Syamsuddin, Syamsuddin (2013) Manajemen Pendidikan dalam mewujudkan Sekolah Efektif: Studi kasus di SMP Negeri 1 Kecamatan Jetis Kabupaten Ponorogo. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
11710057.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Manajemen Pendidikan merupakan sesuatu yang essensial untuk mendukung sebuah lembaga pendidikan dalam mencapai tujuan. SMP Negeri 1 Kecamatan Jetis Kabupaten Ponorogo merupakan lembaga pendidikan negeri yang mempunyai orientasi pendidikan masa depan, dengan menggunakan manajemen pendidikan yang bagus, Lembaga tersebut rermasuk lembaga pendidikan unggulan dengan peserta didiknya sarat akan prestasi baik prestasi akademik maupun nonakademik.
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan manajermen pendidikan dalam mewujudkan sekolah efektif yang diterapkan di SMP Negeri 1 Kecamatan Jetis Kabupaten Ponorogo dengan sub fokus mencakup: (1) Manejemen Kepala SMP Negeri 1 Kecamatan Jetis Kabupaten Ponorogo dalam mewujudkan sekolah efektif, (2) Strategi Kepala SMP Negeri 1 Kecamatan Jetis Kabupaten Ponorogo dalam mewujdkan sekolah efektif.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, pengecekan keabsahan temuan dilakukan dengan cara perpanjangan keikutsertaan peneliti; teknik trianggulasi dengan menggunakan berbagai sumber, teori, dan metode; dan ketekunan pengamatan. Informan peneliti yaitu kepala sekolah, wakil kepala sekolah, kepala tata usaha, komite sekolah serta fihak-fihak lain yang terkait.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, A. (1) manajeman kepala SMP Negeri 1 Kecamatan Jetis Kabupaten Ponorogo yang terbuka, transparan dan akuntabel sangat besar pengaruhnya terhadap kemajuan sekolah. (2) kinerja kepala sekolah dengan menggunakan prinsip ”ing ngarsa sung tuladha” yang berarti bahwa seorang pemimpin harus mampu memberi tauladan kepada bawahannya (uswatun hasanah), serta memberikan tugas sesuai dengan kemampuannya, pemimpinan yang mampu memberikan keteladanan yang positif terhadap bawahannya maka dia akan disegani, bukan ditakuti, kinerja kepala sekolah yang baik menunjukkan bahwa kepala sekolah betul-betul memahami akan tugas dan tanggung jawab yang menjadi wewenangnya. (3) komunikasi yang efektif yang dilakukan kepala sekolah membawa dampak yang sangat positif disemua lini baik yang bersifat akademik maupun nonakademik. (4) gagasan/inisiatif kepala sekolah yang cemerlang dalam menjalankan roda organisasi lembaga pendidikan dengan merujuk kepada sekolah-sekolah yang efektif dan berprestasi baik di dalam maupun di luar negeri dijadikan sebagai pembanding, dengan skala prioritas yakni peningkatan sumber daya manusia. B. (1) strategi kepala SMP Negeri 1 Kecamatan Jetis dalam perencanaan program pengembangan sekolah efektif dengan menyempurnakan struktur organisasi dan memperjelas tugas pokok dan fungsi masing-masing personil. (2) strategi kepala sekolah dalam mengorganisir pelaksanaan progam pengembangan sekolah efektif mengacu kepada 8 (delapan) standar, standar kompetensi lulusan, standar proses, standar pendidikan dan tenaga kependidikan, standar isi, standar sarana dan prasarana, standar pembiayaan, standar pengelolaan, standar penilaian. (3) strategi kepala sekolah dalam melaksanakan program pengembangan sekolah efektif bertumpu kepada 3 unsur pokok, a. mutu merupakan realisasi dari ajaran
” ihsan ”, b. Seseorang tidak boleh bekerja dengan sembrono (seenaknya), dan acuh tak acuh, sebab akan berarti merendahkan makna demi rodha Allah atau merendahkan Tuhan. c. Setiap orang dinilai dari hasil kerjanya. (4) strategi kepala sekolah dalam mengevaluasi program pengembangan sekolah efektif dengan menggunakan sistem waskat atau pengawasan yang melekat setiap saar dan kapanpun dapat dilakukan oleh kepala sekolah.
ABSTRACT
Educational Management form certain essencian for carry as a education institute on reach pospure. Junior High School 1 Sub district of Jetis Regency of Ponorogo represent institute education of country having orientation education of future, this institute including superior education institute with educative participant of full will be good achievement of academic and also of non academic.
This research purpose to open education management in realizing effective school which applied Junior High School 1 Sub district of Jetis Regency of Ponorogo with sub focus cover: (1) Management Headmaster of Junior High School 1 Sub district of Jetis Regency of Ponorogo in realizing effective school, (2) Strategy Headmaster of Junior High School 1 Sub district of Jetis Regency of Ponorogo in realizing effective school.
This research use approach qualitative with case study device, collecting data conducted with circumstantial interview technique, participative observation, and documentation. Technique analyze data cover data reduction, presentation of data, and withdrawal of conclusion, checking of authenticity of finding conducted by lengthening of researcher participant; triangulation technique by using various source, theory, and method; and application of observer. Researcher informants are headmaster, headmaster proxy, chief of the desk, head arrange effort, committee of school and also relevant other concerned.
Result of research indicates that, first focus, (1) management headmaster of Junior High School 1 Sub district of Jetis Regency of Ponorogo open, transparent and accountable very big its influence to progress of school. (2) headmaster performance by using principle “ing ngarsa sung tuladha” meaning that a leader have to can give example to its subordinate (uswatun hasanah), and also give duty as according to its, head capable to give byword which are positive to its subordinate so he will be respected, non daunted, good job quality of headmaster indicate that headmaster really comprehend responsibility and duty will becoming its authority. (3) Effective communications the conducted by headmaster bring very positive effect all line both for having the character of and also academic of non academic. (4) idea/very bright headmaster initiative in running organizational wheel of education institute referred to effective schools and have achievement to either in and also beyond the sea made as comparator, with priority scale namely the make-up of human resource. Second Focus, (1) strategy Headmaster of Junior High School 1 Sub district of Jetis in the plan program development of effective school by completing organization chart and clarify fundamental duty and function of[is each personnel. (2) headmaster strategy in organizing execution of program development of effective school relate to 8 (eight standard), grad interest standard, process standard, education standard and energy of education, content standard, facilities and basic facilities standard, defrayal standard, management standard, assessment standard. (3) headmaster strategy in executing program development of convergent effective school to 3 fundamental element a. Quality represent realization of teaching “ihsan” b. Someone may not work with is “sembrono” (as delicious as), and is indifferent, cause will mean to debase meaning for the shake of rodha Allah or debase God c. Everyone assessed from result of its job. (4) Headmaster strategy in evaluating program development of effective school by using system of waskat or coherent observation every moment and whenever can be conducted by headmaster.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Supervisor: | Djakfar, Muhammad and Maimun, Agus |
Keywords: | Manajemen Pendidikan; Sekolah Efektif Management Education; Effective School |
Departement: | Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Moch. Nanda Indra Lexmana |
Date Deposited: | 01 Jul 2023 05:29 |
Last Modified: | 01 Jul 2023 05:29 |
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/50944 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |