Nurhidayah, Ida (2013) Pelaksanaan Supervisi Pengawas Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan Pembelajaran di MI Miftahul Abror Desa Mangunrejo Kecamatan Ngadiluwih Kabupaten Kediri Tahun 2013. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
11710061.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Pelaksanaan supervisi pendidikan memiliki peran dan fungsi penting dalam meningkatkan kualitas dan mutu pendidikan. Tugas ini diemban oleh Pengawas atau supervisor yang ditunjuk untuk membina dan menilai teknis pelaksanaan pembelajaran di satuan pendidikan. MI Miftahul Abror adalah salah satu madrasah yang berada di Desa Mangunrejo Kecamatan Ngadiluwih Kab. Kediri.Keberadaannya sebagai Madrasah di pedesaan ternyata tidak menjadi penghambat dalam meraih prestasi akademik dalam berbagai bidang dalam waktu 2tahun terakhir.Sehingga kejadian ini menjadi minat peneliti untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan supervisi dan implikasinya dalam meningkatkan pembelajaran.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan supervisi dan implikasinya dalam pembelajaran di MI Miftahul Abror, dengan fokus penelitian: a) bagaimana peran dan fungsi supervisi dalam meningkatkan pembelajaran, b) Apa implikasi supervisi Pengawas Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan pembelajaran di MI Miftahul Abror.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus desain dan metode Robert K. Yin. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara terbuka, observasi partisipatif, dan dokumentasi. Teknik analisis Untuk analisis data dilapangan, peneliti menggunakan model analisis kualitatif Miles & Huberman dengan langkah–langkah sebagai berikut: 1) Data Reduction,(Merangkum data) 2) Data Display,(Menampilkan data) 3) Conclusion.(Pengambilan kesimpulan) Pengecekan keabsahan temuan dilakukan dengan perpanjangan keikutsertaan peneliti, triangulasi sumber data, waktu dan metode, teori, dan ketekunan pengamatan. Dengan sumber data pengawas pendidikan agama Islam, kepala sekolah, guru, dan siswa.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) peran dan fungsi Supervisi dalam meningkatkan pembelajaran di MI Miftahul Abror meliputi: a) Peran dan fungsi pelakasanaan supervisi manajerial, b) peran dan fungsi pelakasanaan supervisi akademik c) peran dan fungsi pelakasanaan supervisi administrasi. Implikasi Pelaksanaan Supervisi dalam meningkatkan pembelajaran di MI Miftahul Abror meliputi: 1) tingginya kebutuhan akan kebedaan pemimpin ditingkat atas pengawas. 2) kesadaran diri untuk melakukan perubahan dan perbaikan terhadap kinerja sangat besar. 3) lebih bersemangat dalam mengerjakan tugas baru. 4) menyiapkan matri dengan baik,memilih metode da strategi dan menyiapkan alat evaluasi belajar yang tepat. b) Implikasi dari pelaksanaan supervisi akademik terwujud dalam beberapa peningkatan hasil akademik madrasah secara umum yang meliputi ;1)hasil prestasi perlombaan yang maksimal. 2) prestasi kelulusa dan nilai rata-rata ujian akhi nasional (UAN) dari tahun ketahunmeningkat. 3) meningkatnya status akriditasi.c) Implikasi dari supervisi administrasi adalah meliputi ; 1) terlengkapinya instrumen administrasi sekolah dan administrasi pembelajaran guru. 2) mengetahui kekurangan kelengkapan administrasi yang ada. 3) kesadaran akan pentingnya kelenhkapan administrasi pendidikan dalam memperlancar kegiatan penyelenggaraan pendidikan secara umum
ABSTRACT
The supervision implementation of education has a role and an important function in improving the quality and standard of education. This task is executed by superintendant or supervisor who has designated to construct and evaluate the technical performance of learning in the education unit. MI Miftahul Abror is one of Islamic school in the Mangunrejo village Ngadiluwih district of Kediri regency. Locating in rural area is not becoming an obstacle to win academic performance in various fields within the last 2 years. Therefore, this incident arouses researcher interested to know how the implementation of supervision and its implications in enhancing learning.
This study aims to find out the implications of the implementation of supervision of learning in MI Miftahul Abror, with research focus on : a) how the role and function of supervision in improving learning, b) What implications of supervisor of Islamic Education in improving learning in MI Miftahul Abror.
This study uses a qualitative approach with a case study research types design and Robert K. Yin method. Data collection was done by an open interview techniques, participatory observation, and documentation. Analysis techniques to field the data analysis, researcher uses qualitative analysis model Miles & Huberman by these steps: 1) Data Reduction, 2) Data Display, 3) Conclusion Intake. Checking the validity of the findings is made by researchers opt extension, triangulation of data sources, time and method, theory, observation and persistence by data sources prefect Islamic religious education, principals, teachers, and students.
Results of this study show that: 1) the role and functions of the Supervision in improving learning in MI Miftahul Abror include: a) the role and functions of the managerial handling of supervision, b) the role and functions of the handling of academic supervision c) the role and functions of the handling of administrative supervision. Implementation of Supervision in improving learning in MI Miftahul Abror include: a) the implications of managerial supervision include: 1) the high necessity for the existence of high-level leaders above supervisor, 2) self-awareness to make changes and improvements to the performance of very large task, 3) more enthusiastic in performing new tasks, 4) prepare materials properly, choose the method and strategy and prepare to learn the exact evaluation tool. b) The implications of the implementation of the academic supervision are inherent in some improvement in general Islamic school academic results that include: 1) the results of a maximum competition performance. 2) Approval of the performance/value of the average national Final Examination (UAN) increased from year to year. 3) Increasing accreditation status. c) Implications of the administrative supervision are covered: 1) completeness of instrument school administration and teachers learning administration. 2) Knowing that there is lack of administration equipment. 3) Awareness of the importance of education administration completeness in expediting equipment maintenance activities in general education.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Supervisor: | Ghony, M. Djunaidi and Maimun, Agus |
Keywords: | Supervisi; Peningkatan Pembelajaran Supervision; Increase Learning |
Departement: | Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Moch. Nanda Indra Lexmana |
Date Deposited: | 01 Jul 2023 05:29 |
Last Modified: | 01 Jul 2023 05:29 |
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/50960 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |