 QMS Implementation positive effect on teacher performance with correlation value of 0.649 and a big influence indicated by the coefficient determinant of 52.316. Transformational leadership has a positive effect on teacher performance with the correlation value of 0.694 and a big influence indicated by the coefficient determinant of 55.794. Labor discipline also affects the performance of teachers. Value of the correlation between the performance of the work discipline of 0.637 teachers and influence the performance of teachers working discipline shown by the coefficient determinant of 54.540. Together the ISO 9001:2008 QMS Implementation, Transformational Leadership and Work Discipline positive effect on teacher performance with a correlation value of 0.551 and a big influence indicated by the coefficient determinant of 31.643 which means teacher performance is determined by the ISO 9001:2008 QMS Implementation, Leadership transformational and Work Discipline at 55.10 %.
Based on these results, it is suggested to the principal in general, and head of SMK in Kabupaten Malang in particular to commit to implementing ISO 9001:2008 QMS. The school principal also advised to pay attention and improve the behavior of transformational leadership, discipline, and also pay attention to the work of teachers of other factors that affect the performance of teachers. For teachers are advised to further optimize performance in accordance with the duties and responsibilities.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Supervisor: | Prabowo, Sugeng Listyo and Yasin, Ahmad Fatah |
Keywords: | Implementasi SMM ISO 9001:2008; Kepemimpinan Transformasional; Disiplin Kerja; Kinerja Guru Implementation of QMS ISO 9001:2008; Transformational Leadership; Work Discipline; Teacher Performance |
Departement: | Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Moch. Nanda Indra Lexmana |
Date Deposited: | 01 Jul 2023 05:28 |
Last Modified: | 01 Jul 2023 05:28 |
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/51069 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |