Pelaksanaan pembelajaran PAI dan budi pekerti kurikulum 2013 di SMP Negeri 5 Malang

Andita, Nila Nurma (2015) Pelaksanaan pembelajaran PAI dan budi pekerti kurikulum 2013 di SMP Negeri 5 Malang. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Islam Maulana Malik Ibrahim.

[img] Text (Fulltext)
11110064.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

INDONESIA:

Implementasi Kurikulum 2013 merupakan aktualisasi kurikulum dalam pembelajaran dan pembentukan kompetensi serta karakter peserta didik. Tema Kurikulum 2013 adalah menghasilkan insan Indonesia yang produktif, kreatif, inovatif, afektif, melalui penguatan sikap, keterampilan, dan pengetahuan yang terintegrasi. Untuk mewujudkan hal tersebut, dalam implementasi kurikulum, guru dituntut untuk secara profesional merancang pembelajaran efektif dan bermakna (menyenangkan), mengorganisasikan pembelajaran, memilih pendekatan pembelajaran yang tepat, menentukan prosedur pembelajaran dan pembentukan kompetensi secara efektif, serta menetapkan kriteria keberhasilan. Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) mendeskripsikan pelaksanaan Kurikulum 2013 pada pembelajaran PAI dan Budi Pekerti yang dilihat dari kegiatan perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian kelas 8 di SMP Negeri 5 Malang, (2) mendeskripsikan faktor apa saja yang mendukung dan menghambat dalam pelaksanaan Kurikulum 2013 pada pembelajaran PAI dan Budi Pekerti kelas 8 di SMP Negeri 5 Malang.

Untuk mencapai tujuan di atas, digunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif, dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan cara pengumpulan data, mereduksi data yang tidak relevan, menyajikan data, kemudian penarikan kesimpulan. Dalam menguji keabsahan data digunakan teknik trianggulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) Dalam pelaksanaan pembelajaran PAI dan Budi Pekerti dengan Kurikulum 2013, sudah diterapkan di kelas 7 dan 8 SMP Negeri 5 Malang dan pelaksanaan pembelajarannya berjalan dengan optimal, dan keberhasilannya ditentukan oleh kemampuan masing-masing guru. Dalam pembelajarannya, guru sudah melakukan tahap-tahap yang diantaranya perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan penilaian pembelajaran. (2) Faktor yang menjadi pendukung adalah SMP Negeri 5 Malang merupakan sekolah percontohan, pelatihan-pelatihan Kurikulum 2013, kemampuan guru, fasilitas yang memadai, kemampuan siswa SMP Negeri 5 Malang tergolong pada kemampuan menengah ke atas, dan kegiatan-kegiatan keagamaan yang diadakan di SMP Negeri 5 Malang. Dan faktor yang menjadi penghambat adalah kurangnya kelengkapan kebijakan pemerintah serta latar belakang siswa berasal dari keluarga berbeda-beda.

ENGLISH:

Curriculum implementation in 2013 is the actualization of curriculum in teaching and formation of competence and character of learners. Curriculum theme in 2013 is to produce beings Indonesian productive, creative, innovative, affective, through the strengthening of attitudes, skill and knowledge are integrated. To achieve this goal, the implementation of the curriculum, teachers are required to professionally designing effective and meaningful learning (fun), organizing learning, choose appropriate learning approach, determining the procedure of learning and the formation of affective competencies, as well as establish criteria for success. The purpose of this study was to: (1) describe the application of the learning curriculum 2013 PAI and Budi Character as seen from the activity planning, implementation, and assessment in grade 8 SMP Negeri 5 Malang, (2) describe any factors that support and hinder the implementation of the curriculum in 2013 on learning PAI and Budi Character in grade 8 SMP Negeri 5 Malang.

To achieve the above purpose, use descriptive qualitative research approaches, and data collection techniques used were observation, interviews, and documentation. Data were analyzed by collecting data, reducing irrelevant data, presents the data, and then drawing conclusions. In testing the validity of the data used triangulation techniques. The results showed that, (1) In the application of learning PAI and Budi Character with Curriculum 2013, has been implemented in grades 7 and 8 SMP Negeri 5 Malang and learning application running optimally, and its success is determined by the ability of each teacher. In learning, teachers have done the stages which include instructional planning, implementation of learning, and assessment of learning. (2) Factors that are supporting SMP Negeri 5 Malang is a pilot school, training curriculum in 2013, the ability of teachers, adequate facilities, the ability of students of SMP Negeri 5 Malang belonging to the upper middle abilities, and religious activities held at SMP Negeri 5 Malang. And the factors that become an obstacle is the lack of completeness of government policies as well as the background of students coming from different families.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Hady, Samsul
Keywords: Kurikulum 2013; Pembelajaran PAI dan Budi Pekerti; Curriculum in 2013; PAI learning and Budi Character
Departement: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Heni Kurnia Ningsih
Date Deposited: 06 Dec 2016 10:23
Last Modified: 06 Dec 2016 10:23
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/5104

Actions (login required)

View Item View Item