Wahyuni, Ervika Dewi (2013) Pengembangan Perguruan Tinggi Islam Perspektif Imam Suprayogo. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
11770009.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Perguruan tinggi merupakan wadah atau tempat terselengaarakannya proses pendidikan yang mencakup juga aturan main, etika, kode etik, sikap dan tingkah laku. Dalam menghadapi perubahandan perkembangan, persaingan dan tantangan. Perguruan tinggi Islam dan juga perguruan tinggi pada umumnya. Imam Suprayogo adalah seorang pemimpin sekaligus pembaharu Perguruan tinggi Islam, pemikirannya juga telah menjadi acuan PTAI di Indonesia. Beliau juga menjadi rekor dunia karena sebagai rektor paling lama yakni 16 tahun di Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang,
Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif diarahkan kepada eksplorasi kajian pustaka (library research). Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode dokumentasi. Sedangkan analisis data dalam penelitian ini adalah analisis isi (content analysis).
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa konsep Pemikiran Imam Suprayogo dalam mengembangkan perguruan tinggi Islam, melalui Pendidikan Ulul Albab. Dalam mengembangkan ilmu pengetahuannya yaitu dengan mengambil dua sumber sekaligus yaitu ayat-ayat qouliyah yakni al-Qur’an dan Al-Hadis serta ayat-ayat kauniyah yang lazim dikenal dengan pendekatan ilmiah (scientific approachs). Dalam mengembangkan kelembagaan Imam menggunakan konsep manajemen Syari’ah yang segala aktifitas Civitas akademika, Visi dan Misi, Profil lulusan bermuara kepada ridho Allah SWT. Dalam mengembangkan sarana prasarana yaitu dengan memajukan fisik dan non fisik yakni semua sarana untuk menunjang aktifitas perkuliahahan, dalam Kemajuan non-fisik yang dikembangkan Imam yang salah satu paling menonjol diberlakukan Imam adalah mengajak dosen beserta mahasiswa untuk selalu berjamaah di masjid serta rela berkorban. Menurut Imam Suprayogo Sebagai upaya pengembangan akademik dan untuk meraih cita-cita luhur sebuah universitas ini, yakni melahirkan ulama’ yang intelek profesional dan atau intelek profesional yang ulama. Maka (1) pendidikan di kampus ini diformat dalam bentuk sintesis antara tradisi universitas dan tradisi ma’had. (2) perlu menguasai dua bahasa asing, yakni Arab dan Inggris.(3) memiliki lembaga khusus yang mengkaji al-Qur’an dikaitkan dengan sains. Dimana Lembaga ini bertugas mencari format dan sekaligus melakukan kajian secara terus menerus untuk menghasilkan bangunan keilmuan yang terintegrasi dan padu antara ilmu pengetahuan yang bersumber dari ayat-ayat Qauliyah yakni al-Qur’an dan hadits sekaligus bersumber dari ayat-ayat kauniyah yaitu hasil observasi, eksperimen dan penalaran logis.(4) Mutu dosen. Pada Aspek penelitian, pengabdian dan penulisan karya ilmiah tidak boleh dipandang sederhana, karena sangat terkait dengan pengembangan sumber daya manusia. Para dosen tidak akan naik jabatan akademiknya, jika mereka tidak memiliki karya-karya penelitian itu. Oleh karena itu, dalam perbatasan apapun, bidang tersebut harus diberikan perhatian secara cukup. Untuk menghemat pendanaan maka harus disinergikan antara kegiatan penelitian, pengabdian dan penulisan buku, jurnal, majalah ini. Dalam pengembangan aspek-aspek penting ini tidak mudah, dan justru selama ini tergolong yang masih perlu mendapatkan perhatian seksama. Pengembangan kemahasiswaan yang ditawarkan imam itu berupa perkantoran dengan berbagai kelengkapan dan fasilitasnya. Selain itu, perlu dikembangkan yang berkaitan dengan pengembangan minat, bakat dan kesejahteraannya, perlu juga dikembangkan dua aspek penting yaitu sarana olahraga dan seni.di samping itu juga mengembangkan kemahasiswaan di perguruan tinggi Imam Suprayogo menerapkan kegiatan Intrakurikuler dan Ekstrakurikuler.
Selanjutnya dari penelitian ini juga ditemukan Salah satu tema besar pengembangan universitas Islam Imam Suprayogo adalah membangun “Universitas Berorientasi ke Depan” (Future-Oriented University). Dimana konseptualisasi pengembangan ilmunya yang berlandaskan nilai-nilai keislaman atau saya sebut “Islamic Paradigm” menjadi prioritas utama gerakan akademik.
ABSTRACT
College is a place or places for educational process that includes the rules, ethics, code of conduct, attitudes and behavior. In t h e f a c e c h a n g e a n d developments, competition and challenge. Islamic college and colleges in general. Imam Suprayogo is a leader and reformer Islamic college, his thought also has a reference for college in Indonesia. He is also be world record because as the rector at 16 years old at the State Islamic University of Maulana Malik Ibrahim Malang,
This research approach is directed to the exploration of literature review (library research). Methods of data collection in this study is a method of documentation. While the
data analysis in this study is content analysis (content analysis).
These results of this study indicate that the concept of Thought Imam Suprayogo in developing Islamic hinger Education through Ulul Albab education. In developing his science is take two at sources, namely verses qouliyah the Qur'an and Al-Hadith and verses kauniyah commonly known by the scientific approach (scientific approachs). In developing institutional Imam uses management concept of sharia that all activities academic community, Vision and Mission. Graduates profile depends on the blessing of Allah SWT. In developing the infrastructure physical and non-physical that developed by Imam. one of the most prominent was ask the lecturers and students to always congregation in the mosque and willing to sacrifice. According to Imam Suprayogo As an academic and development efforts to achieve the lofty ideals of the university, which gave mufti professional of intellect and professional ulama. So (1) education on this campus is formatted in the form of synthesis between tradition niversity and tradition ma'had. (2) need to master two foreign languages, namely Arabic and English. (3) has a special institution that examines the Qur'an with associated with science. Where the institute is tasked with finding a format and at the same time continuously reviewing building science to produce an integrated and coherent between science that is sourced from the qauliyah verses of the Qur'an and hadits as well sourced from kauniyah verses that observation, experimentation and logical reasoning. (4) Quality of lectuler. There are aspects of research, dedication and writing scientific papers should not be considered simple, because it is related to human resource development. The lecturers will not go up academic positions, if they do not have the research works. Therefore, in any borders, the level must be given enough attention. For save funding then be dovetailed between the activities of research, service and writing books, journals, this magazines. We feel together, that the development of these important aspects is not easy, and it has been this classified that still needs carefully. Development of the student who offered notice office with various fittings and trimmings. In addition, the need to be developed with regard to the imam is development of interests, talents and welfare, it is necessary also developed two important aspects, namely the sports facilities and art beside developed a college student at Imam Suprayogo apply Intrakurikuler and extracurricular activities. Furthermore, this research also found One big theme development Imam Suprayogo Islamic university is building a "University of the Future Oriented" (Future-Oriented University). Where draf his knowledge development that is based on Islamic values or I call the "Islamic Paradigm" is a top priority academic movement.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Supervisor: | Abidin, Munirul and Rasmianto, Rasmianto |
Keywords: | Pengembangan; Perguruan Tinggi Islam; Imam Suprayogo Development; An Islamic High Institution; Imam Suprayogo |
Departement: | Sekolah Pascasarjana > Program Studi magister Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Moch. Nanda Indra Lexmana |
Date Deposited: | 01 Jul 2023 05:28 |
Last Modified: | 01 Jul 2023 05:28 |
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/51005 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |