Arisanti, Desi (2015) Analisis perencanaan pembelajaran guru PAI berdasarkan kurikulum 2013 di SMP Negeri 5 Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
11110065.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (5MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Dalam kegiatan pembelajaran, diperlukan suatu perencanaan pembelajaran yang baik sehingga tujuan dari pembelajaran tersebut dapat tercapai. Dari kajian pustaka diketahui perencanaan pembelajaran adalah rencana guru mengajar mata pelajaran tertentu, pada jenjang dan kelas tertentu, untuk topik tertentu, dan untuk satu pertemuan atau lebih. Keadaan tersebut menuntut adanya pengkajian atau analisis terhadap berbagai aspek dalam perangkat perencanaan pembelajaran (RPP), agar RPP tersebut dapat dgunakan secara efektif dan efisien dalam kegiatan pembelajaran. Bertolak dari latar belakang tersebut, masalah-masalah dalam penelitian ini dirumuskan sebagai berikut bagaimana kesesuaian RPP yang dibuat oleh guru PAI dengan prinsip-prinsip pengembangan kurikulum 2013 yang mencakup prinsip: a) RPP merupakan penjabaran dari ide kurikulum dan silabus; b) Mendorong partisipasi aktif peserta didik; c) Mengembangkan budaya membaca dan menulis; d) Memberikan umpan balik dan tindak lanjut; e) Keterkaitan dan keterpaduan; f) Menerapkan teknologi informasi dan komunikasi di SMP Negeri 5 Malang.
Pendekatan ini disebut penelitian deskriptif kualitatif yang menggunakan dokumen sebagai objek kajian. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Data atau sumber data yang dipakai dalam penelitan ini adalah RPP guru PAI SMP Negeri 5 Malang. Instrument penelitan, peneliti sendiri sebagai instrumennya yang menggunakan metode dokumentasi, selanjutnya teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian menyimpulkan bahwa (1) kondisi tentang kesesuaian RPP kurang sesuai dengan prinsip penjabaran dari ide kurikulum dan silabus, (2) kondisi tentang kesesuaian RPP ada yang kurang sesuai dengan prinsip mendorong partisipasi aktif peserta didik, (3) kondisi tentang kesesuaian RPP telah sesuai dengan prinsip mengembangkan budaya aktif membaca dan menulis, (4) kondisi tentang kesesuaian RPP telah sesuai dengan prinsip memberikan umpan balik dan tindak lanjut, (5) kondisi tentang kesesuaian RPP telah sesuai dengan prinsip keterkaitan dan keterpaduan, (6) kondisi tentang kesesuaian RPP telah sesuai dengan prinsip penerapan teknologi informasi dan komunikasi.
Penelitian menyarankan agar para penyusun, evaluator, dan para guru lebih teliti dan memperhatikan kesesuaiannya dengan kurikulum yang berlaku, khususnya untuk kurikulum 2013.
ABSTRACT
In learning process, it needs a good Lesson Plan so that the purpose of learning could be achieved. Based on the theories list, the definition of Lesson Plan is a teacher’s plan for teaching a lesson either for certain level of education and class, certain topic, or for one meeting and more. It demands to provide the assessment or analyze for many aspects in Lesson Plan (RPP). Because of the RPP could be used to learning program effectively and efficiently. In contrast, the problems in this research could be formulated such as how is suitable the Lesson Plan that is created by PAI teacher with the principles developing of 2013 curriculum, it involves: a) RPP is explanation from main of curriculum and syllabus, b) espousing the active participation of students, c) developing the reading and writing custom, d) giving feedback and next action, e) connection and integration, f) applying information of technology and communication at State Junior High School of 5 Malang.
This research uses qualitative descriptive research with document as its object. Data or data source is used to this research is Lesson Plan (RPP) of PAI teacher at State Junior High School of 5 Malang. Research instrument of researcher uses documentation method. Then, the technique of analyze data is used by researcher is qualitative descriptive.
Result of this research concludes that (1) condition of conformity the RPP is less suitable with the explanation principle from the idea of curriculum and syllabus, (2) it is less suitable also with espousal principle from active participation of students, (3) it is suitable with developing principle from active custom for reading and writing, (4) it is suitable with giving feedback principle and next action, (5) it is suitable with connection and integration principle, (6) it is suitable with applying information of technology and communication principle.
The research suggests for arrangers, evaluators, and teachers for more accurate and attention for its suitability with curriculum that pass, especially for 2013 curriculum.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Hady, M. Samsul | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Analisis; Perencanaan Pembelajaran; Kurikulum 2013; Analyze, Lesson Plan; Curriculum 2013 | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Dian Anesti | ||||||
Date Deposited: | 06 Dec 2016 17:26 | ||||||
Last Modified: | 16 May 2023 14:56 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/5098 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |