Djajanto, Djajanto (2013) Peran Kepala Madrasah dalam meningkatkan Kompetensi Profesional Guru Agama: Studi kasus di Madrasah Tsanawiyah Miftahul Ulum Ngraket Balong Ponorogo. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
11710056.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Kepala Sekolah adalah pemimpin atas suatu lembaga pendidikan, yang mempunyai wewnang tentang keputusan kebijakan strategis untuk keberhasilan madrasah. Kepala Sekolah harus orang yang memiliki kecerdasan, kreativitas, visi, misi dan tujuan masa depan dalam rangka untuk menatap realitas masyarakat yang semakin global. Tugas guru sebagai pendidik tentu tidak mudah dilakukan, jika guru tidak memiliki motivasi yang baik untuk bekerja serta koordinasi yang baikkepada kepala Madrasah . Dari sini dapat dikatakan juga bahwa hubungan antara peran kinerja guru dan hasil belajar pada umumnya memiliki dampak yang besar pada hasil belajar siswa dipandu, karena motivasi siswa untuk belajar lebih dominan dari instruksi guru dan keseriusan. Penulis mengambil judul ini dikarenakan saat ini gencarnya embicarakan pp,no. 74 tahun 2008 yaitu tentang guru ,guru yang di maksud adalah guru profesional. Sedangkan memilih lokasi di MTs Miftahun Ulum dikarenakan banyak terdapat keunikan antara lain: Madrasah swasta dibawah yayasan Miftahun Ulum,muridnya banyak sekali,terakriditasi A,dan pesat kemajuannya, serta adanya komunikasi yang bagus antara pengurus yayasan, kepala madrasah, komite sekolah dan tokoh tokoh masyarakat.
Penelitian ini bertujuan untuk memahami peran kepala Madrasah dalam meningkatkan kompetensi profesional guru agama, dengan pendekatan penelitian kualitatif, dan jenis penelitian menggunakan studi kasus.Untuk mendapatkan data yang lengkap, dan mempertimbangkan relevansi dari data dengan fokus dan tujuan penelitian, pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tiga teknik: 1) wawancara mendalam, 2) observasi Peserta dan, 3) Studi Dokumentasi. Adapun metode analisa data dengan tiga cara yaitu 1. reduksi data, 2. Disply data dan 3. Ferifikasi dan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data dengan menggunakan tiga cara juga yaitu: 1. Tri Angulasi sumber 2. Tri Angulasi tehnik dan yang 3. Tri Angulasi waktu.
Hasil penelitian: 1. Prinsip peran dalam meningkatkan kompetensi profesional guru agama Islam adalah: a. kepala madrasah sebagai leader/pemimpin dengan cara 1). Menetapkan visi, misi, dan tujuan. 2). Mendorong para guru untuk menguasai materi pembelajaran. 3). Mendorong para guru untuk mengembangkan materi pembelajaran. 4). Merekomendasikan guru untuk menghadiri lokakarya / seminar dan menguasai MGMP TI. b. Prinsip peran kepala madrasah sebagai supervisor telah membuat: 1). Perencanaan untuk pengawasan dengan supervisi. 2). Melakukan pengawasan/ suervisi administrasi dan adukasi . 3). Tindak lanjut pengawasan. 4). Selalu menganjurkan disiplin guru. c. prinsip peran kepala madrasah sebagai manajer. 1). Merekrut guru dan siswa. 2). Melakukan pembinaan guru. 3). Mengatur gur dengan ijasah yang linierinear 4). Menyediakan dana untuk lokakarya. 5). Menyediakan sarana dan prasarana yang memadai. 6).Menyediakan sarana dan prasarana. 7). Penerimaan siswa baru. 2. Kompetensi guru agama islam Miftahul Ulum antara lain adalah. a. Para guru agama Islam telah menguasai materi pembelajaran. b. Guru Agama Islam telah mengembangkan materi pembelajaran. c. Guru Agama Islam telah membuat rencana pelaksanaan pembelajaran dan silabus. d. GuruAgama Islam berpartisipasi dalam lokakarya dan seminar dan MGMP. e. Guru Islam selalu berlatih menguasai TI
ABSTRACT
Principal is the leader of an educational institution, which has the authority on strategic policy decisions for the success of the madrasah. Principal must be people who have the intelligence, creativity, vision, mission and future goals in order to stare reality of an increasingly global society. The teacher's task as educators is certainly not easy to do, if the teacher does not have a good motivation to work and good coordination to head Madrasah. From here it can be said also that the relationship between the role of teacher performance and learning outcomes in general has a major impact on student learning outcomes guided, because students' motivation to learn more dominant than teacher instruction and sincerity. The authors take the title this time because of incessant talking pp, no.74 in 2008 is about teachers, teachers who are intent on a professional teacher. While choosing the location of MTs MiftahunUlum because many are unique among others: Miftahun foundations under private Madrasah Ulum, a lot of students, accredited A, and rapid progress, and the existence of good communication between the board of trustees, principal, school committee and prominent community leaders.
This study aims to understand the role of head of Madrasah in improving the professional competence of teachers of religion, the qualitative research approach, and the types of research studies using kasus.Untuk obtain complete data, and consider the relevance of the data with the focus and purpose of the study, data collection in this study using three techniques: 1) in-depth interviews, 2) Participant observation and, 3) Documentation Studies. The method of data analysis in three ways: 1.reduksi the data, 2. Display data and 3. Verification and conclusion.While checking the validity of the data by using a three-way as well, namely: 1. Tri angulation source 2. Tri angulation technique and the 3.Tri angulation time.
The results: 1. Principle role in improving the professional competence of teachers of Islamic religion is: a. principal as a leader/leaders by 1). Establish the vision, mission, and goals. 2). Encourage teachers to master the learning material.
3). Encourage teachers to develop learning materials. 4). Recommends teachers to attend workshops/seminars and master MGMPs IT. b. Principle role as the principal supervisor has made: 1). Planning for supervision with supervision. 2). Oversight/supervision and educational administration. 3). Follow-up surveillance. 4). Always advocated discipline teachers. c. principle role of the principal as manager. 1). Recruiting teachers and students. 2). Conduct training of teachers. 3). Set teacher with a diploma linear 4). Provided funding for the workshop. 5). Providing adequate facilities and infrastructure. 6). Provide facilities and infrastructure. 7). New admissions. 2. Competence MiftahulUlum Islamic religious teachers among others. a. Islamic religious teachers have mastered the learning materials. b. Islamic teachers have developed learning materials. c. Islamic teachers have made a lesson plan and syllabus. d. Islamic teachers participated in workshops and seminars and MGMPs. e. Islam always practicing teachers to master IT.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Supervisor: | Mulyadi, Mulyadi and Yasin, Ahmad Fatah |
Keywords: | Peran Utama dalam Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru Agama Islam Major Role in Improving The Professional Competenc of Teachers Islam |
Departement: | Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Moch. Nanda Indra Lexmana |
Date Deposited: | 01 Jul 2023 05:29 |
Last Modified: | 01 Jul 2023 05:29 |
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/50938 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |