Wasilah, Wasilah (2013) Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam meningkatkan Kinerja dan Kesejahteraan Guru di SMA Negeri 1 Kepanjen Malang. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
11710050.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (8MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Kepala sekolah merupakan penanggung jawab terhadap pelaksanaan dan pengembangan pendidikan, karenanya peran Kepala Sekolah sangat penting dalam meningkatkan kinerja guru. ini tidak terlepas dari tanggung jawab kepala sekolah sebagai seorang pimpinan lembaga pendidikan. Keberhasilan sekolah merupakan keberhasilan kepala sekolah. Kunci utama kepala sekolah sebagai pemimpin yang efektif adalah dapat mempengaruhi dan menggerakkan guru untuk ikut berpartisipasi dalam setiap kegiatan sekolah guna mewujudkan visi dan misi sekolah.
Berdasarkan permasalahan yang ada diatas penelitian ini berupaya untuk mengungkapkan kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja dan kesejahteraan guru di SMA Negeri 1 Kepanjen Malang, penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan bagaimana kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di SMA Negeri 1 Kepanjen Malang, (2) Mendeskripsikan bagaimana kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan kesejahteraan guru di SMA Negeri 1 Kepanjen Malang.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Dengan jenis rancangan studi kasus. Sedangkan metode pengumpulan data dilakukan dalam penelitian ini yakni dengan observasi partisipan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Dianalisis dengan reduksi data, display data, dan verifikasi data. Keabsahan data dicapai dengan menggunakan triangulasi dan pengamatan secara tekun.
Hasil penelitian terhadap meningkatkan kinerja dan kesejahteraan guru di SMA Negeri 1 Kepanjen Malang berupa temuan-temuan yang meliputi: Kepala sekolah memberikan dorongan untuk menimbulkan kamauan yang kuat dengan penuh semangat dan percaya diri para guru dalam melaksanakan tugasnya, Melakukan supervisi bertujuan untuk melihat peningkatan kualitas proses belajar mengajar, setelah para guru mengikuti berbagai pendidikan, latihan dan pengembangan. Bagi guru/karyawan, selain sebagai catatan penilaian bagi kepala sekolah juga menjadi dasar penilaian prestasi kerja yang diwujudkan dalam format Daftar Penilaian Pelaksanaan Pekerjaan (DP3). Berusaha Mengembangkan Potensi yang Dimiliki oleh Guru, Menganggap Guru Sebagai Mitra Kerja Bukan Bawahan Serta Menambah dan Memperbaiki Fasilitas Sekolah
Kepemimpinan Kepala sekolah dalam meningkatkan kesejahteraan guru SMA Negeri 1 Kepanjen Malang diantaranya yaitu dengan memberikan insentif dan penghargaan kepada guru yang mampu dan bekerja dengan baik, mengupayakan guru GTT untuk segera menjadi PNS, mendorong para guru untuk segera mengikuti sertifikasi guru, memberikan fasilitas non financial seperti klinik sekolah, fasilitas mengajar, serta memberikan kemudahan kepada guru untuk melanjutkan kuliah lagi.
ABSTRACT
The principal of school is responsible for the implementation and development education, hence the role of the principal is crucial in improving the performance of teachers. is not apart of the principal responsibilities as leaders of educational institutions. School success is the success of the school principal. The main key principals as effective leaders are able to influence and mobilize teachers to participate in any school activities in order to realize the vision and mission of the school.
Based on existing problems above, the study sought to reveal the principal's leadership in improving the performance and well-being of teachers at SMAN 1 Malang Kepanjen, this study aims to (1) Describe how the school leadership in improving teacher performance in SMA Negeri 1 Malang Kepanjen, (2) Describe how the school leadership in improving the welfare of teachers in SMA Negeri 1 Malang Kepanjen.
This study uses a qualitative research approach. With this type of case study design. While the method of data collection in this study that the participant observation, in-depth interviews, and documentation. Analyzed by data reduction, data display, and data verification. Validity of the data is achieved by using triangulation and diligent observation.
Results of research on improving the performance and well-being of teachers at SMAN 1 Malang Kepanjen form of the findings include: The principal provided the impetus for a strong kamauan cause with vigor and confidence of teachers in performing their duties, Supervise aims to look at the quality improvement process teaching and learning, as the teachers participate in various education, training and development. For teachers / employees, in addition to the assessment records for principals also be assessed work performance embodied in list format Work Implementation Assessment (DP3). Trying Developing Potential Owned by Teachers, Teachers as Partners Assumes Not Bottoms And Adding and Improving School Facilities.
The principal leadership in improving the welfare of teachers SMA Negeri 1 Malang Kepanjen them is by providing incentives and rewards to teachers who are capable and works well, GTT teachers seeking to immediately become civil servants, encouraging teachers to immediately follow teacher certification, providing non-financial facilities such as school clinic, teaching facilities, and provide convenience to the teacher to go to college anymore.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Supervisor: | Baharuddin, Baharuddin and Hady, M. Samsul |
Keywords: | Kepemimpinan Kepala Sekolah; Kinerja; Kesejahteraan Leadership; Performance; Welfare |
Departement: | Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Moch. Nanda Indra Lexmana |
Date Deposited: | 01 Jul 2023 05:36 |
Last Modified: | 01 Jul 2023 05:36 |
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/50923 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |