Strategi pembinaan akhlaqul karimah siswa di Madrasah Aliyah Negeri Buduran Sidoarjo

Arifani, Ika Putri (2015) Strategi pembinaan akhlaqul karimah siswa di Madrasah Aliyah Negeri Buduran Sidoarjo. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img] Text (Fulltext)
11110072.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

INDONESIA:

Pendidikan memiliki peranan pokok dalam membentuk generasi mendatang. Hal itu sungguh penting dilakukan mengingat semakin banyaknya kemerosotan moral yang melanda akibat pengaruh negatif dari era globalisasi serta kemajuan dibidang ilmu pengetahuan dan teknologi. Peran pendidikan di sekolah menjadi kunci kedua dalam pendidikan. Pentingnya pembinaan akhlaqul karimah yang diberikan kepada siswa supaya mereka tidak terpengaruh sehingga mampu menjadi generasi muslim dan muslimah yang tidak hanya unggul dalam prestasi namun juga berakhlak mulia.

Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) memahami strategi pembinaan akhlaqul karimah siswa yang diterapkan di MAN Buduran Sidoarjo, (2) memahami kendala-kendala dalam pembinaan akhlaqul karimah siswa di MAN Buduran Sidoarjo, (3) memahami usaha yang dilakukan dalam menanggulangi kendala-kendala penerapan strategi pembinaan akhlaqul karimah siswa di MAN Buduran Sidoarjo.

Untuk mencapai tujuan diatas, digunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan mengambil lokasi di MAN Buduran Sidoarjo. Instrumen kunci adalah peneliti sendiri dan teknik pengumpulan data digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dan dari makna itulah ditarik kesimpulan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) strategi pembinaan akhlaqul karimah siswa yang diterapkan di MAN Buduran Sidoarjo dengan a. keteladanan dalam berpakaian dan menerapkan 5S (senyum, salim, sapa, sopan dan santun), b. pembiasaan melalui sholat jum’at dan sholat dzuhur berjama’ah, sholat sunnah dhuha, kebersihan dan infaq, c. nasihat melalui pembelajaran di kelas, d. latihan melalui kultum atau khotbah jum’at, hafalan juz ‘amma dan membaca juz ‘amma tiap pagi dan e. hukuman, (2) kendala-kendala dalam pembinaan akhlaqul karimah siswa di MAN Buduran Sidoarjo dengan a. faktor guru yaitu kurangnya menerapkan 5S (senyum, salim, sapa, sopan dan santun), b. faktor dari siswa yaitu kurangnya kesadaran, c. faktor lingkungan pergaulan dan d. faktor orang tua yang kurangnya dukungan dan perhatian, (3) usaha yang dilakukan dalam menanggulangi kendala-kendala penerapan strategi pembinaan akhlaqul karimah siswa di MAN Buduran Sidoarjo dengan kerjasama dengan guru dan kerjasama dengan orang tua.

ENGLISH:

Education has a fundamental role in shaping of the next generation. It is really important because the increasing moral decadence that as the negative effects of globalization and advancements in science and technology. The role of education in schools is the second key in education. The importance of moral development in students in order to they are not affected so they can be a generation of Moslem who not only they are excellent in achievement but also they can have noble moral.

The purpose of this research is to: (1) comprehend the strategy of moral development to students who is applied in MAN Buduran Sidoarjo, (2) comprehend the obstacles in moral development of students in MAN Buduran Sidoarjo, (3) comprehend the efforts to cope with the obstacles in strategy of moral development application.

To achieve the above purpose, the reseacher uses qualitative approach by taking place in the MAN Buduran Sidoarjo. Here the researcher herself is as key instrument and data collection technic are observation, interviews and documentation. Data analysis is done by giving the meaning to data which is collected, and the last from this meaning it can be taken the conclusions.

The results of this research showed that: (1) the strategy of moral development to students who is applied in MAN Buduran Sidoarjo with a. exemplary in dress and implementing five things (smile, hand shake, greetings, respecful and good mannerd), b. habituation by Friday prayers and Dzuhur prayers together, Dhuha prayers, cleanliness and given amls, c. advice by classroom learning, d. Drills by Speech or Friday sermon, memorizing Juz 'Amma and read the chapters Juz 'Amma every morning and e. Punishment, (2) the obstacles in moral development of students in MAN Buduran Sidoarjo with a. the factor of teacher is a limitation of implementing five things (smile, hand shake, greetings, respecful and good mannerd), b. the factor of students is a limitation of awareness, c. the factor of association area and d. the factor of parents is support and attention limitation, (3) the efforts to cope with the obstacles in strategy of moral development application by collaboration between teachers and parents.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Walid, Muhammad
Keywords: Strategi; Pembinaan Akhlaqul Karimah; Strategy; Moral Development
Departement: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Dian Anesti
Date Deposited: 06 Dec 2016 10:24
Last Modified: 06 Dec 2016 10:24
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/5106

Actions (login required)

View Item View Item