Rosidi, Ahmad (2013) Strategi Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam meningkatkan Kompetensi Guru PAI: Studi Multi Kasus di SMKN 1 Ponorogo dan SMK Muhammadiyah 1 Ponorogo. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
11710053.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Strategi kepemimpinan kepala sekolah merupakan upaya yang dilakukan dan hasil yang dapat dicapai oleh kepala sekolah dalam mengimplementasikan manajemen sekolah untuk mewujudkan tujuan pendidikan secara efektif dan efisien, produktif, dan akuntabel. Kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi guru Pendidikan Agama Islam dapat diwujudkan melalui belajar dari berbagai program pelatihan baik dari sekolah maupun dari luar sekolah, dan dari sarana dan prasarana (perpustakaan, laboratorium, internet) sekolah.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kompetensi guru PAI di SMK Negeri 1 Ponorogo dan SMK Muhammadiyah 1 Ponorogo, dan untuk mengetahui strategi kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi guru PAI.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif fenomenologik, dengan rancangan studi multi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara mendalam, observasi, dan studi dokumentasi. Sedangkan teknik analisa data, peneliti menggunakan model analisis interaktif yang mengandung empat komponen yang saling berkaitan, yaitu: pengumpulan data, penyederhanaan data, pemaparan data, penarikan dan pengajuan simpulan. Dan pengecekan keabsahan temuan dilakukan dengan : derajat kepercayaan atau pembuktian terhadap fakta yang ada; keteralihan data atau penggalian data dari informan sehingga sesuai dengan konteks; kebergantungan data antara fakta dan informasi; kepastian data dari beberapa sumber sehingga diperoleh data yang objektif.
Adapun hasil temuan penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, bahwa untuk mengetahui lebih mendalam yang terkait dengan kompetensi guru PAI yang terdiri dari kompetensi pedagogik, kepribadian, profesional, sosial dan leadership. Kelima kompetensi guru PAI tersebut dapat teridentifikasi antara lain; guru profesional, guru layak dan guru pembinaan. Guru profesional menjadi master dalam pelatihan, guru layak dapat belajar mandiri, dan guru pembinaan perlu mendapatkan pendampingan dari guru profesional.
Kedua, Strategi kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi guru PAI adalah “partisipatif”, karena kepala sekolah banyak melibatkan para guru seperti membentuk kelompok kerja yang disebut gugus pengendali mutu, yang memberikan kesempatan pada setiap anggota organisasi untuk berpartisipasi sesuai kemampuan masing-masing. Kepala sekolah melaksanakan monitoring dan menindak lanjuti dari temuan tersebut, kemudian mengidentifikasi kompetensi guru yang meliputi kelompok tinggi, menengah, dan bawah, kemudian bagi guru yang berprestasi dan bekerja efektif dijadikan koordinator pengembangan micro teaching dan sekaligus menjadi master pelatihan.
ABSTRACT
Strategy leadership of headmaster represent done effort and result of able to reach by headmaster in school management implementation to realize the purpose of education effectively and efficient, productive, and accountable. Leadership of headmaster in improving interest learn Education of Islamic Religion can be realized to by means of learn from various training program either from school and also from outside school, and from facilities and basic facilities (library, laboratory, internet) of school.
The purpose of this research is to know PAI teacher competence in SMKN 1 Ponorogo and SMK Muhammadiyah 1 Ponorogo, and to know headmaster strategy in improving PAI teacher competence.
This research used species research of qualitative phenomenological, with program multi case study. Collecting data do by interview deeper technique, observation and documentation study. Whereas data analysis technique, researcher uses interactive analysis model that contain four components which are related each other that are: data collection, data simplification, data explanation, pulling and submitting the conclusion. And checking the validit of the findings do by: the degree of belief or verifying to the fact; data diversion or extracting data from informants to fit the context; dependability of data between facts and information; conformability of data to obtain an objective data.
The results of research shows that : First, that knows more than inside concerned with PAI teacher competence composed by pedagogic competence, personality, professionalism, social and leadership. The five competence of PAI teacher listed can identification are; professional teacher, proper teacher, and building teacher. Professional teacher made master in training, proper teacher can learned alone, and building teacher must be found out building from professional teacher.
Second, Headmaster strategy in increasing PAI teacher competence is “participative”, because headmaster more engaging teacher for example form working team called leader quality group, which give opportunity at each organization member to participate appropriate ability each. Headmaster implements monitoring and continue acting from those finding, then identification teacher competence include high group, middle and lower, then for teacher who performance and effective work made coordinator micro teaching development and all at once became training master.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Supervisor: | Suti'ah, Suti'ah and Susanto, Djoko |
Keywords: | Strategi Kepemimpinan; Meningkatkan Kompetensi Guru PAI Leadership Strategy; Increasing Competence of PAI Teachers |
Departement: | Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Moch. Nanda Indra Lexmana |
Date Deposited: | 01 Jul 2023 05:36 |
Last Modified: | 01 Jul 2023 05:36 |
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/50932 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |