Hubungan manajemen perpustakaan dengan motivasi belajar siswa di Perpustakaan MI Al Mursyidah Mancilan Mojoagung Jombang

Fatchulloh, Achmad (2015) Hubungan manajemen perpustakaan dengan motivasi belajar siswa di Perpustakaan MI Al Mursyidah Mancilan Mojoagung Jombang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img] Text (Fulltext)
11110067.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

INDONESIA:

Bila diibaratkan, perpustakaan seperti sebuah “permata” yang hilang dan telah ditemukan. Dulu, perpustakaan telah ada bahkan jika ada suatu sekolah, disitu perpustakaan berada. Akan tetapi, perpustakaan dulu hanya sebagai tempat buku saja, bahkan mungkin hanya sebagai pelengkap dunia pendidikan. Padahal perpustakaan salah satunya sebagai agen perubahan (agent of change), tempat berbagai informasi disimpan, dan tempat embrio intelektual diciptakan. Sehingga seharusnya manajemen perpustakaan mempunyai pengaruh pada motivasi belajar siswa. Semakin baik manajemen perpustakaannya, maka semakin meningkat pula motivasi belajar siswa.

Tujuan penelitian ini adalah (1) menjelaskan bagaimana manajemen perpustakaan di MI Al Mursyidah Mojoagung, (2) menjelaskan bagaimana motivasi belajar siswa di perpustakaan di Mi Al Mursyidah Mancilan Mojoagung Jombang, (3) menjelaskan bagaimana hubungan antara manajemen perpustakaan sekolah dengan motivasi belajar siswa di perpustakaan Mi Al Mursyidah Mancilan Mojoagung Jombang

Untuk mencapai tujuan tersebut, digunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode Product Moment Pearson, Karen penelitian ini mencari korelasi atau hubungan. Instrumen kunci adalah peneliti sendiri dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan melakukan uji validitas, uji relibialitas, dan uji hipotesis.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa, (1) Manajemen perpustakaan di MI Al Mursyidah sudah dikategorikan tinggi atau baik, hal ini dibuktikan dengan diperolehnya data hasil penelitian dari 30 responden, yang ditunjukkan dari hasil yang diperoleh sebanyak 66,67%. (2) Tingkat motivasi belajar siswa di MI Al Mursyidah menunjukkan kategori tinggi. Pernyataan tersebut diperoleh dari data hasil penelitian bahwa siswa rata-rata memilki tingkat motivasi belajar pada katagori tinggi yang berjumlah 53,33% dari 30 responden. (3) Hubungan manajemen perpustakaan dengan motivasi belajar diperpustakaan siswa Mi Al Mursyidah Mancilan Mojoagung Jombang diukur dengan menggunakan bantuan SPSS 16 for Windows dengan metode Product Moment Pearson, hasilnya didapatkan nilai Sig (2-tailed) = 0,000, dengan tingkat signifikansi 0,05, sehingga nilai Sig (2-tailed) < 0,05 maka terdapat hubungan yang signifikan antara manajemen perpustakaan dengan motivasi belajar, sehingga Ho ditolak dan Ha diterima.

ENGLISH:

When compared, the library as a "jewel" lost and has been found. In the past, libraries have existed even if there is a school, there is a library. However, previously the library used only as a place for books , and also only as a complement to the world of education. Though the library is an agent of change, besides that library is also a place of various information is stored, and the place of intellectual embryos are created. Therefore, the management of the library should have an influence on students' motivation. The better management of the library, it will also increase the students' motivation.

The objectives of this study were (1) to find out how the management of the library in MI Al Mursyidah Mojoagung, (2) to find out how the student's learning motivation in the library of Mi Al Mursyidah Mancilan Mojoagung Jombang, (3) to find out the relationship of the management of the library with the student's learning motivation in library Mi Al Mursyidah Mancilan Mojoagung Jombang.

To achieve these objectives, the approach used is quantitative research using Pearson Product Moment, because this study looking for the correlations or the relationships. The instrument is the researcher himself and the data collection techniques used questionnaires, interviews, observation, and documentation. The data were analyzed by doing some tests such as the validity test, reliability test, and hypothesis test.

The Result of this study shows that, (1) the management of library in MI Al Mursyidah is good category, it is proved by obtaining research data from 30 respondents, which was shown from the results obtained as much as 66.67% (2) the rate of student motivation in MI Al Mursyidah shows well category. It was derived from the research data which shows that students on average has the learning motivation on good category, amounting to 53,33% of the 30 respondents (3) The relationship of the management of library and the student learning motivation in Mi Al Mursyidah Mancilan Mojoagung Jombang library measured using SPSS 16 for Windows with Pearson Product Moment method, the results obtained Sig (2-tailed) = 0,000, with a significance level of 0.05, so the percentage of Sig (2-tailed) <0.05 , then there is a significant relationship between the management of the library with the learning motivation, therefore Ho refused and Ha accepted.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Hady, Samsul
Keywords: Manajemen Perpustakaan; Motivasi Belajar; The Management of Library; Learning Motivation.
Departement: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Dian Anesti
Date Deposited: 06 Dec 2016 10:23
Last Modified: 06 Dec 2016 10:23
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/5101

Actions (login required)

View Item View Item